Apa Itu Web Design Dan Bagaimana Membuatnya?, Berikut Ulasannya

Apa Itu Web Design Dan Bagaimana Membuatnya?, Berikut Ulasannya – Mungkin banyak yang belum tahu apa itu web design, karena memang kalimat ini untuk pengguna website dan juga di kalangan orang teknologi. Namun pada artikel kali ini, dewailmu akan membagikan secara jelas tentang arti dari kalimat Web Design. Pengertian dan penjelasan tentang kalimat Web Design ini di ambil dari beberapa sumber yang ada, dan juga di ambil dari pengalaman dan ilmu yang penulis miliki.

Apa Itu Web Design ?

Menurut wikipedia, Web Design disebut dengan Perancangan Website, artinya yaitu istilah umum yang biasa digunakan untuk mencakup tentang isi web yang ditampilkan, berupa HTML, CSS, dan lainnya. Yang pada akhirnya bisa diakses oleh pengguna melalui Word Wide Web (WWW) menggunakan sebuah web browser atau lainnya.

Secara umum, elemen elemen dari web design ini berupa beberapa kode pemrograman yang berfungsi untuk mempercantik dan memperindah tampilan website, seperti framework (Bootstrap, AngularJS, dan lainnya). Secara rinci, web design ini merupakan salah satu cara untuk membangun sebuah website yang memiliki aspek keindahan juga, agar sesuai dengan tujuan awal membuat website. Orang yang melakukan aktivitas Web Design ini biasa disebut dengan Web Designer.

Baca juga : Situs Belajar Coding Dan Bahasa Pemrograman Untuk Pemula.

Kegiatan web design ini bisa dibilang membutuhkan kesabaran, dan keuletan dan yang paling penting adalah kebiasaan. Karena, jika seorang desainer website sudah terbiasa melakukan kegiatan tersebut, maka akan lebih mudah dalam membuat sebuah website sesuai keinginan admin/pemilik web.

Jika tidak terbiasa, maka bisa dipastikan seorang desainer website akan tidak sabar dalam menghadapi permintaan pengunjung, karena pasti ada beberapa pengunjung yang memprotes sebuah tampilan web. Lantas, bagaimana cara menjadi Web Design itu?, dan bagaimana untuk menjadi Web Designer Handal?, berikut ulasannya.

Cara Menjadi Web Designer Handal

Menjadi seorang web designer, tentu harus bisa menerima masukan dari banyak orang, yang sudah saya jelaskan di paragraf awal tadi. Kita harus terbiasa dengan situasi tersebut, karena para pengunjung tersebut merupawa website kita. Jika seorang web designer mampu menerima masukan, maka orang tersebut bisa menjadi seorang. Tentunya kita harus memikirkan ulang web designer yang profesional.

Pendapat dan masukan dari seseorang (visitor) merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mengelola web. Selain mampu menerima masukan dari orang lain, kita juga harus menguasai bahasa pemrograman. Perlu diperhatikan, ada banyak sekali macam macam bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah website seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Kita harus belajar satu persatu bahasa pemrograman tersebut. Karena jika kita belajar setengah-setengah, tentu hasilnya akan tidak baik. Misalnya beberapa script, kita hanya bisa menggunakannya tetapi kita tidak mengerti apa fungsi lebih jelas dari script tersebut. Untuk itu kita harus belajar secara bertahap, dan jika sudah bisa, maka langkah yang anda lalui akan lebih mudah untuk menjadi web designer.

Setelah beberapa paragraf di atas menjelaskan beberapa tahap menjadi web designer profesional, pada paragraf kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat website agar bisa sempurna dan sesuai dengan tujuan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Skema Website

skema-tahapan-membuat-website

Banyak yang tidak memperhatikan tahap kali ini, padahal tahap ini sangatlah penting bagi awal pembuatan website. Skema yang dimaksud kali ini adalah layout/tampilan websitenya menyesuaikan dengan topik web. Misalnya website sekolah, kita harus membuat skema website semenarik mungkin dan sedikit mengangkat ciri khas dari sekolahan. Caranya bisa membuat header dengan warna yang dominan dari logo sekolah tersebut, dan lainnya.

Selain itu perhatikan pemilihan hosting, dan nama domain. Nama domain yang unik juga berpengaruh terhadap keberlangsungan web tersebut untuk jangka lama. Jika sudah membuat website, jangan lupa tes website tersebut dari mulai kecepatan dan fiturnya yang akan dibahas di poin kedua.

2. Fitur Dan Kecepatan Website

kecepatan dan fitur web

Bagian ini memang bagian menonjol dari sebuah website, kita bisa membuat beberapa fitur yang menarik untuk membuat nyaman pengunjung website tersebut, Misalnya pada website sekolah, kita bisa membuat fitur yaitu halaman yang berisi tentang video menarik dari sekolah tersebut, itu akan membuat pengujung penasaran, dan pastinya akan nyaman ketika berkunjung ke website tersebut.

Selain itu tulis artikel yang menarik, promo menarik mengenai les privat, navigasi web yang jelas, dan kurangi penggunaan iklan. Selain itu kecepatan juga menjadi faktor penting website tersebut bisa dinikmati oleh penggunanya, semakin cepat sebuah situs web maka akan semakin tinggi peluang anda mendapatkan pengunjung.

3. Nilai Estetika

web design theme

Nilai estetika ini merupakan satu cabang filsafat yang membahas tentang keindahan. Estetika ini juga merupakan ilmu keindahan, dan bagaimana agar pengunjung dapat menikmatinya. Ini berhubungan dengan dua tahap di atas, karena dua tahap di atas juga merupakan bagian yang sangat penting agar nilai estetika bisa sempurna. Karena apa kita mementingkan nilai estetika, jawabanya karena ini merupakan hal penting bagi web design.

Oke, sekian artikel apa itu web design, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan khususnya bagi anda yang tertarik di bidang web designer. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa kembali lagi untuk mendapat ilmu yang lebih banyak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *