3 Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak

Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak – Windows 11 secara resmi beberapa bulan yang lalu diumumkan untuk menggantikan Windows 10.

Bagi anda yang sebelumnya menggunakan Windows 10 Original bisa update secara gratis ke versi 11. Banyak sekali keunggulan dari versi 11 ini.

Namun, sebelum melangkah jauh ke kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya anda mengecek dulu apakah komputer/laptop anda support untuk update ke Windows 11 atau tidak.

Untuk mengecek laptop anda support atau tidak, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan. Simak baik-baik ya!.

Cara Cek Laptop Support Windows 11 atau Tidak

1. Melalui PC Health

  • Nyalakan PC / Laptop Windows 10 anda.
  • Lalu kunjungi link Microsoft Windows PC Health Check di https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp
  • Selanjutnya install seperti biasa.
  • Jika sudah, jalankan softwarenya, dan pilih tombol Check now.
  • Jika PC / Laptop anda tidak mendukung Windows 11 akan muncul peringatan This PC can’t run Windows 11. The PC must support Secure Boot. While this PC doesn’t meet the system requirements to run Windows 11, you’ll keep getting Windows 10 Updates.pc cant run win 11
  • Jika kita artikan, maka artinya yakni Komputer ini tidak dapat menjalankan Windows 11. Komputer atau PC harus mendukung fitur secure boot. Meskipun PC tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 11, kalian akan tetap mendapatkan update untuk versi Windows 10.
  • Dan jika PC / Laptop anda mendukung Windows 11, maka akan terdapat keterangan This PC can run Windows 11.

2. Dengan WhyNotWin11

  • Download software WhyNotWin11, anda bisa mencarinya di google.
  • Berikutnya instal dan jalankan softwarenya.
  • Setelah itu untuk detail hasil kompatibilitas PC / Laptop support Windows 11, akan seperti pada gambar di bawah.
  • Jika semua hasil ditandai dengan warna hijau OK. Maka perangkat kalian sudah sepenuhnya mendukung upgrade ke Windows 11.whynotwin11

Baca Juga :

3. Periksa di Situs Microsoft

Untuk menentukan apakah PC Anda saat ini dapat menjalankan Windows 11, Anda dapat melihat daftar spesifikasi sistem ini di situs resmi Microsoft.

Jika kompatibel, anda bisa mengunduh pembaruan Windows 11 secara gratis saat tersedia. Sebelumnya, pihak Microsoft telah mengumumkan daftar perangkat komputer yang bisa mendapat pembaruan Windows 11 gratis.

Upgrade gratis ke Windows 11 akan mulai diluncurkan ke PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan PC yang telah dimuat sebelumnya dengan Windows 11 akan mulai tersedia untuk dibeli,”.

Untuk mendapatkan upgrade ke Windows 11, pengguna perlu memenuhi beberapa syarat pada perangkat komputernya, seperti minimal menggunakan prosesor berkecepatan 1 GHz dengan 2 core atau lebih, minimal RAM 4GB, dan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Selanjutnya, beberapa perangkat yang lebih lama akan mendapat pembaruan bertahap. Pembaruan terhadap perangkat yang lebih berumur akan dilakukan berdasarkan spesifikasi hardware, usia perangkat, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja Windows 11.

Oke, jadi itulah artikel singkat tentang cara cek laptop support windows 11 atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.