Cara Main Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP

Cara Main Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP – Bagi anda yang dulu suka main PSP atau PlayStation Portable maka Berbanggalah. Sekarang anda tidak perlu membeli konsol PSP asli lagi karena PSP sekarang sudah tersedia dan bisa dimainkan di smartphone android.

Kenapa PSP dirilis di smartphone android?, karena pengguna android dari waktu ke waktu terus meningkat dan ini membuat ponsel android sebagai handphone paling populer mengalahkan iphone dan windows os. Hal ini mengakibatkan banyak software pc dan game konsol yang dirilis di android, salah satunya PSP.

Terlebih lagi jika anda memainkan game PSP di android maka anda tidak perlu memikirkan memori penyimpanan karena anda bisa memasang kartu memori dengan ukuran hingga puluhan giga. Selain penyimpanan yang besar, anda bisa memainkan game PSP dengan grafik yang bagus.

Sebelum mulai bermain game PSP di android, anda bisa memasang aplikasi dan mencari tutorial setting emulator ppssppnya agar game yang kita mainkan berjalan normal. Langsung saja ikuti tutorial penginstalan hingga tahap memainkan game psp di android berikut ini.

A. Cara Main Game PSP di Android dengan Emulator PPSSPP

1. Persiapan

  • Smartphone android (Saya rekomendasikan android yang mempunyai RAM minimal 1 GB dan penyimpanan 8 GB.
  • Game PSP berformat ISO yang sudah anda download, jika belum maka download dulu gamenya.

2. Penginstalan dan Cara Memainkan

  • Instal emulator PSP di play store, nama emulator tersebut yakni PPSSPP seperti di bawah ini ppsspp
  • Pindahkan game yang sudah anda download ke kartu memori. Jika game masih dalam bentuk rar/zip maka ekstrak terlebih dahulu. Untuk cara mengekstrak filenya, anda bisa menggunakan winrar/winzip di komputer, dan pada android anda bisa menggunakan aplikasi es pengelola file
  • Jika sudah diekstrak, maka cari file dengan format ISO dan pindahkan ke kartu memori.
  • Buka emulator PPSSPP, nanti ada 3 pilihan yakni recent, games, dan homebrow & demos, klik yang Games kemudian pilih di mana anda menempatkan game pada kartu memori. Jika sudah ketemu maka klik game psp yang ingin anda mainkan. ppsspp games tab
  • Sama dengan psp, akan ada tombol konsol seperti PSP. Memang awalnya sulit, namun jika anda terbiasa maka akan nyaman rasanya.

3. Pengaturan Emulator PSP

  • Untuk pengaturan emulator ppsspp tergantung kebutuhan anda sendiri. Jika anda ingin game lebih cepat maka anda bisa mematikan frameskipping seperti pada gambar di bawah ini ppsspp setting
  • Jika emulator ppsspp sudah anda atur sedemikian rupa dan masih terdapatkekurangan seperti game lambat, dan ketika dimainkan terasa ngelag maka spesifikasi handphone juga bisa mempengaruhi hal tersebut.
  • Apabila handphone anda tidak mampu memainkan game psp yang mempunyai grafik dan penyimpanan yang tinggi maka saya sarankan lebih baik anda memainkan game ps1 di android saja. Untuk tutorialnya berikut cara memainkan game ps1 di android tanpa root dengan mudah.
  • Begitulah cara setting emulator ppsspp

Sebetulnya selain aplikasi PPSSPP masih banyak lagi aplikasi untuk memainkan game psp lainnya yang tidak kalah bagus dengan emulator ppsspp. Berikut daftarnya :

  • Awe-PSP.
  • Emulator Pro For PSP.
  • Retro Arch.

Itulah artikel singkat mengenai cara main game psp di android menggunakan emulator ppsspp, jika anda mempunyai versi sendiri untuk memainkan game psp di android maka lebih baik anda menggunakan versi anda tersebut.

Ingat, tidak semua game psp bisa kita mainkan di emulator psp android, itu karena terdapat file yang hilang saat proses kompres/memperkecil ukuran game psp yang akan dimainkan di android. Maka dari itu saya sarankan anda mendownload versi aslinya karena peluang kerusakan pada game yang tersebut sangat kecil.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda pecinta game psp dan android user. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 komentar

  1. kalo emu psp di pc udah pernah sih lanjay, cuma kalo android kurang yakin karna spek hp kayaknya kurang mumpuni.