7 Cara Melindungi Komputer Dari Virus & Malware Terbukti Ampuh

7 Cara Melindungi Komputer Dari Virus & Malware Terbukti Ampuh – Pada komputer, pastinya kita pernah mendengar mengenai virus maupun malware. Iya memang perangkat elektronik seperti komputer, pc, maupun laptop rentan terkena virus dan malware.

Virus dan malware ini merupakan sebuah program/file yang bersifat merusak software, bahkan hardware yang ada dalam sebuah komputer. Selain merusak, biasanya virus juga di program untuk mengambil data dalam komputer hingga komputer sebuah organisasi seperti rumah sakit maupun fasilitas pemerintah lainnya.

Contohnya saja virus yang terakhir menyerang dan sempat populer yakni virus Wannacry. Jika virus sudah berkembang biak dalam komputer, banyak sekali hal buruk yang bisa terjadi pada komputer tersebut seperti restart sendiri, meminta tebusan, dan hal mengerikan lainnya.

Maka dari itu, sebelum virus dan malware menyerang komputer, pc, maupun laptop anda, ada baiknya anda mencegahnya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk cara pencegahannya yakni berikut cara menjaga komputer dari virus dan malware.

Cara Melindungi Komputer Dari Virus & Malware

1. Pasang Antivirus

best antivirus

Cara paling mudah melindungi komputer dari gangguan virus adalah dengan memasang antivirus. Pasti semua orang tahu, logikanya jika anda sakit, maka anda harus minum obat untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut agar tidak semakin parah.

Untuk antivirus laptop sendiri sangatlah banyak. Ada AVG, Avira, Smadav, Avast, Kaspersky dan masih banyak lagi. Dan saya sarankan jangan terlalu banyak menggunakan antivirus, cukup instal salah satu saja yang anda anggap terbaik.

2. Pasang Anti Malware

Selain virus, malware juga merupakan gangguan besar. Cara melindungi komputer dari malware adalah dengan memasang anti malware. Banyak sekali anti malware yang bisa anda gunakan seperti Iobit Malware Fighter, Malwarebytes, Hitman, dan masih banyak lagi, dan cukup gunakan salah satu saja.

3. Rutin Memperbarui Database Antivirus

Nah, jika anda sudah memasang antivirus, pastinya anda wajib mengetahui database antivirus. Database antivirus ini adalah semua jenis antivirus yang diketahui, jadi dengan memperbaruinya setiap kali update, itu dapat membantu anda mengetahui jenis virus yang menyerang komputer anda.

4. Rutin Scan File Dalam Komputer

scan computer file

Virus, malware, spyware, dan hal sejenisnya bisa datang dan menyerang komputer anda kapan saja. Contohnya saat anda browsing di internet. Banyak sekali peluang kejahatan yang bisa dilakukan melalui internet seperti mengirimkan virus, malware dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, untuk mencegah terjadinya hal buruk, anda bisa melakukan scan secara berkala pada file yang ada dalam komputer anda dengan antivirus, atau anda bisa menyalakan perlindungan real-time 24 jam yang ada pada antivirus maupun anti malware.

5. Usahakan Jangan Instal Software Bajakan

Nah, pernahkah anda mendengar jangan menginstal software bajakan?. Ya memang software bajakan banyak sekali beredar di internet dan bisa digunakan secara gratis, tetapi, banyak sekali dampak buruk yang bisa didapatkan dari menginstal software bajakan.

Misalnya saja si pemilik software bajakan bisa saja memasukkan virus maupun malware yang menguntungkannya, seperti meminta tebusan maupun mencuri data-data penting dalam komputer anda. Jadi, anda wajib berhati-hati dalam menginstal software.

6. Hapus Email SPAM

Pernahkah anda mendapatkan email entah itu email google/gmail atau email yahoo?. Jika anda pernah mendaptkan email spam pada folder spam, usahakan jangan buka file tersebut. Karena email spam berpotensi mendatangkan virus dan malware.

7. Aktifkan Windows Firewall

windows firewall active

Nah, jika komputer, pc, maupun laptop anda memiliki sistem operasi windows, salah satu cara wajib mencegah hal buruk seperti virus dan malware adalah dengan menyalakan windows firewall. Untuk cara menyalakannya sangatlah mudah karena biasanya fitur ini sudah aktif sejak anda menginstal windows.

Baca juga cara memperbaiki laptop dari beberapa kerusakan yang sering terjadi.

Dengan menggunakan ke 7 cara di atas, pastinya anda bisa mencegah dan melindungi data, file, dan konten penting dalam komputer anda. Jika memang anda suka menginstal aplikasi bajakan, anda bisa mendownload software bajakan di situs seperti bagas31, kuyhaa, atau gigapurbalingga karena sudah terkenal bagus.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara melindungi komputer dari virus dan malware. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan bisa mengatasi permasalahan yang bersangkutan. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!