Apa itu Asuransi Kesehatan & Faktor yang Mempengaruhi Preminya

Apa itu Asuransi Kesehatan & Faktor yang Mempengaruhi Preminya – Masyarakat kini semakin sadar untuk memiliki produk asuransi, terutama asuransi kesehatan yang sifatnya sangat penting. Hal ini penting karena namanya kesehatan tentu tidak bisa kita prediksi kapan akan sakit.

Saat sakit biaya untuk berobat juga tidak murah. Namun, sebelum membeli asuransi ini pastikan sudah mengenalnya terlebih dahulu.

A. Apa itu Asuransi Kesehatan

Asuransi untuk kesehatan adalah insurance yang memberi perlindungan dari resiko masalah kesehatan. Sehingga saat nasabah jatuh sakit dan harus rawat inap atau mungkin menjalani rawat jalan. Maka biaya pengobatan bisa kita klaim ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan gantinya.

Hal ini bisa menjaga keuangan nasabah tetap sehat meskipun jatuh sakit.

B. Faktor yang Mempengaruhi Nilai Premi

Produk asuransi jenis apapun, termasuk asuransi kesehatan tentu sifatnya berbayar. Biaya yang dibayarkan rutin ini disebut premi dan biasanya kita bayarkan setiap bulan. Nilai premi tentunya perlu kita pertimbangkan agar sesuai kondisi finansial.

Sebab, jika pembayaran premi berhenti maka manfaatnya ikut berhenti, dan nasabah bisa kehilangan saldo yang sudah mereka bayar sebelumnya.

Jadi, dalam dunia asuransi perhitungan premi sudah ada ketentuannya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk juga pada asuransi untuk kesehatan. Meskipun begitu ada banyak faktor yang mempengaruhi nilainya, yaitu:

1. Manfaat Asuransi

Faktor pertama adalah manfaat yang diberikan asuransi, yakni jenis perlindungan yang ditanggung asuransi tersebut.

Secara umum manfaat dasar dari asuransi kesehatan adalah rawat jalan, rawat inap, dan pembedahan. Jika butuh manfaat tambahan maka bisa mengajukan ke perusahaan dan akan ada premi tambahan juga.

2. Usia dan Jenis Kelamin Nasabah

Usia dan jenis kelamin juga sangat menentukan nilai premi. Umumnya premi asuransi untuk kesehatan pada pria lebih mahal.

Sebab resiko terkena stroke pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan. Kemudian semakin tua usia seseorang maka resiko masalah kesehatan ikut naik, maka nilai premi lebih mahal daripada anak muda dan anak-anak.

3. Ada Tidaknya Ketentuan Pengembalian Premi

Dalam produk asuransi untuk kesehatan ada istilah pengembalian premi, jadi jika dalam jangka waktu asuransi ternyata nasabah tidak pernah jatuh sakit, maka nasabah berhak mendapatkan saldo premi secara utuh.

Jika asuransi yang dibeli ada kebijakan ini maka nilai preminya cenderung lebih mahal.

4. Riwayat Kesehatan Nasabah

Nasabah yang memiliki riwayat penyakit tertentu biasanya memiliki nilai premi lebih tinggi jika Dibandingkan dengan nasabah yang tidak pernah memiliki masalah kesehatan apapun.

Baca Juga :

C. Kiat Mendapatkan Premi Murah

Besarnya premi asuransi untuk kesehatan di Indonesia berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 2 jutaan per bulan. Nilai premi yang dibebankan perusahaan asuransi akan mempertimbangkan faktor-faktor yang sudah dijelaskan. Meski begitu nasabah bisa berusaha mendapatkan premi murah, berikut kiat-kiatnya:

1. Memilih Asuransi dengan Manfaat CoB

Kiat pertama adalah memilih asuransi kesehatan dengan manfaat CoB (Coordination of Benefit). Jadi, semisal nasabah punya BPJS Kesehatan maka bisa memakai asuransi pemerintah tersebut. Sambil tetap mengajukan klaim biaya perawatan ke perusahaan asuransi swasta.

2. Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Kiat kedua adalah memilih produk asuransi keluarga, sebab per anggota keluarga nilai preminya lebih murah. Jika dibandingkan harus membayar asuransi swasta masing-masing.

3. Membeli Asuransi Sejak Usia Dini

Semakin muda usia nasabah maka semakin kecil nilai preminya. Jadi, pastikan sudah membeli asuransi untuk kesehatan sejak usia muda. Bahkan tidak sedikit orangtua yang sudah membelikan asuransi untuk kesehatan bagi buah hatinya yang baru lahir.

D. Rekomendasi Asuransi Kesehatan

astra insurance

Apakah saat ini membutuhkan insurance untuk kesehatan? Jika iya, usahakan mempelajari produk ini dengan baik. Kemudian mencari perusahaan asuransi yang terbaik juga, minimal sudah terdaftar OJK sehingga dijamin resmi dan perlindungannya juga bagus. Sebagai rekomendasi, anda bisa menggunakan Astra Insurance.

Asuransi kesehatan Astra disediakan oleh PT Asuransi Astra Buana yang merupakan perusahaan asuransi umum. Sehingga tidak hanya menyediakan insurancei untuk kesehatan saja namun juga jenis lainnya. Asuransi ini dijamin aman karena sudah terdaftar OJK, selain itu sudah berpengalaman karena Astra sudah beroperasi sejak lama.

Jaringan rumah sakitnya juga luas, sehingga tidak perlu ragu menggunakan asuransi kesehatan yang tersedia. Sebab, dengan jaringan rumah sakit yang luas maka produk asuransi bisa kita dapatkan manfaatnya saat berada dimana saja. Termasuk saat melakukan perjalanan keluar kota.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.