3 Asuransi Umum yang Bermanfaat untuk Keuangan & Kehidupan

Asuransi Umum yang Bermanfaat untuk Keuangan & Kehidupan – Dalam menyusun dan merancang keuangan, tentu saja terdapat banyak aspek yang mempengaruhi. Aspek-aspek tersebut juga akan menentukan seberapa kuatnya pondasi keuangan seseorang.

Jika beberapa aspek yang mempengaruhi tersebut dapat berjalan dengan baik, maka akan menunjang untuk tercapainya kestabilan finansial. Mengatur keuangan sebaiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi diri sendiri, hingga pada kekayaan lainnya.

Umumnya, asuransi terdapat 2 jenis, yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Asuransi jiwa adalah asuransi dengan tujuan untuk menanggung sejumlah kerugian secara finansial dalam keadaan yang tak terduga, contohnya seperti meninggalnya seseorang.

Selanjutnya, asuransi umum sebenarnya telah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Asuransi ini banyak digunakan hingga saat ini. Namun, asuransi ini terbagi lagi menjadi berbagai macam produk asuransi lainnya. Berikut sedikit penjelasan jenis-jenis asuransi umum yang sering digunakan.

Asuransi Umum yang Bermanfaat untuk Keuangan & Kehidupan

A. Asuransi kendaraan

Asuransi yang satu ini cukup popular di kalangan masyarakat mengingat kebutuhan akan kendaraan yang cukup tinggi. Jenis asuransi ini menanggung risiko terhadap berbagai kondisi pada kendaraan seperti adanya kerusakan bahkan kehilangan.

Kendaraan yang bisa tercover yaitu mulai kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bukan hanya jaminan pada kendaraan, asuransi kendaraan ini juga bisa diperluas untuk memberikan jaminan pada pengendara.

Pihak yang menggunakan kendaraan tersebut juga akan mendapatkan santunan kecelakaan bila hal tersebut terjadi.

Terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang dikenal dan digunakan, yaitu asuransi All Risk di mana asuransi ini akan memberikan kompensasi atau ganti rugi ketika kendaraan dalam keadaan rusak sekecil apapun.

Kemudian ada asuransi TLO di mana asuransi ini akan menanggung dan memberikan ganti rugi ketika kendaraan rusak lebih dari 75% atau kendaraan yang telah diasuransikan hilang.

B. Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan

Salah satu asuransi yang cukup krusial adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini juga sangat penting untuk kita miliki. Jenis asuransi ini akan memberikan tanggung jawab yang meliputi berbagai hal.

Mulai dari pembayaran bedah, ataupun pembayaran lainnya yang mencakup masalah kesehatan. Polis asuransi akan diterbitkan ketika pihak tertanggung mengalami masalah Kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas atau karena cedera atau sakit lainnya.

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan ini, ada hal yang perlu untuk diperhatikan, yaitu premi. Hal ini sangat penting untuk kita pertimbangkan, karena remi harus dibayar tepat waktu.

Oleh karena itu, pastikan asuransi kesehatan yang kita ambil sesuai dengan kemampuan. Selain itu, hal yang perlu untuk kita perhatikan yaitu pastikan bahwa polis asuransi Kesehatan yang telah kita daftarkan sebelumnya sudah melebihi masa tunggu untuk mengajukan klaim asuransi.

Baca Juga :

C. Asuransi rumah

Seperti asuransi kendaraan tadi, asuransi rumah juga terdiri dari dua produk, yaitu asuransi Property All Risk dan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Layaknya asuransi kendaraan All Risk, asuransi ini juga akan memberikan ganti rugi untuk setiap kerusakan yang terjadi pada rumah. Produk berikutnya ialah asuransi Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Untuk asuransi ini, sesuai dengan Namanya, akan memberikan ganti rugi Ketika rumah terjadi kebakaran.

Masih banyak asuransi umum lainnya yang bisa kita gunakan dan bermanfaat bukan hanya untuk mengatur keuangan, namun juga bermanfaat dalam berbagai sisi kehidupan lainnya. Oleh karena itu, Lifepal.co.id hadir untuk membantu dalam mengatur keuangan melalui asuransi.

Asuransi umum merupakan asuransi yang menanggung risiko atas berbagai kerugian yang terjadi kepada pihak tertanggung atau pemegang polis.

Dengan kata lain, asuransi umum ini akan memberikan perlindungan secara finansial yang manfaat dan keuntungan tersebut akan diterima oleh pihak tertanggung itu sendiri, berbeda dengan asuransi jiwa yang diterima oleh pihak lain, yaitu ahli waris.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *