6 Perbedaan Android Dan iOS Dari Harga Hingga Kualitas

Kayeols

6 Perbedaan Android dan iOS Dari Harga Hingga Kualitas – Android dan Ios merupakan sistem operasi yang populer dikalangan pengguna smartphone saat ini. Sistem operasi atau OS itu sendiri merupakan sistem yang mengatur perangkat keras maupun perangkat lunak di dalam ponsel. Tanpa adanya OS ini maka pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi.

Kedua OS ini (Android dan iOS) merupakan dua sistem operasi yang terus bersaing merebut target pasar dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan. Meskipun keduanya sama-sama sistem operasi namun ada perbedaan Android dan iOS yang jarang diketahui banyak orang.

Ada banyak perbedaan yang dimiliki antara kedua OS ini. Mulai dari pengembang, harga, hingga kualitas baik Android maupun iOS terdapat perbedaannya. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan Android dan iOS. Berikut ulasannya

Perbedaan Android dan iOS Dari Harga Hingga Kualitas

1. Pengembang

Ulasan mengenai perbedaan android dan iOS kita mulai dari pengembang. Sistem operasi pada android bersifat open source yang artinya pengguna bisa melakukan pengubahan sesuai dengan keinginan. Source yang diberikan Google dimaksudkan untuk pembuatan custom rom misalnya ROM MIUI, OMNIROM dan lain-lain.

Baca Juga:  2 Cara Membuka File ENC Di Android Dengan Mudah & Cepat

Sementara itu, OS pada iOS bersifat closed source yang artinya pengguna tidak bisa mengubah perangkat. Disini berarti semua aplikasi hanya tersedia jika disetujui oleh Apple. Keunggulan dengan sistem closed source yaitu perangkat yang digunakan lebih terjamin ketangguhan dan keamanannya karena sifat pengembangnya tertutup.

2. Harga

ios vs android

Untuk masalah harga pada dua jenis ponsel ini tentu sudah banyak yang tahu perbedaannya. Ponsel yang memiliki sistem operasi iOS seperti iPhone memang terkenal jauh lebih mahal dari Android.  Seperti yang kita tahu ponsel dengan sistem operasi iOS dibanderol mulai dari 5 jutaan, sedangkan Android hanya 1,5 juta untuk spesifikasi yang sama. Dan lebih mudah untuk dinikmati masyarakat kelas menengah ke bawah.

Harga iPhone yang terpaut jauh lebih tinggi dari Android ini disebabkan karena produk dari Apple yang memang hanya merilis satu sampai dua tipe baru tiap tahunnya. Dengan kata lain produk yang dikeluarkan lebih eksklusive. Berbeda dengan Android yang memiliki tipe beragam.

Baca Juga:  3 Cara Reset HP Samsung Semua Tipe dengan Cepat

3. Perbedaan Android Dan iOS Pada Memori

Sementara itu, dari segi memori ponsel dengan sistem operasi iOS tidak mengeluarkan produk memori tambahan seperti memori eksternal. Dengan kata lain iPhone hanya memiliki memori internal. Dimana kapasitas memori internalnya yaitu 8 GB, 16 GB dan 32 GB.

Sedangkan Android setiap masing-masing produk memiiki memori internal dan eksternal. Bahkan memori eksternalnya dapat mencapai 128 GB. Jadi untuk urusan memori Android masih lebih unggul dibandingkan iOS, dan bisa dikatakan berkapasitas monster.

Baca Juga : Keunggulan Asus ROG Phone Untuk Gaming Dibandingkan Smartphone Lainnya.

4. Kamera

ios camera and android camera

Untuk kamera, dapat dikatakan iOS lebih unggul. Bagi pengguna iPhone tentu paham hal ini. Sebab resolusi dan tingkat pencahayaan yang ditampilkan dari kamera iPhone lebih tinggi dibandingkan Android. Hal ini tentu berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi Digital Signal Processor yang memiliki fungsi mengatur warna , tingkat kecerahan, dan tone mapping. Itulah mengapa kamera pada iPhone lebih unggul dibanding Android. Sebab tidak semua ponsel Android memiliki kualitas kamera yang sama seperti iPhone.

Baca Juga:  √ 6 Cara Mengatasi Facebook Keluar Sendiri, Terbukti Ampuh

5. Perbedaan Android Dan iOS Untuk Tampilan

Dari segi tampilan fisik perbedaan Android dan iOS sangat mencolok. Pasalnya desain iPhone cukup monoton dan memiliki layar yang lebih kecil daripada Android. Desain dan tampilan fisik yang dimiliki Android lebih unggul dibandingkan iOS. Android memiliki desain yang beragam. Hal ini disebabkan karena vendor memiliki kebebasan untuk merubah tampilan dan desain ponsel.

6. Kualitas

ios quality

Kualitas yang ditawarkan iPhone sudah terbukti dan diakui lebih unggul dibandingkan Android. iPhone lebih tahan banting. Ponsel dari iOS ini juga hanya diproduksi oleh satu pabrik yaitu Apple sehingga kualitasnya lebih terjamin. Begitu pula dengan aplikasinya yang sangat terbatas dan perlu dikaji ulang oleh Apple. Itulah mengapa aplikasi-aplikasi pada iPhone lebih berkualitas dibandingkan Android, meskipun aplikasi yang digunakan tidak beragam.

Itulah beberapa perbedaan Android dan iOS yang tidak banyak orang tahu. Pengetahuan mengenai perbedaan ini semoga dapat menambah wawasan Anda lebih dalam mengenai sistem operasi yang digunakan pada ponsel. Semua sistem operasi memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah ponsel dengan OS yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.  Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar