oleh

5 Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih Pada Bisnis Online

5 Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih Pada Bisnis Online – Tak dapat dipungkiri keberadaan internet saat ini memang memudahkan orang untuk mencukupi kebutuhannya. Sebagian besar orang hampir tidak dapat terlepas dari internet.

Hampir semua aspek kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan bantuan koneksi internet, mulai dari kebutuhan komunikasi, hiburan, sarana mencari informasi hingga bisnis. Dalam dunia bisnis keberadaan internet sangat berperan sebagai jembatan bagi mereka untuk mengenalkan produk hingga ke seluruh penjuru dunia. Bisnis melalui internet tersebut sering dikenal dengan sebutan bisnis online.

Aktivitas bisnis ini meliputi jual beli online serta penyediaan barang atau jasa secara online. Semua orang bisa menjalankan bisnis ini, sebab semua orang bisa mengakses internet. Bisnis online bisa dilakukan dalam berbagai wadah seperti website, marketplace, blog ataupun akun social media.

Keberadaan bisnis ini menyebabkan peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar, karena Anda bisa memasarkan produk lebih luas. Maka tak heran jika banyak pebisnis beralih ke bisnis online. Selain alsan tersebut, beberapa poin-poin berikut ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang beralih ke bisnis online.

Alasan Beralih Ke Bisnis Online

1. Memiliki Peluang Yang Besar

Berdasarkan data sudah lebih dari 50% orang Indonesia terkoneksi dengan jaringan internet. Sebagian besar orang menggunakan internet untuk mencari informasi, berbisnis dan mencari hiburan. Bayangkan saja jika kita berdagang secara online, produk Anda akan dilihat ribuan bahkan jutaan orang di Indonesia. Dengan semakin luasnya produk Anda dipasarkan secara online maka peluang untuk mendapatkan konsumen akan semakin besar.

2. Peluang Usaha Jangka Panjang

investasi jangka panjang

Seperti yang kita tahu internet mengalami kemajuan dan disambut masyarakat dunia dengan baik. Hal ini akan menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan kita hingga masa depan. Tentu ini merupakan sesuatu yang baik untuk ruang gerak bisnis Anda. Berdasarkan data dari majalah Forbes, terdapat 100 perusahaan online maupun offline  yang akan tetap bertahan hingga 100 tahun kedepan.

Amazon.com menjadi perusahaan online yang menempati urutan ke delapan. Ini berarti bahwa satu-satunya perusahaan online elektronik multinasional terbesar bisa bersaing dengan perusahaan-perusaan lain yang notabene nya perusahaan offline. Kenyataan ini tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada bisnis Anda.

3. Lebih Mudah Melakukan Promosi

Kesuksesan suatu bisnis yaitu terletak dari seberapa luas bisnis tersebut tersebar di pasar. Semakin giat melakukan promosi maka semakin besar peluang untuk dikenal banyak orang. Melalui internet produk Anda akan terpromosikan secara luas. Sebab produk yang dipasarkan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun yang dapat terkoneksi dengan internet.

Selain itu orang juga lebih cepat menerima dan menyebarkan informasi melalui media online. Dengan begitu produk Anda akan dikenal banyak orang. Anda juga bisa mempromosikan produk melalui social media, jasa afiliasi, jasa followers akun dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ingin Bisnis Online Anda Terlihat Profesional?, Berikut Beberapa Tipsnya!.

4. Bisnis Online Lebih Praktis dan Efisien

produktif

Sebagai bisnis yang fleksibel maka dimanapun tersedia jaringan internet disitu pula bisnis online dapat dilakukan. Tak heran jika bisnis ini disebut bisnis online yang menjanjikan. Sebab bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun. Anda adalah tuan yang membagi waktu. Jadi sangat jelas bahwa kesuksesan dari bisnis online berada dalam tangan Anda.

Anda juga bisa memulai bisnis melalui marketplace yang tersedia untuk menjual produk Anda. Melalui marketplace Anda dapat melakukan perdagangan mulai dari menjual, mempromosikan, melakukan tawar menawar hingga melakukan transfer secara online. Berbeda jika Anda melakukan bisnis secara offline yang akan menghabiskan waktu dan menambah biaya tambahan lainnya.

5. Tren Belanja Online Semakin Meningkat

Sadarkah Anda bahwa kini usaha bisnis online semakin menjalar. Hal ini bisa dilihat dari online shop yang semakin banyak di social media. Selain itu data dari kompas.com, mengemukakan We are Social mengeluarkan laporan tahunan yang menyatakan bahwa persentase masyarakat Indonesia yang melakukan belanja online terus meningkat.

Hal ini terjadi sejak tahun 2017, dimana dalam kurun waktu satu bulan meningkat sebanyak 41% dari jumlah populasi. Berbeda dengan tahun 2016 yang hanya mengalami peningkatan sebanyak 26%.  Dari kenyataan tersebut maka peluang tren belanja online akan terus meningkat hingga beberapa tahun kedepan. Bahkan hal ini juga ditekankan Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (APRINDO) yang memprediksi akan ada sebanyak 50 lebih gerai offline yang berhenti beroperasi dan mulai beralih ke bisnis online.

Sebagai bisnis yang memiliki peluang jangka waktu panjang tak ada salahnya jika Anda memulainya dari sekarang. Memulai bisnis kini bukanlah hanya bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki modal besar. Anda juga bisa memulai kesuksesan Anda melalui bisnis online. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *