oleh

Fakta!, 8 Barang Yang Terancam Punah Karena Perkembangan Teknologi

Fakta!, 8 Barang Yang Terancam Punah Karena Perkembangan Teknologi – Perkembangan teknologi selalu memberikan dampak, entah itu dampak positif maupun negatif. Bagi sebagian orang, perkembangan teknologi semakin mempermudah kehidupan sehari-hari.

Teknologi yang semakin canggih dapat membantu kita melakukan mobilitas sehari-hari. Namun, untuk kalangan orang tententu, perkembangan teknologi memiliki dampak yang sangat buruk, terutama bagi para pengembang bisnis dan produk-produk mereka.

Berbicara mengenai produk/barang, banyak sekali barang yang diambang kepunahan dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Banyak sekali barang yang hampir punah karena perkembangan teknologi, berikut adalah beberapa barang tersebut.

Barang Yang Terancam Punah Karena Perkembangan Teknologi

1. Buku

Nah, barang yang pertama adalah buku. Banyak sekali jenis buku yang bisa terancam punah, mulai dari buku tulis, novel, buku paket, dan banyak buku-buku lainnya. Mengapa demikian?, karena sekarang jenis buku elektronik atau yang sering dibilang E-book lebih banyak digunakan.

Karena memang selain efektif, jenis buku ebook ini simpel dan praktis. Jika anda seorang pelajar, maka anda tidak perlu membawa buku satu tas penuh, cukup dengan membawa tablet/handphone, sama saja anda membawa semua buku ke sekolah. Enak sekali bukan?, hehehe.

2. Koran

koran

Sama seperti buku konvensional, koran sekarang sudah menjadi barang yang hampir punah, karena banyak orang beralih ke media elektronik yakni kabar berita dari situs-situs berita seperti detik, kompas, dan masih banyak lagi. Mungkin dalam beberapa puluh tahun ke depan, penggunaan koran akan berakhir.

3. Surat Konvensional

Dulu, sebelum ada handphone dan handphone masih merupakan barang mewah yang sulit dibeli, banyak orang mengirim surat menggunakan surat konvensional melalui kantor pos. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan pengguna smartphone semakin banyak, penggunaan surat konvensional makin berkurang.

Memang surat konvensional masih digunakan, namun hanya untuk hal-hal penting. Seperti mengirim dokumen/surat yang berhubungan dengan bisnis besar dan uang, seperti surat pin dari google adsense, dan lain sebagainya. Seiring berkembangnya teknologi, mungkin surat konvensional akan terhapus.

4. MP3 Player

mp3 player

Dulu, mp3 player merupakan barang yang mewah, bahkan ada yang berharga hingga jutaan rupiah. Namun, peminatnya kini menurun, karena kita sudah bisa mendengarkan musik dari smartphone dengan bantuan headset/bluetooth headset. Namun, masih ada yang menggunakannya.

5. Telepon Kabel

Nah, ini dia teknologi yang hampir sedikit lagi punah. Mungkin keberadaannya di Indonesia sudah hilang hampir 99%. Namun, anda mungkin saja masih bisa menemukannya di kota-kota besar, tetapi banyak yang sudah tidak berfungsi lagi. Mungkin orang zaman dulu bisa merasakan nostalgia bila menemukan benda ini, hehehe.

6. Kaset/Tape

kaset tape

Seiring berkembangnya internet, kaset/cd sudah tidak diminati lagi. Ini dikarenakan kita bisa menonton video/musik tersebut di youtube yang menjadi situs video terbesar di dunia. Dan terlebih lagi, para pengupload video tidak membutuhkan dana yang besar untuk membuat kaset/tape.

Dalam beberapa puluh tahun ke depan, mungkin penggunaannya akan hilang dan menjadi salah satu benda langka. Apalagi kebanyakan banyak sekali cd bajakan diluar sana yang dijual bebas, artinya banyak sekali penyalahgunaannya, jadi ada kemungkinan barang ini akan dihapuskan.

7. Radio

Meskipun profesi sebagai penyiar radio masih banyak, namun minat seseorang untuk mendengarkan radio semakin berkurang, apalagi mendengarkan radio klasik. Kita bisa mendengarkan radio melalui handphone, jadi radio klasik merupakan barang yang sulit untuk ditemukan lagi dan tidak semua orang memilikinya.

8. Kompor Minyak Tanah

kompor minyak tanah

Nah, untuk barang yang satu ini memang sudah tergeser dengan penggunakan kompor gas LPG. Namun masih ada beberapa orang yang menggunakan kompor minyak tanah, tetapi penggunaan kompor minyak tanah memang sedikit rumit, dan harga minyak tanah yang mahal membuat banyak orang meninggalkannya.

Baca juga : Beberapa benda yang sangat laku di pasaran lokal hingga internasional.

Sebenarnya masih sangat banyak barang yang hampir punah seiring berkembangnya teknologi selain 8 benda di atas. Namun, 8 benda di atas merupakan barang yang mempunyai perkembangan signifikan dalam sisi perubahan yang bisa menyebabkan banyak orang meninggalkannya.

Oke, itulah sekilas artikel mengenai beberapa barang yang terancam punah karena perkembangan zaman. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua agar kita juga tidak ikut-ikut ketinggalan zaman. Hehehe, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *