3 Cara Mengetahui Slot RAM Laptop Tanpa Harus Bongkar

Cara Mengetahui Slot RAM Laptop Tanpa Harus Bongkar – Mungkin banyak diantara anda para pengguna laptop yang ingin mengupdate RAM yang terdapat di laptop anda. Akan tetapi sering kali kita menjumpai masalah yakni apakah laptop kita masih terdapat slot atau tidak. Karena seperti kita ketahui apabila ingin mengupdate maka kita harus memastikan bahwa di laptop terdapat slot. Perlu anda ketahui bahwa laptop tidak seperti komputer yang bebas untuk dikasih slot.

Sedangkan untuk laptop biasanya menyesuaikan merk yang kita gunakan. Jadi setiap laptop itu memiliki slot RAM tersendiri. Ada yang satu slot, dua slot, bahkan sampai ada yang sampai empat slot juga. Biasanya ketika kita hendak memasang ram atau menambah RAM pastinya mengetahui jumlah slot yang terdapat di laptop tersebut.

Bayangkan jika laptop anda cuma satu slot, dan anda sudah membeli RAM yang mahal, maka akan sayang banget kan jika tidak dipasang. Maka dari itu silahkan anda cek terlebih dahulu slot RAM laptop yang ada. Namun mengenai hal itu muncul masalah lagi yakni kita tidak tahu bagaimana cara mengecek slot RAM laptop yang ada. Karena kebanyakan akan berfikir bahwa untuk mengetahui slot laptop maka kita harus membongkar laptop.

Eits ,jangan terlalu berburu-buru karena ada cara mengetahuinya tanpa harus membongkar. Jadi kita akan memanfaatkan beberapa program yang ada di laptop dengan mudah. Ingin tahu caranya?, silahkan simak di bawah ini.

Cara Mengetahui Slot RAM Laptop Tanpa Harus Bongkar

1. Melalui Task Manager

Cara pertama untuk mengetahui berapa sih jumlah slot RAM yang terdapat di laptop anda yakni menggunakan task manager. Seperti kita ketahui bahwa slot manager ini memiliki peran sebagai program yang mengawasi ataupun memantau beberapa aplikasi dan software yang berjalan di laptop anda. Serta bisa dibilang perannya sangatlah besar dalam perangkat.

Seperti salah satunya bisa juga untuk mengecek dan mengetahui berapa jumlah slotnya. Akan tetapi khusus windows 8 dan 10 ya terkait dengan RAM. Bahkan anda pun bisa mengetahui jenis ram yang digunakan laptop tersebut juga. Jadi hal yang berkaitan dengan RAM bisa diketahui dengan mudah. Untuk caranya lewat task manager silahkan perhatikan di bawah ini :

  • Pertama silahkan tekan tombol Ctrl + ALT + Del di homepage laptop anda.
  • Setelah itu silahkan klik Start Task Manager
  • Setelah itu buka tab Performance
  • Silakan cek slot RAM pada bagian Slots Usedslot ram laptop

Nah misalnya anda melihat 2 of 2, yang berartikan sudah terpakai dua dan ramnya batasnya hanya 2. Jika 1 of 4, brarti masih sisa 3 slot yang bebas.

Catatan : Tidak semua merk/tipe laptop bisa menggunakan cara ini, karena terkadang di bagian task manager tidak ada Slot Used.

Baca Juga :

2. Cara Mengetahui Slot RAM Laptop Menggunakan CPU Z

Langkah kedua silahkan anda menggunakan cpu z. Mungkin diantara anda banyak yang tidak asing bukan dengan cpu z?, yaps itu karena program bawaan windows. Akan tetapi walaupun bawaan terkadang beberapa windows tidak menyediakannya. Maka dari itu anda harus download terlebih dahulu, akan tetapi biar lebih jelas silahkan simak cara di bawah ini.

  • Jadi langkah pertama silahkan download dan instal software terlebih dahulu, kalian bisa unduh di situs cpuid.com
  • Setelah itu buka dan jalankan softwarenya.
  • Disitu silahkan pilih pada tab Memory
  • Dan maka secara otomatis akan melihat informasi tentang ram anda
  • Dan klik tab pada SPD, dan dilanjut Memory Selection, klik pada bagian Slot untuk mengetahui jumlahnya.cpuz memory selection check

3. Menggunakan Speccy

Cara terakhir ini hampir mirip dengan cara kedua, yakni sebagai berikut :

  • Jadi pertama anda downlad dan instal software speccy.
  • Kemudian jalankan aplikasinya.
  • Setelah itu anda akan melihat RAM, dan disitu silahkan pilih bagian module spd.
  • Setelah itu perhatikan bagian number of spd modules. Dengan demikian anda akan mengetahui berapa sih jumlah slot ram yang ada.slot ram spd speccy

Jadi itulah ketiga cara mengetahui slot RAM laptop anda. Semoga dengan cara ini, anda tidak bingung mau menambah RAM di laptop atau tidak, semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih. Jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *