oleh

Cara Main Game PS1 Di Android Termudah Tanpa Root Work 100%

Cara Main Game PS1 Di Android Termudah Tanpa Root Work 100% – Ingat dengan game yugioh forbidden memory, crash bandicoot, ctr, harvest moon, atau game lainnya?, mungkin yang dulu maniak main game ps1 tau ya. Banyak dari kalian yang dulunya sering main game ps1 pasti sekarang sulit untuk memainkannya, hal ini dikarenakan ps1 sudah jarang ditemukan dan sudah tidak diproduksi lagi.

Selain mesin game ps1 sudah tidak diproduksi lagi, kaset ps1 sudah tidak dijual sebanyak dulu, karena ps1 tidak mendukung hardisk seperti ps2 hal ini membuat penggemar ps1 sulit mencari game kesukaan mereka. Bahkan saking sulitnya belum tentu di satu kota ada sebuah kaset ps1 yang diinginkan.

Jangankan ps1, di daerah saya ps2 juga sudah jarang diminati dikarenakan hadirnya ps3 dan ps4 yang memboyong banyak fitur terutama di grafisnya. Tapi ps2 tidak seburuk ps1 karena masih bisa dimainkan di hardisk dan tidak membutuhkan kaset, ini mungkin yang membuat ps2 masih bertahan hingga sekarang.

Nah, demi menjawab permintaan dari banyak penggemar ps1, suatu developer android membuat aplikasi android yang bisa digunakan untuk memainkan game ps1 di android dan bernama Emulator PS1, di playstore banyak sekali emulator ps1 yang bisa digunakan, namun hanya emulator tertentu yang sering digunakan seperti ePSXe.

EPSXe ini awalnya adalah aplikasi premium berbayar di playstore, jika anda ingin mendapatkannya secara gratis maka anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci “epsxe apk”, dan untuk mendapatkan apk aslinya dengan versi berbayar anda bisa mencarinya di epsx official apk site dan klik download for android. Namun saya rasa cukup menggunakan versi gratisnya saja.

Untuk cara memasang, mencari game, hingga memainkan game tersebut langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Main Game PS1 Di Android

Bahan-Bahan Yang Perlu Dipersiapkan

  • Apliksi ePSXe beserta plugin BIOS. Anda bisa mencarinya di google.
  • Sediakan game ps1, jika belum anda bisa mencari game ps1 android ukuran kecil di google.
  • Beberapa situs yang menyediakan bebagai ROM game ps1, ps2, xbox, nintendo dan sejenisnya yakni emuparadise atau coolrom.
  • Smartphone android minimal ram 1 gb, untuk yang dibawah 1 gb bisa namun mungkin saja akan nge lag.

Cara Memasang Aplikasi Emulator PS1 + BIOS Di Android

  • Biasanya file apk ePSXe dan BIOS akan digabungkan dalam satu file dalam format zip/rar. Ekstrak file tersebut.
  • Lalu instal aplikasi ePSXenya terlebih dahulu, saya sarankan instal di kartu memori jika kartu memori anda masih memiliki penyimpanan yang cukup. setelah selesai jangan di jalankan dulu.
  • Cari file BIOS, biasanya bertuliskan (SCPH1001.bin). Jika sudah ketemu letakkan file tersebut ke folder internal/eksternal tempat penginstalan aplikasi ePSXe anda. Jika ePSXe diinstal di memori internal maka simpan BIOS ke Penyimpanan Internal > ePSXe > BIOS > Paste Disini dan jika aplikasi ePSXe diinstal di kartu memori maka simpan file BIOS ke Kartu Memori > ePSXe > BIOS > Paste Disini.
  • Selanjutkan jalankan aplikasi ePSXe nya, nanti anda akan menjumpai tampilan dashboard aplikasinya seperti ini epsxe apk
  • Pilih Jalankan BIOS/Run BIOS.
  • Setelah itu pilih file BIOS, biasanya akan langsung terdeteksi.
  • Sampai disini anda telah menyetel konfigurasi aplikasi ePSXe untuk bermain game PS1.
  • Pada tahap ini cara main game ps1 di android telah selesai, tinggal memainkan game nya saja
  • Untuk memainkan game nya tinggal ikuti petunjuk di bawah ini.

Cara Menjalankan Game PS1 Di Android

  • Masukkan game ps1 berformat ISO, BIN, PBP, dan CUE yang telah anda download ke kartu memori, jika belum anda bisa mencari gamenya di google. Saya sarankan cari game yang memiliki ukuran kecil/sudah di kompres agar smartphone android cukup untuk memuat banyak game ps1.
  • Biasanya game yang didownload masih dalam bentuk rar/zip, ekstrak file terlebih dahulu.
  • Setelah di ekstrak kemudian pindahkan game ke kartu memori di folder manapun agar penyimpanan telepon tidak penuh.
  • Buka lagi aplikasi ePSXe nya kemudian klik pada Jalankan Permainan/Run Game,
  • Otomatis aplikasi akan mendeteksi letak game di direktori penyimpanan android. nanti anda akan dihadapkan pada tampilan untuk memilih game seperti di bawah ini game epsxe
  • Lihat, game sudah terdeteksi di ePSXe.
  • Langkah terakhir yakni selamat memainkan game nya.
  • Itulah cara main ps1 di android dengan mudah dan cepat tanpa root 100% work

Jika anda ingin lebih menikmati bermain game ps1 pada android, saran saya gunakan joystik. Itulah cara main game ps1 di android dengan mudah dan praktis dan tentunya tanpa root.  Jika anda ingin me root handphone terlebih dahulu terserah anda, namun pahami dulu hal apa saja yang harus dipahami sebelum root.

Banyak aplikasi untuk main game ps1 di android, namun gunakan aplikasi ePSXe ini saja karena penggunaan dan settingannya sangat mudah.

Semoga bermanfaat bagi anda para penggemar game ps1 dan android user, apabila anda masih bingung dengan tutorial yang saya, tulis komentar di bawah postingan atau hubungi via whatsapp. Terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

  1. Mantab Mas wawan artikelnya…. Mas wawan, bagi ilmu dong supaya bisa lolos google adsense selain konten yang mencukupi apa lagi nih yang harus saya lakukan agar blog Drestha dot com milik saya juga bisa exist menjadi publisher google adsense….