oleh

5 Cara Cepat Mahir Bermain Gitar, Yang Suka Main Gitar Wajib Baca!

5 Cara Cepat Mahir Bermain Gitar, Yang Suka Main Gitar Wajib Baca!!! – Bagi kalian yang khususnya suka menyanyi pasti ingin sekali bisa menguasai alat musik. Dengan tujuan agar ketika kita melakukan aktivitas tersebut bisa lebih nyaman. Dan alat musik yang penggunaannya mudah serta gampang untuk dimiliki adalah Gitar.

Ya, gitar adalah salah satu alat musik yang kebanyakan penggunanya merasakan kenyamanan tersendiri, entah itu karena memang itu sebuah kebanggaan atau bagaimana. Tapi yang jelas, alat musik yang satu ini sangat mudah untuk dimiliki. Alasan terkuatnya adalah karena harga dari alat musik ini bervariasi, ada yang murah, menengah, ataupun mahal.

Lantas, apakah belajar untuk memainkan gitar itu susah?, jawabanya tidak, jika benar-benar niat. Mengapa demikian, karena belajar bermain gitar itu hanya butuh ketenangan, kemauan yang tinggi dan juga waktu untuk latihan yang cukup. Dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa belajar bermain gitar itu lebih mudah dibandingkan belajar alat musik lainnya yang cara memainkannya dengan dipetik.

Serta dengan adanya media sosial yang menyediakan banyak sekali referensi. Tentu kita sebagai orang awam yang ingin sekali mahir untuk bermain gitar akan sangat terbantu dengan adanya beberapa referensi tersebut.

Yang Suka Main Gitar Wajib Baca Cara Cepat Mahir Bermain Gitar Berikut Ini

Nah, untuk tips mudah agar mahir bermain gitar ini memang bisa dikatakan bersifat umum. Tidak ada perbedaan dengan beberapa artikel di website lain. Nanti bisa dicek di beberapa artikel di Google beberapa artikel yang memuat tips bermain gitar agar cepat mahir.

Cuma yang membedakan adalah bagaimana artikel tersebut bisa dipahami dengan mudah atau tidak oleh pembaca yang ingin sekali mahir dalam bermain gitar. Berikut adalah beberapa cara cepat pintar bermain gitar versi dewailmu.

1. Buat Posisi Nyaman Ketika Akan Bermain Gitar

posisi nyaman bermain gitar

Untuk tips mudah agar cepat mahir bermain gitar yang pertama adalah buatlah posisi nyaman ketika kalian akan bermain gitar. Untuk apa ini harus dilakukan?, sebab kenyamanan dalam bermain alat musik itu tergantung setiap orang. Dan setelah berada pada posisi nyaman disaat akan bermain gitar, tentu akan berbeda rasanya dengan posisi yang asal asalan tanpa memikirkan aspek kenyamanan.

Jadi, tips ini sangat sekali dianjurkan agar bisa lebih tenang dan tidak ada tekanan dalam memainkan gitar. Biasanya posisi nyaman pada saat bermain gitar adalah dengan duduk di kursi, dengan kaki membentang seperti membentuk huruf V. Mengapa demikian?, karena jika kaki dirapatkan, maka sisi bagian bawah gitar akan mudah goyang dan pastinya mengganggu kenyamanan kalian.

2. Cara Cepat Mahir Bermain Gitar – Belajar Mengatur Nada Senar (Tunning)

Nah, untuk tips mudah selanjutnya adalah kalian harus belajar mengatur tangga nada yang dihasilkan setiap senar. Bisa juga dengan melihat referensi di media sosial, bisa juga dengan menggunakan aplikasi aplikasi yang sudah tersedia banyak di toko aplikasi sesuai OS Handphone kalian.

Jika merasa kesulitan, jangan malu untuk meminta bantuan ke orang lain. Karena memang tahap ini harus benar benar berada pada nada yang pas. Agar ketika semua senar dipetik, suara yang dihasilkan akan lebih teratur.

3. Memahami Chord Atau Kunci Gitar

chord gitar

Tips mudah agar cepat mahir bermain gitar yang ketiga adalah kalian harus dengan jeli memahami kunci gitar yang akan kalian pelajari. Di sarankan untuk mempelajari chord yang dasar terlebih dahulu. Karena pada kunci gitar ini ada dua kategori, yaitu kunci dasar dan juga kunci balok atau kunci gantung.

Kunci dasar ini identik dengan menekan senar yang paling mudah, misalnya saja chord A, Am, E, Em, C, D, Dm, dan seterusnya. Untuk kunci balok atau kunci gantung ini biasa disebut satu tingkat level diatas kunci dasar. Karena kunci balok ini butuh ketepatan dalam menekan senar.

Sudah paham kan tentang chord gitar? Kalau sudah yang harus kalian lakukan adalah mencoba terus terusan chord dasar terlebih dahulu. Dan apabila ketika memetik semua senar terdengar bunyi yang tidak pas, itu bisa disebabkan jari kalian tidak terlalu kuat untuk menekan senar tersebut. Lakukan berulang sampai terdengar nada yang pas ketika senar gitar dipetik.

Jika sudah mahir untuk memahami dan menerapkan kunci dasar, salanjutnya kalian bisa belajar menggunakan kunci balok seperti F, Fm, Cm, Bm, dan seterusnya.

Baca Juga, Aplikasi Bermain Gitar Paling Rekomended, Dijamin Langsung Bisa.

4. Belajar Satu Lagu Yang Kalian Sukai

Untuk tips selanjutnya ini kalian bisa mencoba nya dengan membawakan lagu yang kalian sukai. Dan pastinya harus sesuai dengan kunci gitar yang kalian dapatkan. Mengapa harus seperti itu?, karena ketika lagu sudah kalian kuasai, itu akan membuat kalian lebih percaya diri dalam naik turunnya lagu. Berbeda proses dengan yang kalian tidak terlalu familiar dengan lagu yang dibawakan. Akhirnya jadi kacau dalam hal nada lagu.

5. Mintalah Pendapat Dan Berusahalah Dengan Giat

pendapat bermain gitar

Nah, setelah beberapa tips umum sudah anda lakukan. Kini tinggal anda meminta penilaian dari beberapa teman sekitar, saudara atau lainnya. Jika menurut sang pendengar kurang bagus, coba pertimbangkan pendengar kedua. Karena setiap orang memiliki genre nada yang berbeda.

Setelah meminta pendapat kepada orang lain, kini saat nya kalian harus terus berusaha dengan giat. Karena menutut pepatah, “usaha tidak akan menghianati hasil”. Maskud dari kalimat itu pasti kalian sudah tau, maka dari itu sebelum hal yang memaksa kalian untuk berhenti belajar gitar, maka berusahakah sekuat tenaga. Dan jangan lupa untuk beridah ketika waktu nya, dan juga kuatkan niat untuk bisa mahir bermain.

Ya, mungkin sekian beberapa cara cepat mahir bermain gitar. Semoga artikel ini dapat memotivasi kalian dalam bermain gitar agar lebih mahir. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *