Apa itu SDK ? Yuk Mengenal Software Development Kit!

Apa itu SDK ? Yuk Mengenal Software Development Kit! – Di dunia internet, pastinya kita sering mendengar istilah SDK. Untuk yang sudah paham, mungkin ini adalah pembahasan yang cukup membosankan.

Namun untuk pemula, saya pikir ini adalah salah satu pengetahuan yang wajib diketahui saat ini. Apalagi dunia teknologi, informasi, dan komunikasi selalu berkembang pesat setiap harinya.

Langsung saja, berikut pengertian SDK dan penjelasannya lengkap!.

Apa itu SDK

SDK adalah singkatan dari Software Development Kit, yakni sebuah tools yang digunakan oleh para programmer sebagai alat bantu dan API (Application Programming Interface).

Bisa juga disebut devkit atau sekumpulan perangkat lunak/software yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi tertentu.

Lebih tepatnya, modul perangkat lunak lengkap yang mencakup semua programmer butuhkan untuk modul tertentu dalam suatu aplikasi. Software Development Kit sering dibandingkan dengan code library, yang merupakan kumpulan sumber daya yang tidak mudah berubah yang digunakan oleh program komputer.

Apakah SDK Penting?

Software Development Kit ini seperti tempat dimana kita bisa membuat aplikasi. Bayangkan jika kita tidak memiliki tempat tersebut, pasti kita harus membuat tempatnya terlebih dahulu.

Jadi, dengan adanya tools ini, programmer bisa langsung fokus untuk membuat aplikasi, dan tidak perlu menyiapkan buildernya terlebih dahulu.

Manfaat

Seringkali dimanfaatkan untuk menambahkan fitur-fitur yang relatif sederhana, contohnya seperti Facebook SDK yang memungkinkan developer untuk mengintegrasikan fitur Login With Facebook di dalam aplikasi atau situs webnya.

Baca Juga :

Contoh

software development kit

Berikut adalah beberapa contoh Software Development Kit :

  • Windows 7 Software Development Kit
  • Mac OS X Sosftware Development Kit
  • dan iPhone SDK.
  • Dan lainnya.

Karena saking mudahnya menggunakan Software Development Kit, banyak programmer yang membuat satu aplikasi menggunakan berbagai Software Development Kit. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena tidak semua Software Development Kit aman untuk kita gunakan.

Dan tidak sedikit yang menyisipkan program jahat seperti virus dan malware yang mengumpulkan data pribadi pengguna secara diam-diam.

Jadi, kita harus memilih dengan bijak software development kit apa yang bagus dan mana yang tidak, semua kembali kepada keputusan masing-masing.

Itulah pembahasan singkat tentang apa itu SDK, manfaat, hingga contohnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.