10 Usaha Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Menjanjikan

10 Usaha Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Menjanjikan – Sekarang ini mencari pekerjaan sangatlah sulit, dan persaingannya sangat ketat. Jadi kita harus pintar memanfaatkan peluang, karena peluang tidak akan datang 2 kali.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang berpikir keras untuk menemukan usahanya sendiri. Banyak dari mereka menjadi wiraswasta dengan membuka berbagai macam usaha seperti warkop, toko kelontong, berbagai jasa, dan masih banyak lagi.

Salah satu usaha yang banyak digeluti yakni usaha kerajinan tangan. Usaha ini umumnya banyak memanfaatkan barang bekas, dan omsetnya bisa sangat tinggi jika permintaan pasar sedang besar. Namun, untuk memulai usaha ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak sekali hal yang harus dicapai, terutama bakat dan kreatifitas untuk membuat berbagai kerajinan yang unik dan bermanfaat untuk banyak orang. Jika anda kesulitan menemukan ide untuk memulai usaha ini, anda bisa membaca beberapa usaha kerajinan tangan berikut ini, siapa tahu ada yang cocok.

Usaha Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

1. Menggunakan Botol Plastik Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas

Barang bekas pertama yang sering digunakan untuk dibuat kerajinan tangan adalah botol, karena banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan barang ini. Contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari botol yakni tempat pakan ayam, pot tanaman gantung, celengan, dan masih banyak lagi.

2. Dari Kain Perca

Kain sisa industri pakaian merupakan bahan yang bisa dibuat menjadi banyak kerajinan yang bernilai jual tinggi. Anda bisa mendapatkan barang ini di tempat-tempat yang berhubungan dengan sandang seperti rumah mode, pabrik pakaian, dan tempat yang sejenis. Berikut beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain perca :

  • Hiasan dinding.
  • Keset.
  • Bantalan kursi.
  • Lukisan.
  • Bros.
  • Kaligrafi.
  • Dan masih banyak lagi.

3. Dengan Kardus Bekas

kerajinan tangan dari kardus bekas

Kardus bekas sering kita jumpai di tempat loakan, terkadang kita juga bisa menemukannya di tempat sampah. Kardus bekas juga bisa kita jual dengan harga per kilo, namun hasilnya terbilang sedikit. Lantas bagaimana jika kita ingin menghasilkan banyak uang dari kardus bekas.

Caranya mudah, kita bisa membuat kerajinan tangan dari benda ini kemudian kita jual. Tapi masalahnya tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan. Untuk anda yang kreatif, cobalah membuat kerajinan tangan melalui kardus, contoh kerajinan tangan dari kardus bekas yakni :

  • Pigura foto.
  • Aneka miniatur unik.
  • Tempat tisu.
  • Dan masih banyak lagi.

4. Dari Kaleng Minuman Bekas

Usaha kerajinan tangan dari barang bekas selanjutnya memanfaatkan CD bekas yang bisa digunakan sebagai kerajinan tangan dengan harga jual tinggi. Contoh kerajinan tangan dari kaleng minuman bekas yakni aneka miniatur yang unik, patung pajangan, lampu hias, dan masih banyak lagi.

5. Dari Pecahan Kaca

kerajinan tangan dari pecahan kaca

Pecahan kaca yang dibuang banyak orang karena dianggap tidak berguna, sebenarnya memiliki manfaat yang besar. Kita bisa membuat berbagai kerajinan tangan dari pecahan kaca yang sudah tidak terpakai, dan banyak sekali kerajinan yang terbuat dari pecahan kaca, misalnya :

  • Vas bunga.
  • Miniatur dari kaca.
  • Hiasan dinding.
  • Gantungan kunci.
  • Souvenir.
  • Dan masih banyak lagi.

6. Dengan Koran Bekas

Mungkin anda pernah menjumpai pakaian yang berasal dari koran bekas?. Ya, jangan sangka jika koran bekas tidak ada gunanya, justru benda ini mempunyai manfaat yang banyak. Misalnya saja, koran bekas digunakan sebagai bungkus nasi oleh sebagian besar penjual nasi pincuk.

Selain itu, koran bekas memiliki banyak kegunaan yang salah satunya bisa digunakan sebagai kerajinan tangan. Banyak sekali kerajinan tangan yang tak terhitung jumlahnya terbuat dari koran bekas. Contohnya seperti tempat pensil, miniatur, pot bunga, dompet, bingkai foto, tempat tisu, dan masih banyak lagi.

7. Dari Kayu Bekas

kerajinan tangan dari kayu bekas

Biasanya, kayu yang sudah tidak terpakai akan dibakar/digunakan untuk memasak. Padahal kayu bisa dibentuk menjadi banyak ukiran yang mempunyai nilai jual tinggi seperti hiasan dinding, meja dengan bentuk unik, asbak rokok, miniatur, dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang terbuat dari kayu.

8. Menggunakan Bohlam Bekas

Bohlam atau bola lampu merupakan barang yang juga memiliki nilai jual tinggi jika dibuat menjadi kerajinan tangan. Banyak sekali kerajinan tangan unik yang bisa dibuat dari bohlam, contohnya akuarium mini, pot bunga mini, lampu minyak, vas bunga, ornamen, miniatur balon terbang, dan masih banyak lagi.

9. Dari CD Bekas

kerajinan tangan dari cd bekas

Bahkan barang yang tidak terduga sebelumnya yakni pecahan CD bisa dibuat menjadi banyak kerajinan tangan dengan nilai jual yang lumayan tinggi, contohnya topi dari cd bekas, kanvas lukis, pigura foto, holder tirai, mozaik, dan masih banyak lagi.

10. Dari Stik Es Krim Bekas

Benda terakhir yang bisa dibuat menjadi kerajinan tangan yakni stik es krim bekas, berbagai bentuk unik bisa dibuat dari benda ini. Saya sendiri sering menjumpai di daerah saya banyak miniatur mini yang terbuat dari barang ini. Selain miniatur, stik es krim bekas sering dibuat menjadi kurungan jangkrik.

Baca juga bisnis usaha kecil menengah yang menjanjikan dengan modal kecil.

Selain 10 barang bekas yang bisa dimanfaatkan tersebut, anda bisa memanfaatkan barang bekas lainnya seperti ban, cangkang telur, tutup botol, dan barang bekas lainnya. Jika anda ingin meraup penghasilan besar dari usaha ini, anda bisa memasarkannya melalui internet.

Mungkin artikel mengenai usaha kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa membantu anda menemukan usaha kerajinan tangan yang tepat. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

One Response

  1. Himawan Sant April 21, 2018

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!