6 Cara Mengambil Foto Yang Bagus Dan Wajib Anda Coba

Kayeols

6 Cara Mengambil Foto Yang Bagus Dan Wajib Anda Coba – Dunia fotografer merupakan dunia yang sangat mengasyikan, sebab kita dapat menjelajahi keindahan yang ada di dunia. Kita bisa mengabadikan sebuah momen, benda dan hal lainnya. Untuk mengambil suatu gambar kita dapat menggunakan beberapa alat seperti kamera dslr, kamera smartphone atau kamera digital lainnya.

Namun beberapa waktu belakangan ini sudah banyak kamera yang memiliki teknologi canggih seperti auto fokus. Hal ini mempermudah penggunanya untuk memfokuskan objek yang akan dibidik. Kadang gambar atau foto yang kita dapatkan sering kali buram atau kurang fokus. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengalaman atau pun bisa jadi karena faktor eksternal seperti keadaan lingkungan.

Sebenarnya untuk mendapatkan gambar yang bagus dan jernih susah-susah gampang. Mengapa demikian?, sebab kita membutuhkan sebuah teknik dan situasi dimana objek yang kita bidik bisa terlihat bagus. Namun bagi anda yang masih kesulitan mendapatkan foto berkualitas baik, berikut ini cara mengambil foto yang bagus dan jernih, dan diharapkan dengan menerapkan cara-cara dibawah ini anda bisa mendapatkan foto yang maksimal.

Cara Mengambil Foto yang Bagus

1. Lakukan Pemfokusan Manual

Walaupun jenis kamera yang telah ada di masyarakat memiliki fitur fokus otomatis/auto fokus. Tapi anda tetap bisa menggunakan fitur fokus manual. Fokus manual menjadi pilihan yang bagus bagi beberapa fotografer, pasalnya fokus otomatis sering kali tidak bisa fokus dengan tepat.

Baca Juga:  3 Cara Menonaktifkan Messenger Versi Terbaru Dengan Praktis

Hal ini sangat menyusahkan, apalagi untuk jenis objek/subjek yang memiliki tingkat pemotretan tinggi. Kelebihan fokus manual adalah kita dapat memilih objek yang ingin kita fokuskan. Dan juga kita bisa melakukan zoom dengan leluasa dari pada dengan fokus otomatis.

2. Gunakan Auto Fokus Tunggal

auto fokus

Fitur kamera ini akan membuat kamera anda fokus ketika pelepasan rana pada setengah tekan. Serta untuk menjaga fokus lensa pada objek yang dipilih, hingga mendapatkan foto. Jika anda perlu memfokuskannya, anda hanya perlu mengangkat jari dari rana dan menekannya kembali.

Untuk menggunakan cara ini sangat pas terhadap objek benda mati atau statis. Benda yang tidak bergerak akan mudah diambil gambarnya daripada benda hidup yang akan bergerak menggunakan auto fokus. Dengan cara ini anda akan mendapatkan gambar atau foto yang bersih dan jelas.

Baca Juga:  7 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Sebelum Akhir Bulan

3. Pemilihan Titik Auto Fokus

Saat anda memfokuskan kamera secara otomatis, anda harus memiliki titik auto fokus aktif di atas subjek dalam jendela bidik untuk membuatnya tajam. Secara garis besar, ada dua cara untuk memilih titik auto fokus menggunakan teknik fokus kamera ini.

Yang paling mudah adalah membiarkan kamera anda memutuskan untuk anda dan menggunakan opsi titik pemilihan auto fokus otomatis. Dalam banyak situasi, kamera akan melakukan pekerjaan yang layak dan ini adalah opsi yang berguna ketika anda tidak punya banyak waktu untuk mengambil gambar.

Namun, kamera anda biasanya akan mencoba untuk fokus pada objek terdekat di dekat bagian tengah frame dan biasanya tidak terlalu bagus untuk menunjuk pada subjek yang lebih kecil atau detail yang bagus. Untuk alasan ini, sering kali lebih baik untuk mengatur titik auto fokus sendiri seperti yang kita lakukan dengan bidikan di atas.

4. Coba Sudut Yang Berbeda

sudut yang baik

Tahukah anda bahwa fotografer profesional dunia tidak selalu mengambil gambar dari satu sudut saja, mereka selalu bereksperimen dengan mengambil gambar dari banyak sudut. Itulah mengapa gambar yang mereka ambil cenderung bagus dan menarik untuk dilihat. Anda bisa mencoba langkah ini untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Baca Juga:  Smartphone Terbaik Untuk Nonton Youtube, Kuat Hingga Ber Jam - Jam!

Terkadang jika kita ingin menjadi fotografer profesional, kita harus bisa mengambil tindakan disaat lokasi/keadaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya saja saat keadaan/situasi sedang tidak baik, kita bisa mengubahnya menjadi baik. Banyak sekali fotografer diluar sana yang menyulap foto yang sebenarnya biasa-biasa saja ketika kita ambil, tetapi saat mereka yang mengambil akan menghasilkan gambar yang luar biasa.

5. Gunakan Lampu Flash

Jangan lupa gunakan flash. Sekarang ini smartphone terbaru cenderung memiliki lampu flash pada kameranya. Flash tersebut memang diperuntukkan agar kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan gambar yang bagus, jadi tidak perlu berharap pada kamera asli dengan harga yang mahal.

Baca juga : Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Android Dengan Mudah.

6. Usahakan Tinggi Kamera Tepat Pada Mata Subjek

pas dengan subjek

Jika kita memotret seseorang, bukan benda. Usahakan kita mengambil foto tepat sejajar dengan mata orang tersebut agar foto tersebut terlihat bagus dan tidak terlihat tinggi maupun rendah. Banyak fotografer profesional yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Itulah tips cara mengambil foto yang bagus. Apabila anda menguasai beberapa teknik dasar memotret, anda akan bisa mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dari sebelumnya. Semoga bisa berguna bagi para fotografer pemula. Selamat mencoba tipsnya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar