Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke OJK Dengan Mudah & Cepat

Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke OJK Dengan Mudah & Cepat – Kejahatan di dunia ini semakin hari semakin banyak ragamnya, modus yang dilakukan semakin berkembang sesuai pemikiran saat ini. Keinginan untuk kaya secara instan sering kali dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab hanya untuk mendapat keuntungan.

Biasanya, kejahatan seperti itu terjadi melalui media – media elektronik yang sudah banyak di pakai oleh masyarakat. Salah satu jalan yang sering ditempuh oleh pelaku adalah SMS melalui perangkat handphone. Karena berbahaya mendingan anda laporkan, dengan cara melaporkan sms penipuan di OJK.

Kalau penipuan ini dilakukan secara terus – menerus atau spam dan dibiarkan begitu saja bisa berbahaya dan memakan korban lainnya. Bahkan, modus-nya bisa berkembang dan semakin membuat orang – orang percaya dan mudah tertipu dan akhirnya timbulnya korban.

Cara Melaporkan SMS Penipuan

Karena berbahaya, sebab harta yang menjadi taruhan-nya anda harus berhati – hati terhadap segala modus yang mencurigakan. Salah satu yang patut anda waspadai adalah modus yang memberikan atau iming – iming yang beredar melalui SMS.

Dengan biaya murah, pelaku bisa melakukan spam penipuan ke berbagai calon korban nantinya. Apabila anda merasa resah dan takut karena sms yang dilakukan secara terus – menerus, mendingan anda melaporkan-nya ke pihak yang berwajib.

Dalam melaporkan tindak kejahatan penipuan ini anda bisa melalui online maupun offline. Salah satu pihak yang bisa lapor untuk pengaduan anda adalah lembaga OJK. Mengapa tidak kepada polisi? sebab kasus seperti ini sering kali sulit di usut tuntas oleh pihak kepolisian.

Ketika anda mendapatkan sebuah sms yang dianggap berisi konten penipuan, lebih baik anda segera melaporkan ke OJK. Namun, seperti apa prosedur untuk melaporkan penipuan tersebut ke pihak berwajib? berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba.

Melalui Email Atau Nomor Telepon

ojk call center

Cara pertama, anda bisa mengadu melalui layanan email milik OJK yang beralamat [email protected] untuk menindak lanjut penipuan tersebut. Dalam pelaksanaan-nya, kirim saja foto layar handphone sms yang berisi mengenai penipuan.

Jangan lupa berikan penjelasan sedikit entah itu tanggal terima sms dan lainnya. Supaya pihak OJK dengan mudah menelusuri pelaku entah nomor ponsel-nya, atau nomor rekening yang digunakan. Selain melalui email yang tertera, anda juga bisa melalui nomor telp yaitu 1-500-655

Silakan anda hubungi melalui nomor telp tersebut dan berikan penjelasan disertai bukti gambar sms melalui tangkapan layar. Nah, seperti apa nantinya pihak OJK akan menindak lanjut sms penipuan yang kita kirim-kan nantinya?

Baca Juga : 2 Cara Cek Rekening Penipu Atau Tidak Sebelum Belanja Online.

OJK Bekerja Sama Dengan Bank Dan Kominfo

ojk dan kominfo

Dalam bekerja menumpas masalah ini, biasanya OJK akan bekerja sama dengan pihak bank dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kedua badan lembaga ini sangat penting dalam menghentikan upaya pelaku melakukan tindakan penipuan.

Untuk pihak bank, sudah pasti menyelesaikan yang berhubungan dengan nomor rekening yang digunakan oleh pelaku. Di mana, mereka akan memblokir rekening pelaku supaya tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan tindak penipuan lainnya.

Sedangkan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Keminfo), bertugas dalam hal komunikasi yang digunakan oleh si pelaku. Pemblokiran nomor telp yang digunakan menjadi langkah yang akan di ambil untuk menghentikan tindak penipuan tersebut.

Sebetulnya, pihak bank juga bisa mencegah bertambahnya para pelaku kriminal jenis ini. Sebab, bank bisa menekan pelaku penipuan yang sering kali membuka rekening dengan menggunakan data pribadi yang palsu. Menolak siapa saja yang membuka tabungan, namun dengan data – data palsu.

Nah, itu saja yang bisa anda lakukan dalam melaporkan sebuah penipuan melalui sms ponsel dengan mudah melalui OJK. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda semua, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *