Apa Itu Uppercase Dan Lowercase Characters Yang Jarang Diketahui

Apa Itu Uppercase Dan Lowercase Characters Yang Jarang Diketahui – Jika anda suka mengetik dokumen, baik secara offline maupun online, pasti tau mengenai uppercase dan lowercase. Memang sebenarnya ini adalah hal yang mudah diketahui, namun jika berhubungan dengan bahasa inggris, akan menjadi sulit.

Uppercase dan lowercase ini salah satu hal mutlak yang dibutuhkan dalam penulisan artikel/dokumen agar kualitas dari dokumen tersebut bisa menjadi baik selain EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Selain untuk membuat dokumen, uppercase dan lowercase dibutuhkan dalam pembuatan password akun.

Akun apa saja yang membutuhkannya?. Banyak sekali ya guys, mulai dari akun google, facebook, akun media sosial, akun bisnis, dan lainnya pasti membutuhkan uppercase dan lowercase. Namun tidak terkadang semua akun membutuhkan uppercase dan lowercase, bahkan ada akun yang tidak membutuhkan password.

Fungsi dari uppercase dan lowercase ini membantu kita membuat dokumen yang baik, dan selain itu juga bisa memperkuat password sebuah akun, terutama akun google yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi. Lalu apa pengertian dari kedua hal tersebut?, ini dia.

Apa Itu Uppercase Dan Lowercase Characters

Apa Itu Uppercase?

uppercase

Pernahkah anda melihat notifikasi “password must contain an uppercase letter” ketika salah memasukkan sandi/membuat sandi?. Password must contain an uppercase letter artinya adalah anda harus memasukkan sandi dengan menggunakan minimal 1 huruf besar/huruf kapital.

Nah, jadi uppercase letter ini adalah huruf besar/huruf kapital. Anda harus mengingat hal ini, karena hampir semua pembuatan akun, termasuk akun google membutuhkan Uppercase letter ini. Fungsinya yakni untuk memperkuat sandi agar tidak mudah ditebak dan menghindari cyber crime.

Apa Itu Lowercase?

lowercase

Mungkin melihat dari pengertian uppercase, anda sudah bisa menentukan apa itu lowercase. Iya, lowercase adalah huruf kecil atau huruf biasa. Jadi, semua kata dalam lowercase adalah huruf kecil dan tidak ada huruf besarnya. Dan jika ada salah satu huruf besar atau kapital, itu tidak bisa dikatakan lowercase.

Jadi, anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk menggunakan lowercase. Karena pada umumnya kita mengetik di komputer, keyboard secara default berada dalam posisi lowercase, kecuali tombol Caps Lock Aktif. Jika tombol caps lock aktif, maka keyboard masih tetap pada posisi uppercase.

Tambahan : Propercase

Propercase adalah karakter gabungan antara karakter uppercase dan lowercase. Jadi, jika uppercase memiliki kata “DEWA ILMU”, lowercase “dewa ilmu”, maka untuk propercase yakni “Dewa Ilmu”. Nah, jenis karakter gabungan inilah yang cocok digunakan sebagai sandi pada akun google atau akun penting lainnya.

Sedangkan untuk tanda seperti !, @, #, $, %, dan lainnya masih termasuk dalam Uppercase. Namun, untuk penggunaan pada sandi tidak diperbolehkan menggunakan tanda-tanda seperti itu. Jadi, anda hanya bisa menggunakan huruf propercase/campuran antara uppercase dan lowercase.

Baca juga : Apa Itu HP Batam, Mengapa Murah, Dan Hukum Jual Belinya.

Itulah pengertian dari uppercase dan lowercase, sudah tahu kan?. Jadi, jika anda menulis suatu makalah, dokumen, atau membuat password untuk akun google dan sejenisnya harap tidak lupa untuk menggunakan huruf kombinasi besar dan kecil agar susunan kata lebih baik dan password sulit diketahui.

Sekian artikel mengenai apa itu uppercase dan lowercase characters, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua di kemudian hari. Jika ada sesuatu yang kurang dalam artikel ini, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *