11 Kunci Sukses Usaha Kuliner Dari Nol Yang Wajib Anda Ketahui

11 Kunci Sukses Usaha Kuliner Dari Nol Yang Wajib Anda Ketahui – Usaha kuliner semakin marak peminatnya dari tahun ke tahun. Ada yang mengatakan bahwa membuka usaha kuliner adalah sesuatu hal yang sulit. Namun sebenarnya banyak juga yang mengatakan membuka usaha kuliner itu mudah.

Setiap hari banyak sekali usaha kuliner yang berdiri di pelosok nusantara. Tetapi dari sekian banyak usaha kuliner tersebut, hanya ada beberapa usaha kuliner yang bisa menjadi besar dan dikenal banyak orang. Lantas bagaimana caranya agar usaha tersebut bisa dikenal banyak orang?. Yah, semua itu ada ilmunya.

Memang jika kita tahu ilmu membuka bisnis kuliner yang baik dan benar, pasti semuanya akan berjalan lancar. Namun bagaimana jika anda yang masih pemula dan minim pengalaman?, tentunya akan sangat sulit membuka suatu usaha, apalagi usaha kuliner yang cenderung mengeluarkan modal cukup besar.

Bukan hanya modal, banyak sekali faktor dan kunci yang dipertimbangkan untuk membangun usaha kuliner dari awal hingga sukses. Jadi, membuka usaha kuliner tidaklah sembarangan, berikut beberapa tips & kunci sukses bagi anda yang ingin membuka usaha kuliner dari awal.

Kunci Sukses Usaha Kuliner

1. Tentukan Jenis Usaha Kuliner Yang Ingin Anda Geluti

jenis usaha yang dipilihHal pertama yang harus anda pikirkan adalah anda ingin membuka usaha kuliner apa. Mengapa hal ini saya letakkan pada nomor 1?, karena semua faktor selanjutnya tergantung dengan poin ini. Biaya dan perlengkapan juga tergantung poin ini.

Selain biaya dan perlengkapan, pemilihan sumber daya manusia, izin usaha, pemasaran, dan lokasi usaha tergantung poin ini. Ada usaha yang memerlukan tempat kecil, dan ada pula yang besar. Jadi pemilihan usaha kuliner merupakan hal terpenting untuk menentukan faktor-faktor selanjutnya.

2. Persiapkan Modal Dan Kelengkapan

Jika anda sudah menentukan usaha kuliner apa yang anda pilih, selanjutnya tinggal menyiapkan modal dan perlengkapan. Hal ini relatif ya, anda bisa mengeluarkan budget minim atau budget besar, itu semua tergantung anda sendiri selaku pemilik usaha.

Jika anda ingin usaha anda menjadi besar dan dikenal banyak orang, anda bisa menyiapkan modal besar untuk membuka kedai, kafe, atau rumah makan. Tetapi jika modal anda minim, cukup sediakan gerobak minimalis dan perlengkapan lain yang berhubungan dengan usaha anda.

3. Pilih Lokasi Usaha Yang Strategis

lokasi usaha yang strategis

4. Pemasok Bahan Baku

Sebuah usaha kuliner adalah usaha yang tidak bisa dilakukan oleh satu orang pihak. Karena yang dijual makanan, mau tidak mau kita harus bekerjasama dengan orang lain. Kerjasama ini merupakan hal yang wajib anda lakukan karena merupakan salah satu kunci sukses usaha kuliner. Untuk memilih pemasok juga harus hati-hati.

Anda harus memilih pemasok dengan melihat faktor seperti harga, kualitas, lokasi pengiriman, dan faktor penting lainnya. Untuk anda yang memiliki modal pas-pasan, pilihlah pemasok yang memiliki harga barang murah. Untuk anda yang memiliki modal besar, pilihlah barang dengan kualitas terbaik.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Manusia adalah motor penggerak sebuah usaha. Untuk usaha kuliner, anda membutuhkan setidaknya karyawan di bidang juru masak, pramusaji, dan kasir, bagi anda yang memiliki usaha kuliner kecil, cukup rekrut setidaknya 1 orang karyawan untuk membantu pekerjaan anda. Jangan lupa berilah gaji yang sepadan dan tepat waktu.

6. Izin Usaha

Sebuah usaha pastinya membutuhkan sebuah izin, entah dari masyarakat maupun pemerintah. Mengapa izin usaha diperlukan?, ini demi kenyamanan dan keamanan anda sendiri. Apakah anda mau jika suatu saat usaha anda dianggap ilegal dan dibongkar paksa oleh pemerintah?.

Pasti anda tidak mau, ya disitulah pentingnya sebuah izin usaha. Jika usaha anda sudah mulai tumbuh besar, izin usaha sangatlah penting anda urus, selain izin usaha anda juga wajib mengurus surat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan surat-surat lainnya.

7. Target Pemasaran

target market

Untuk target pemasaran, tentukan promosi kepada target anda. Contohnya, ketahui selera target anda, jika target anda hobi makan sate, berikan promosi yang menarik kepadanya seperti makan 5 kali gratis 1, dan masih banyak lagi cara menyesuaikan usaha kuliner dengan target pasar anda.

8. Pemasaran Yang Baik & Benar

Pemasaran merupakan hal terpenting dalam sebuah usaha, apapun bentuknya itu. Contoh, pada sebuah pabrik, bagian distribusi penjualan (pemasaran) sangat penting perannya untuk mengambil hati seseorang untuk menjadi pelanggan. Begitu pula pada bidang usaha kuliner.

Lakukan pemasaran dengan baik dan benar serta efektif. Strategi pemasaran yang tepat akan mendatangkan pelanggan yang banyak, dan apabila strategi pemasaran tidak efektif, anda bisa mengganti metode pemasaran tersebut karena pemasaran yang baik dan benar merupakan salah satu kunci sukses usaha kuliner.

9. Berikan Sesuatu Yang Berbeda (Dalam Bentuk Makanan, Kenyamanan, Atau Yang Lainnya)

sesuatu yang berbeda

Mungkin bagian ini adalah bagian tersulit. Jika anda merupakan orang yang cermat, pasti anda bisa menemukan sesuatu hal yang berbeda untuk diberikan kepada pelanggan. Contohnya pelayanan, menu makanan, lokasi, dan cara penyajian yang berbeda kepada konsumen.

10. Manajemen Keuangan Yang Baik

Jika anda ingin untung dalam sebuah usaha kuliner, manaje uang anda dengan baik entah itu uang keluar atau uang masuknya. Jika anda bisa me manaje keuangan sebaik mungkin, pasti usaha anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

11. Berusaha Dan Berdoa

berusaha dan berdoa

Semua usaha pada poin pertama hingga 10 sudah anda lakukan?, lalu apa hal terakhir yang harus saya lakukan?. Ya berdoa, karena berusaha dan berdoa selalu dianjurkan secara umum dan secara agama. Dengan berdoa di akhir setelah usaha, kita sudah melengkapi kewajiban sebagai manusia dan sebagai hamba allah.

Baca juga bisnis usaha kecil menengah yang menjanjikan dengan omset jutaan.

Jika anda sudah melakukan usaha-usaha di atas, percayalah bahwa yang anda lakukan sudah benar dan tinggal menunggu hasilnya. Banyak sekali pengusaha kuliner di luar sana yang berhasil melakukan langkah-langkah di atas dan sukses dengan bisnisnya. Namun jika belum berhasil mungkin rejeki orang berbeda-beda.

Oke, itulah beberapa kunci sukses usaha kuliner dari nol yang wajib anda semua ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua yang berminat membuka usaha kuliner, dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Related Posts

About The Author

Add Comment

error: Content is protected !!