oleh

5 Aplikasi Android Boros Kuota Beserta Tips Mengatasinya

5 Aplikasi Android Boros Kuota Beserta Tips Mengatasinya – Aplikasi memang dibuat untuk memudahkan pengguna smartphone. Keberadaannya digunakan sebagai software untuk memenuhi kebutuhan perangkat yang dijalankan sesuai kebutuhan penggunanya. Baik aplikasi untuk media komunikasi, informasi, manajer kegiatan hingga hiburan.

Sebagian besar aplikasi yang digunakan sehari-hari memang membutuhkan koneksi data internet untuk penggunaannya. Hal ini menyebabkan kebutuhan untuk penggunaan data internet kian meningkat. Begitu pula dengan aplikasi berikut yang merupakan aplikasi paling banyak menghabiskan kuota internet. Seperti pada aplikasi berikut ini yang merupakan beberapa aplikasi android boros kuota.

Aplikasi Android Paling Boros Kuota

1. Instagram

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi ini?. Instagram saat ini memang menjadi media sosial paling populer setelah facebook. Pengguna aktifnya telah mencapai 20 juta di Indonesia dan terus meningkat setiap harinya. Aplikasi ini memudahkan penggunanya melihat video dan foto yang ditampilkan secara langsung.

Berbeda dengan facebook yang sebagian besar tampilannya berupa tulisan atau status, instagram lebih memprioritaskan tampilan foto serta videonya. Apalagi dengan fiturnya yang memungkinkan video diputar secara otomatis maka tak heran jika aplikasi android ini merupakan aplikasi boros kuota yang menempati posisi pertama.

2. Facebook

facebook

Setelah Instagram, aplikasi selanjutnya yang membuat kuota Anda cepat habis yaitu facebook. Sebagai aplikasi media sosial tentu penggunanya sering lupa waktu ketika membuka aplikasi ini untuk mencari hiburan. Selain untuk hiburan, facebook juga memungkinkan orang untuk membagikan informasi lain berupa tautan ataupun video dan foto yang ditampilkan di beranda.

Kelengkapan inilah yang membuat kita lupa waktu sehingga tidak terasa kuota internet cepat habis. Apalagi saat ini facebook juga telah mengupgrade fitur pemutar video secara otomatis yang akan membuat kuota menjadi boros, apalagi jika kita menggunakan aplikasi facebook utama, bukan yang lite.

3. Snapchat

Sepertinya aplikasi android boros kuota memang ditempati oleh berbagai aplikasi yang digunakan sebagai media sosial hiburan. Pasalnya setelah Instagram dan Facebook menempati posisi pertama dan kedua, posisi ketiga aplikasi android yang boro kuota ditempati snapchat yang notabene nya sebagai aplikasi media sosial untuk senang-senang atau hiburan.

Alasan aplikasi ini cepat menghabiskan kuota yaitu dengan fiturnya yang terkenal untuk mengunggah video pendek. Dimana untuk mengunggah video tentu dibutuhkan data dalam jumlah besar meskipun video pendek. Jadi, kuota anda yang bergiga-giga bisa habis kurang dari seminggu.

4. Youtube

youtube

Youtube menempati posisi keempat sebagai aplikasi android boros kuota. Wajar saja karena youtube memang dibuat untuk memberikan informasi melalui konten-konten yang berisi audio visual,  baik dengan durasi pendek maupun panjang. Bahkan melalui youtube, pengguna dapat streaming siaran TV secara langsung.

Tak hanya itu, youtube juga menyediakan konten berupa trailer film maupun film yang dapat diunggah dan dinikmati penggunanya. Berbagai video tutorial serta informasi menarik lainnya bisa didapatkan melalui aplikasi ini. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan maka tak heran jika youtube juga merupakan aplikasi yang cepat membuat kuota Anda cepat habis.

5. Browser Bawaan Smartphone

Aplikasi android boros kuota yang terakhir yaitu aplikasi browser bawaan dari smartphone. Berbagai aplikasi peramban bawaan seperti UC Browser, Chrome dan peramban bawaan lainnya ternyata cepat menghabiskan kuota.

Berbagai fitur yang selalu meminta untuk diupgrade menyebabkan penggunaan kuota lebih boros. Belum lagi pemberitahuan mengenai artikel atau berita yang dimuat yang kerap muncul juga menjadi faktor yang menyebabkan kuota internet cepat habis.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Kartu 3 Agar Tidak Cepat Habis.

Tips Mengatasi Aplikasi Android Boros Kuota

Meskipun aplikasi di atas memang terkenal paling banyak menghabiskan banyak kuota, sebagai pengguna smartphone yang cerdas sudah seharusnya kita mengantisipasi hal tersebut. Tentu saja hal ini berguna agar kita tidak boros kuota dan lebih menghemat uang. Adapun Anda dapat mengikuti tips berikut agar tetap bisa menggunakan aplikasi di atas namun tetap dapat menghemat kuota.

  1. Matikan aplikasi yang tidak terpakai.
  2. Gunakan browser atau peramban yang hemat.
  3. Batasi pemakaian aplikasi.
  4. Matikan auto sinkronasi.
  5. Log out aplikasi social media setelah digunakan.
  6. Matikan smartphone ketika tidur.
  7. Atur penggunaan data pada ponsel.
  8. Update aplikasi saat menggunakan Wifi.

5 aplikasi android boros kuota di atas merupakan aplikasi yang paling terkenal menghabiskan kuota. Meskipun begitu, pemakainya pun tetap banyak bahkan terus meningkat. Mungkin Anda salah satunya yang tidak dapat terpisah dengan salah satu aplikasi di atas. Oleh sebab itu agar tidak boros kuota Anda dapat menerapkan tips di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *