10 Penyebab Smartphone Meledak, Baca Sebelum Menyesal!

Kayeols

Penyebab Smartphone Meledak, Baca Sebelum Menyesal! – Anda pasti tau kasus ponsel Samsung Galaxy Note 7 yang sempat ditarik peredarannya gara-gara meledak. Ya sebetulnya tidak hanya Kasus Smartphone Samsung Galaxy Note 7 Saja Yang meledak, banyak kasus Smartphone Meledak.

Jadi takut ya dengarnya, asik-asik main ponsel, tiba-tiba saja meledak. Hmm, ya mau bagaimana lagi, maka dari itu kita harus menggunakan ponsel sewajarnya saja.

Ada banyak sekali kasus ponsel meledak, dan tidak hanya samsung galaxy note 7 saja. Lantas, apa saja hal yang dapat menyebabkan ponsel bisa meledak?, berikut penyebabnya.

Penyebab Smartphone Meledak

1. Kecacatan Pada Hardware Smartphone

Ini yang sangat bahaya, setiap orang yang membeli ponsel tidak mungkin membongkarnya untuk melihat hardware di dalamnya.

Ketika kita membeli hp baru pun paling yang kita cek cuma keadaan casing mulus apa tidak, baterainya ori apa tidak, dan lengkap apa tidak. Kita tidak tau keadaan hardware di dalamnya cacat atau tidak.

Ketika kita berhadapan dengan masalah seperti ini, ada baiknya kita membeli ponsel di galeri ponsel besar, yang nanti sewaktu waktu apabila terjadi apa-apa, anda bisa mengajukan klaim atau garansi.

2. Baterai Rusak

baterai rusak

Baterai rusak pada ponsel sering terjadi pada pembelian smartphone bekas. Untuk pembelian hp baru, saya rasa hal ini sangat tidak mungkin.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti Pada Android

Selain pembelian ponsel bekas, hal ini juga bisa terjadi karena banyak faktor. Seperti penggunaan ponsel yang berlebihan, mengecas, dan menggunakannya secara bersamaan.

Untuk mengatasi hal ini, jangan gunakan ponsel secara berlebihan, misalnya saja bermain game sambil mengecas ponsel. Sedangkan untuk pembelian ponsel bekas, anda juga wajib mengecek daya baterai, jika baterai cepat habis dan hp cepat panas, apalagi baterai tanam, lebih baik jangan beli hp tersebut.

3. Kerusakan pada IC

IC adalah komponen yang terdapat di dalam smartphone dan berfungsi untuk menjalankan smartphone itu Sendiri. Contoh IC Power untuk menyalahkan Handphone, IC Kamera untuk menggunakan kamera, IC Bluetooth untuk menyalahkan bluetooth, dan masih banyak lagi.

Bayangkan jika komponen tersebut rusak?, pasti anda tidak bisa membuka salah satu fitur dalam ponsel. Contohnya saja jika IC Kamera rusak, maka akan ada notifikiasi Kamera Gagal, Atau IC Bluetooth rusak, dan IC lainnya pun jika rusak pasti akan mempengaruhi fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel.

Bila menjumpai hal semacam ini, segeralah bawa ke tempat servis terdekat, jangan dibiarkan lama-lama karena kerusakan pada IC yang rusak bisa mengakibatkan korsleting Listrik pada smartphone.

4. Menggunakan Smartphone Dalam Keadaan Dicas

Ini yang sering terjadi dan sering juga diabaikan oleh pengguna smartphone meskipun mereka tau bahwa hal itu tidak baik untuk kesehatan smartphone.

Jika hal ini dilakukan dalam waktu yang lama, tentu saja akan menguras daya baterai dan baterai akan cepat drop.

Baca Juga:  3 Cara Chat Whatsapp Tanpa Menyimpan Nomor HP

Sudah saya jelaskan di atas, bahwa kerusakan baterai dapat menyebabkan hal hal fatal seperti ponsel cepat panas, terjadinya korsleting listrik, dan bahkan bisa menyebabkan hal fatal lainnya.

5. Men-Charger Smartphone Semalaman

Ini juga termasuk Hal yang disepelekan, dan berakibat fatal untuk kesehatan Smartphone. Dengan mengecas Smartphone semalaman, ini akan membuat smartphone kelebihan daya tampung di baterainya. dan dapat mengakibatkan kerusakan baterai.

Saya sarankan Apabila Baterai anda masih 80% Keatas lebih baik jangan anda charge. Cas ponsel dalam keadaan baterai kurang dari 20 persen.

6. Terlalu Sering Memainkan Game Berat

game hd

Nah, bagi pecinta game HD saya sarankan jangan Isi Smartphone Anda dengan banyak game HD meskipun Smartphone Anda Berspesifikasi Tinggi. Cukup isi satu atau dua game saja.

Apabila Anda Sering memainkan Game HD, Kinerja RAM Dan Prosesor akan Meningkat dan ini bisa menimbulkan panas yang hebat, saya sendiri pernah mengalaminya.

Akibat terlalu sering main game hd inilah ponsel akan selalu dalam keadaan panas, dan ini tidak baik untuk kesehatan baterai dan komponen di dalamnya.

7. Menggunakan Charger Yang Tidak Original

Mungkin Hal ini bisa terpikirkan, dan bisa juga tidak. Banyak Produsen Smartphone Menyarankan untuk menggunakan Aksesoris Smartphone yang sama atau original bawaan dari Smartphone tersebut.

Bukan karena Mereka ingin barang mereka laku, Ini juga untuk kebaikan pengguna, karena dimana mana yang Original lah yang terbaik.

Baca Juga :

Baca Juga:  Mau Lanjut Kuliah? Berbagai Kehidupan Mahasiswa Ini Pasti Kamu Temui

8. Meletakkan Ponsel Pada Saku Celana

meletakkan ponsel di saku

Nah hal ini pasti sering dilakukan banyak orang di seluruh dunia, Termasuk saya juga, tapi kadang-kadang. hehehehe.

Sebetulnya hal ini tidak dianjurkan karena apabila Ponsel Berada pada saku terlalu lama, Ponsel akan kehilangan Celah pembuangam panas karena Sempitnya saku celana. Panas Ini akan menumpuk dan Lama kelamaan Ponsel ada bisa mati dengan sendirinya bahkan hal yang paling buruk bisa saja Meledak.

Saya sarankan bawa tas kecil untul menaruh ponsel anda apabila ingin bepergian karena tentunya lebih aman dan nyaman untuk Anda.

9. Menggunakan Baterai Tua

Penting sekali mengganti baterai smartphone anda yang sudah tua. Karena Lama-Kelamaan Daya Tampung baterai akan berkurang. Tandanya saat Ponsel anda dalam keadaan baterai 0% dan kemudian anda Charge Ponsel dalam waktu 30 Menit Langsung Mencapai 60%, Ini tanda-tanda Baterai Ponsel Ngedrop dan Minta Ganti Baru.

Dilain sisi ada juga yang di Cas sekitar 3 Jam Baru penuh dan Habisnya dalam waktu 1 jam saja, ini juga harus cepat cepat diganti.

Tapi Bagaimana Mengganti Baterai Tanam?, ya saran saya apabila ponsel anda memiliki baterai tanam, ganti baterai di tempat servis.

10. Sering Meletakkan Ponsel Dekat Sumber Panas

Anda yang pelupa harus banyak berhati hati, seperti saat anda ingin makan dan Anda masih Repot dengan hp anda, dan meletakkannya pada sumber panas, hal ini sangat berbahaya.

Maka dari itu, letakkan ponsel di tempat yang kering dan sejuk. Jangan letakkan ponsel di dekat sumber panas seperti kompor yang menyala, magic jar, dan lainnya.

Jadi itulah beberapa penyebab smartphone meledak yang harus kalian ketahui sejak awal. Mulai sekarang hilangkan kebiasaan buruk yang dapat merusak ponsel. Bukan hanya untuk kebaikan ponsel anda, tapi ini juga untuk kebaikan diri sendiri.

Sekian artikel ini, tulis masukan dan kritikan anda apabila ada yang ingin anda tuliskan. Terima kasih atas kunjungannya!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

2 pemikiran pada “10 Penyebab Smartphone Meledak, Baca Sebelum Menyesal!”

Tinggalkan komentar