Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Beserta File Obb di Android

Kayeols

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Beserta File Obb di Android – Android merupakan handphone yang memiliki banyak fitur, aplikasi dan game.

Untuk ponsel android berspesifikasi rendah dan memiliki penyimpanan minim, mungkin hanya bisa menyimpan beberapa aplikasi saja. Sedangkan untuk yang berspesifikasi tinggi tentu saja bisa menyimpan banyak aplikasi.

Tentu tidak semua orang memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi. Sebagian orang yang memiliki kendala penyimpanan minim, memiliki cara tersendiri untuk menyimpan aplikasi di dalamnya, salah satunya dengan menggunakan SD Card.

Ada beberapa tahapan menyimpan aplikasi beserta filenya di SD card pada ponsel android. Berikut tutorialnya lengkap!.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

1. Menggunakan Cara Manual

Memang lebih sulit menggunakan cara manual daripada dengan aplikasi, namun cara ini bisa anda lakukan tanpa harus melakukan root. cukup jeli saja. Karena jika salah satu proses saja maka bisa-bisa aplikasi tersebut justru error atau tidak bisa dibuka. Berikut caranya :

  • Masuk ke pengaturan, kemudian buka menu Aplikasi.
  • Nanti akan keluar banyak aplikasi, pilih aplikasi yang ingin anda pindahkan ke sd card, contohnya yakni seperti gambar berikut pindahkan ke sd card.
  • Di atas saya contohkan menggunakan game ppsspp. Buka pengaturan ppsspp, kemudian klik lagi move to sd card untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan telepon ke sd card. Untuk memindahkan kembali ke telepon klik lagi Move to device storage.
  • Biasanya untuk masing masing tingkatan android berbeda caranya, android kitkat, lolipop, ataupun yang lainnya pasti berbeda cara satu sama lain namun intinya sama saja.
Baca Juga:  Cara Menggunakan SHAREit Di Laptop Dengan Mudah & Cepat

2. Menggunakan Aplikasi Link2sd

Persiapan

Perlu diketahui, cara kedua ini bukan saja memindahkan aplikasi, namun juga beserta dengan file yang ada di dalamnya, yakni file Obb yang ukurannya beratus-ratus megabyte. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan, yaitu :

Baca Juga:  Cara Bermain God of War 2 di HP Android

Jika ketiga syarat di atas belum dipenuhi, maka proses pemindahan tidak akan pernah bisa dilanjutkan. Namun jika sudah, maka cara memindahkan aplikasi ke kartu sd menggunakan aplikasi link2sd bisa dilanjutkan. Berikut langkahnya.

Langkah Pemindahan

  • Jalankan aplikasi link2sd, nanti akan keluar peringatan bahwa aplikasi membutuhkan akses root (superuser) seperti pada gambar di bawah, klik saja Allow. need root access
  • Jika anda baru menggunakan aplikasi link2sd, maka akan muncul pilihan file sistem pada partisi kedua micro sd anda yang anda gunakan. Pastikan anda memilih file sistem yang sesuai dengan file sistem yang anda pilih untuk mempartisi (membagi-bagi) sd card.
  • Contoh jika anda menggunakan file sistem partisi ext4, maka pada aplikasi link2sd anda juga harus memilih file sistem ext4.
  • Setelah itu akan ada peringatan bahwa aplikasi meminta perangkat untuk direstart.
  • Restart perangkat android kemudian buka lagi aplikasi link2sd. Langsung saja pilih aplikasi yang ingin anda pindahkan ke sd card beserta file obbnya. Jika anda ingin memindahkan aplikasi ke sd card lebih dari 1, maka anda bisa memilih menggunakan fitur Multi-select.
  • Jika sudah kemudian klik Options dan pilih lagi Move to SD Card atau Link to SD Card. Namun saya sarankan pilih yang Link to SD Card. move to sd card link2sd
  • Nanti akan muncul konfirmasi pemindahan file seperti pada gambar di bawah, pastikan kamu mencentang ketiga pilihan persis seperti di bawah, jika sudah klik Ok.cara memindahkan aplikasi ke kartu sd konfirmasi pemindahan link2sd
  • Tunggu proses pemindahan selesai, jika sudah selesai lihatlah memori internal handphone android anda di menu Storage, pasti akan terlihat perbedaannya.
  • Untuk melegakan kapasitas penyimpanan internal handphone android selain dengan memindahkan aplikasi dan game yang berukuran besar, anda juga bisa menghapus sampah dan cache sisa penggunaan aplikasi.
Baca Juga:  6 Cara Menghilangkan Iklan Di Hp Xiaomi Dengan Cepat & Mudah

Itulah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu sd pada handphone android, dengan cara ini, anda dapat menyimpan banyak aplikasi dan game pada handphone android anda terutama untuk handphone yang berspesifikasi rendah. Mungkin masih ada banyak cara selain di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, terima kasih atas kunjungannya. Jika cara di atas masih dirasa terlalu sulit, anda bisa memasukkan komentar di akhir postingan ini.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

2 pemikiran pada “Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Beserta File Obb di Android”

  1. Apakah aplikasi ml juga bisa dipindah kak. Mohon balas soalnya ini udh terlajur root?

Tinggalkan komentar