8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android (UPDATED)

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android (UPDATED) – Pasti kita semua pernah mengalami koneksi lemot saat internetan di ponsel Android. Hal tersebut pasti sangat mengesalkan, apalagi jaringan sudah upgrade ke 5G, kok masih lemot.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mempercepat kecepatan internet pada ponsel android, berikut beberapa diantaranya!.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

1. Dengan VPN

Apa itu VPN?, VPN (Virtual Private Network) adalah koneksi privat melalui jaringan publik. Fungsi VPN ini adalah seolah olah kita menciptakan sebuah jaringan di dalam jaringan. VPN ini juga sangat bermanfaat saat koneksi internet sedang lemot.

Selain mempercepat koneksi internet, ada banyak kegunaan VPN seperti membuka beberapa situs yang diblokir, mengirim file dengan lebih aman, dan masih banyak lagi.

2. Menggunakan Browser Tercepat

Anda juga bisa menggunakan browser dengan kecepatan tinggi seperti UC Browser hingga google chrome. Kedua browser ini sudah terbukti memiliki kecepatan tinggi baik untuk ponsel android hingga PC.

3. Memblokir Iklan

Ketika kita membuka video di youtube atau membuka website, pasti terdapat iklan. Nah, anda bisa memblokir iklan tersebut, contohnya dengan menggunakan beberapa browser yang mendukung fitur blokir iklan.

Dengan memblokir iklan, anda bisa lebih leluasa melakukan browsing di ponsel android anda.

4. Menghapus Cache

Daripada harus menghapus cache satu persatu aplikasi, anda bisa menghapus cache secara keseluruhan dengan aplikasi clean master.

Dengan terhapusnya cache, anda bisa lebih mempercepat kinerja ponsel dan koneksi internet, dari yang lelet menjadi lebih cepat.

Baca Juga :

5. Menonaktifkan Auto Sync Gmail Dan Data Latar Belakang

Auto Sync ini berfungsi untuk mengotomatiskan segala aktivitas yang nanti direkam pada Gmail. Proses sync ini biasanya terjadi beberapa menit dan ini bisa mengakibatkan ponsel dan jaringan internet lelet.

Bagi anda yang tidak terlalu mementingkan hal tersebut, anda bisa menonaktifkan fitur tersebut. Selain itu, anda juga bisa mematikan aplikasi latar belakang yang menguras banyak data dan mengakibatkan lemot.

6. Gunakan Jaringan Paling Baik di Ponsel

Jika ponsel anda mendukung jaringan 4G dan kartunya juga sudah mendukung jaringan 4G, anda bisa menggunakan jaringan tersebut agar koneksinya bisa lebih cepat.

Bahkan sekarang ini sudah ada jaringan 5G, jika ponsel dan kartu anda sudah support jaringan 5G, sangat saya sarankan anda menggunakan jaringan 5G ini.

7. Hapus Aplikasi Yang Memakan Banyak Data Internet

Salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang terlalu banyak memakan kuota internet. Contoh dalam hal ini adalah game Online dan Youtube. Anda bisa menggunakan aplikasi Youtube Go yang lebih hemat kuota internet dan pastinya lebih cepat.

8. Menggunakan Provider Yang Cepat

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah menggunakan provider yang cepat. Ini merupakan salah satu faktor penentu kecepatan internet anda. Salah satu provider yang terbukti memiliki kecepatan internet tinggi adalah Telkomsel.

Jadi itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet pada android. Menurut anda, cara mana yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan ini?. Atau anda memiliki cara tersendiri?, informasikan ke saya ya jika ada. Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar