Arti COD dalam Jual Beli Barang Online dan Offline

Wawan Agusti

arti cod dalam jual beli online dan offline

Arti COD dalam Jual Beli Barang Online dan Offline – Belanja offline maupun online sekarang ini sudah sangat mudah, banyak metode pembayaran yang bisa kita lakukan.

Mulai dari transfer bank, kartu kredit, e-wallet, paylater, hingga COD. Untuk pembayaran dengan metode transfer bank, kartu kredit dan e-wallet mungkin anda sudah sering melakukannya. Namun bagaimana dengan sistem pembayaran COD?.

Apa itu COD dalam jual beli barang baik online maupun offline?. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap pengertian COD.

A. Arti COD dalam Jual Beli Barang Online dan Offline

COD adalah singkatan dari Cash on Delivery, atau dalam Bahasa Indonesia dapat kita artikan sebagai pembayaran yang dilakukan saat pengantaran.

Metode pembayaran ini sangat populer karena kini banyak marketplace yang memberikan opsi pembayaran ini. Selain marketplace, COD juga sering dilakukan ketika melakukan pembelian barang secara offline.

Misalnya anda menemukan barang yang bagus di facebook, atau OLX, lalu anda mendapatkan nomor hp penjual, dan mengajaknya untuk bertemu di suatu tempat untuk melakukan pembayaran dan penerimaan barang.

B. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Opsi pembayaran COD dinilai memudahkan para pembeli, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan transfer uang secara langsung melalui ponsel. Dengan sistem ini, pembeli merasa aman karena uangnya akan dibayarkan setelah barang sudah sampai.
  • Untuk penjual, dengan adanya sistem pembayaran ini, maka bisa menambah reputasi penjual. Hal ini sangat pembeli sukai, karena aman. Bukan tidak mungkin jika pembeli akan melakukan repeat order.

Kekurangan

  • Metode pembayaran COD hanya tersedia di beberapa marketplace besar, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Zalora. Jarang sekali marketplace yang menerima metode pembayaran ini, karena sistemnya cukup kompleks.
  • Banyak pembeli yang membatalkan jenis pembayaran ini dengan banyak alasan ketika barang sampai. Seperti barang tidak sesuai ekspetasi, terjadi kerusakan fisik, dan lainnya.
  • Banyak resiko kejahatan, seperti pencurian barang dan tidak membayar saat COD. Jadi usahakan lakukan sistem pembayaran ini di tempat yang ramai.

Baca Juga :

C. Yang Harus Pembeli Ketahui Sebelum Memilih Sistem Pembayaran COD

Karena belakangan ini marak pembeli yang ribut dengan kurir karena pembeli tidak mengerti sistem pembayaran COD. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus pembeli ketahui sebelum memilih sistem pembayaran ini :

  • Jika anda ingin berbelanja online dan menggunakan metode pembayaran COD, maka lakukan pembayaran kepada kurir yang mengantar barang tersebut dan jangan minta pengembalian barang saat itu juga kepada kurir.
  • Kurir hanya bertugas mengantar barang tersebut kepada pembeli. Jadi, apabila barang yang anda beli tidak sesuai keinginan anda, seperti ada cacat fisik, beda warna, dan semacamnya, maka anda bisa meminta tanggung jawab ke pemilik toko online tempat anda membeli barang tersebut, jangan minta pertanggung jawaban ke kurir.

Nah, jadi itulah pembahasan singkat tentang arti cod dalam jual beli barang online dan offline. Bagaimana menurut anda?, apakah sistem pembayaran ini aman?.

Menurut saya, pembayaran ini aman, terutama bagi orang-orang yang belum pernah melakukan jual beli online, dan takut melakukan transfer secara langsung di marketplace.

Sudah paham kan?, semoga dengan ini tidak ada masalah lagi antara pembeli dan kurir. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Wawan Agusti

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar