oleh

Apa Itu VPN? Berikut Pengertian VPN Dan Semuanya Mengenai VPN

Apa Itu VPN? Berikut Pengertian VPN Dan Semuanya Mengenai VPN – Banyak orang berbicara mengenai VPN, mulai dari penggunaan vpn untuk internetan gratis, memblokir situs web tertentu yang diblokir. Namun mereka belum tau apa pengertian VPN sebenarnya.

Memang sedikit orang yang mengetahui pengertiannya secara jelas dan sebagian lagi hanya berniat menggunakannya tanpa ingin memahaminya. Dibandingkan dengan SSH, VPN ini hampir sama karena bisa digunakan untuk internetan gratis dan membuka situs web tertentu yang diblokir. Lalu apa sebenarnya VPN itu?.

Apa Itu VPN?

what is vpn

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network dan merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan internet (public). Mengapa kok bisa disebut VPN?, karena jaringan ini menggunakan internet dan hanya bisa di akses oleh orang tertentu saja.

Hampir sama dengan SSH dan SSL, proses pengiriman data melalui VPN terenkripsi dengan cukup aman sehingga rahasia yang dikirimkan akan tetap terjaga meskipun dikirimkan melalui jaringan umum yakni dengan menggunakan internet.

Fungsi VPN Lengkap

1. Menjaga Kerahasiaan Data (Confidential)

Meskipun menggunakan jaringan internet yang diakses oleh banyak orang, melalui vpn ini kerahasiaan data yang dikirimkan akan menjadi lebih aman karena vpn bekerja untuk mengenkripsi semua data yang lewat. Dengan adanya enkripsi vpn, anda tidak perlu khawatir mengirimkan data kemana saja dan ke siapa saja.

Meskipun jika suatu saat ada yang bisa menyadap data yang ada dalam vpn, namun mereka tidak bisa bergitu saja menemukan kode tersebut karena kode tersebut sudah teracak. Jika sudah demikian akan sulit bagi seseorang untuk mengetahui informasi yang dikirimkan dengan mudah. Jika ada yang bisa mungkin hanya beberapa orang.

2. Keutuhan Data (Integrity)

Ketika data dikirimkan ke pusat server, data tersebut melalui jarak yang sangat jauh hingga melewati beberapa negara. Saat perjalanan tersebut, data mungkin mengalami kerusakan, data ada yang hilang, atau dimanipulasi oleh orang lain.

Dengan menggunakan vpn, data yang dikirimkan akan terjamin keutuhannya. Karena pada vpn ini ada sebuah sistem yang menjaga keutuhan data mulai dari saat dikirimkan hingga data tersebut sampai di tempat tujuan. Untuk blog anda bisa menggunakan SSL.

3. Sumber Autentifikasi (Origin Authentication)

Teknologi ini memungkingkan data yang dikirimkan akan mengalami proses pemeriksaan data beserta isinya. Jika proses autentikasi berhasil, maka alamat sumber data akan disetujui. Dengan adanya hal tersebut, VPN menjamin semua data yang dikirimkan dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya.

Dengan demikian tidak ada data yang dipalsukan oleh pihak lain. Dengan menggunakan VPN, anda dapat mengirim data berapapun banyaknya tanpa takut dipalsukan oleh pihak lain.

Jenis-Jenis VPN

1. PPTP VPN

PPTP VPN adalah sebuah teknologi jaringan yang merupakan terusan dari remote access point to point dan dikeluarkan oleh pihak IEFTF (Internet Engineering Task Force). PPTP juga merupakan PPP yang bekerja dengan mengubah IP yang ditransmisikan melewati internet.

2. L2TP VPN

L2TP merupakan kepanjangan dari Layer 2 Tunneling Protocol yang berfungsi untuk mengatasi masalah protocol tunneling yang digunakan untuk pengkapsulan terhadap frame protocol PPP (Point to Point Protocol). Setelah itu protocol tunneling akan ditransmisikan melalui jaringan TCP/IP.

3. IPSec

IPSec merupakan kepanjangan dari IP Security dan merupakan sebuah jaringan protokol yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan integritas data pada lapisan kedua DARPA Reference Model atau Internetwork Layer. Itulah pengertian IPSec.

Cara Kerja VPN

  • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti IPSec, L2TP, PPTP dan SOCKS. Protokol ini membantu VPN untuk memproses autentikasi.
  • VPN klien akan membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga di enkripsi untuk meningkatkan fitur keamanan. VPN cenderung tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.

Kelebihan Dan Kekurangan VPN

Setelah mengetahui apa itu vpn, fungsi, jenis, dan cara kerjanya selajutnya yakni kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan vpn, anda bisa lebih bijak menggunakannya.

A. Kelebihan VPN

  • Solusi untuk menekan biaya organisasi bisnis besar dan fasilitas jaringan khusus.
  • VPN Dapat digunakan untuk internetan gratis. Ngomong-ngomong internet gratis, berikut cara internetan gratis melalui beberapa pilihan.
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan cara menghubungkan jaringan ke rumah para pekerja di organisasi tersebut.
  • Fitur keamanan dapat disesuaikan atau kustomisasi.

B. Kekurangan VPN

  • Dengan menyediakan akses ke pegawai secara global, maka faktor keamanan tersebut memiliki resiko tersendiri. Karena informasi sensitif perusahaan yang sifatnya pribadi berpeluang diketahui pihak-pihak tidak dikenal.
  • VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.

Manfaat VPN

1. Remote Access

Dengan menggunakan vpn, maka kita bisa mengakses komputer atau jaringan pada perkantoran dimanapun dan kapanpun selama kita mengakses jaringan internet atau publik.

2. Keamanan

Selama menggunakan vpn, kita akan aman-aman saja saat mengakses internet untuk mencari hal-hal yang bersifat pribadi. Anda bebas mencari hal apapun pada saat anda terhubung ke internet dan menggunakan akses VPN.

3. Menghemat Biaya Setup Jaringan

VPN merupakan salah satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah bahkan gratis.

Itulah ulasan lengkap mengenai apa itu vpn, fungsi, kelebihan, kekurangan, manfaat serta cara kerja nya. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenai lebih jauh tentang VPN. Selain anda pernah menggunakannya, anda pun juga tahu artinya.

Jika ada salah kata atau ada bagian yang tidak bisa anda pahami maka anda dapat mencantumkan komentar di akhir artikel atau menghubungi admin melalui halaman contact me. Sekian, terima kasih atas kunjungannya dan semoga anda betah berlama-lama di situs dewa ilmu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *