Bahaya Menggunakan VPN Gratis, Salah Satunya Pencurian Data

Kayeols

Bahaya Menggunakan VPN Gratis, Salah Satunya Pencurian Data – Di era modern ini banyak sekali teknologi yang memiliki fitur yang sangat luar biasa. Contohnya saja vpn yang berguna untuk mengakses berbagai layanan yang diblokir dengan mengubah alamat ip.

Di Indonesia sendiri pengguna vpn terlihat masih sangat minim, sebab banyak masyarakat yang hanya mengakses internet untuk bersosial media saja. Untuk situs yang di blokir sendiri hanya beberapa saja dan itu pun masih sedikit yang mengakses-nya

Vpn untuk di beberapa negara – negara barat kelihatannya sudah banyak pemakainya, mereka menggunakan hal tersebut untuk mengakses situs – situs yang telah diblokir di negara mereka. Sehingga memaksa mereka menggunakan layanan vpn di perangkat yang mereka gunakan.

Pemasangan vpn bisa dilakukan di berbagai perangkat dari handphone dan laptop atau komputer. Sekarang ini sudah banyak sekali developer vpn yang mengembangkan-nya entah aplikasi atau berbentuk ekstensi pada peramban.

Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Nah, di sini biasanya mereka para developer  membuat vpn entah versi gratis atau pun versi premium-nya. Tentu dari banyak masyarakat Indonesia lebih senang memilih dan menggunakan vpn versi gratis-nya karena lebih mudah dan tidak perlu bayar – bayar club.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Wanita Nyaman Saat Chatting Dengan Kamu

Namun, dibalik kegurihan tersebut tentu ada banyak efek buruk yang ditampilkan dari penggunaan vpn versi gratis. Apabila anda merupakan salah satu pengguna vpn entah di handphone atau laptop hendaknya harus berhati – hati, berikut ini beberapa bahaya menggunakan vpn gratis.

1. Pencurian Data Pribadi

Penggunaan vpn versi gratis pada perangkat yang anda gunakan sangat rawan terjadinya pencurian data pribadi di internet. Selain data pribadi, aktivitas online anda bisa terdeteksi entah transaksi online, akun sosial media dan data pribadi lainnya.

Saat anda menjalankan vpn maka segala aktivitas di atas perangkat elektronik seperti handphone dan laptop akan terekam rapi. Setelah berhasil mendapatkan berbagai data korban, maka bisa saja data tersebut dijual kepada pihak ketiga.

2. Bahaya Menggunakan VPN Gratis – Internet Yang Lambat

internet lambat

Entah mengapa ketika menggunakan vpn segala aktivitas internet terasa lama dari mulai loading situs, download dan lainnya. Apabila anda pengguna vpn, bisa disebabkan karena penggunaan vpn grats tersebut karena kebijakan mereka.

Baca Juga:  √ Cara Mencari Aplikasi Yang Tidak Ada Di Google Play Store

Vpn gratis biasanya mereka akan membatasi berapa jumlah data yang harus dipakai, jadi ada penekanan dalam penggunaan-nya. Alhasil, internet yang anda gunakan kali ini malah menjadi lambat dan tidak cepat seperti ketika tanpa vpn.

Baca Juga : 7 Cara Melindungi Komputer Dari Virus & Malware Terbukti Ampuh.

3. Serangan Virus

Bukan virus penyebab flu atau hal lain tapi virus yang menyerang kesehatan dari perangkat – perangkat dari alat elektronik yang anda gunakan. Vpn gratis berbeda tentunya dengan versi premium, vpn gratis dalam keamanan lebih terbuka.

Dan hal itu bisa membuat terjadinya serangan virus berbahaya terhadap perangkat yang anda miliki. Efeknya, terjadi kerusakan di beberapa komponen dan bisa saja terjadi kejahatan di dunia maya melalui virus tersebut entah pencurian data, rekam jejak dan lainnya.

4. Serangan Hacker

serangan hacker

Telah anda ketahui bahwa penggunaan vpn versi gratis biasanya memiliki fitur keamanan yang sangat tidak mewadahi. Bahkan mereka cenderung sangat terbuka, dan mudah disusupi oleh berbagai hal yang berbau negatif entah virus dan hacker.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Followers Instagram Aktif Gratis Dengan Mudah

Kedua hal tersebut sangat berbahaya, hacker menjadi hal yang harus sangat anda waspada karena betul – betul berbahaya. Mereka bisa saja muncul di tengah perbincangan anda dengan teman serta mengirimkan berbagai virus dan geng.

5. Aktivitas Terlacak

Selain pencurian data, kemungkinan segala aktivitas internet anda akan diketahui oleh pihak – pihak tertentu. Ini bisa terjadi karena penggunaan vpn versi gratis yang keamanan-nya tidak terlalu baik dalam mengamankan berbagai data pribadi dan aktivitas anda.

Vpn gratis sendiri sering kali memiliki fitur untuk mereka jejak segala aktivitas pengguna yang tentunya untuk kepentingan pribadi. Entah dijual ke pihak ketiga untuk menargetkan iklan mereka supaya laris di pasaran. Dan cara ini sudah banyak dilakukan dan ini sangat berisiko tentunya buat data pribadi anda.

Nah, banyak sekali bukan bahaya dari menggunakan vpn versi gratis dari sekian banyak bahaya anda harus memperhatikan data pribadi. Di dunia maya ini memang kejahatan bisa datang dari mana saja, entah aktivitas anda, layanan yang anda gunakan dan lainnya.

Jadi, anda harus memikirkan terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai layanan apakah itu aman atau tidak buat data pribadi anda. Sekianlah artikel pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah wawasan anda semua dan terhindar dari bahaya menggunakan vpn gratis.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar