7 Cara Mengatasi FB Lite Lemot Dengan Mudah & Cepat

Cara Mengatasi FB Lite Lemot Dengan Mudah & Cepat – Siapa sih saat ini yang tidak memiliki akun facebook?, hampir kebanyakan setiap orang yang ada di dunia ini pasti menggunakan fb. Karena dulu memang fb merupakan sosial media yang paling awal dan hadir hingga tenar seperti saat ini. Bahkan bisa dibilang orang kebanyakan menggunakan fb adalah momen pertama kali menggunakan sosial media.

Facebook sendiri kini juga semakin berkembang, dulu cuma bisa berbagi status saja dan kata-kata beserta gambar. Saat ini facebook juga sudah bisa membuat story facebook serta bahkan mau menyaingi dalam bidang film seperti youtube.

Ini tentu saja menunjukkan kualitas facebook yang sangat apik dalam perkembangan. Setiap harinya pun pengguna facebook makin meningkat dari tahun ke tahun. Para pengguna facebook biasanya login lewat situs facebook, dan aplikasi facebook, akan tetapi jika diperhatikan secara mendetail kebanyakan menggunakan aplikasi.

Untuk aplikasi sendiri facebook pun memiliki dua aplikasi, yakni yang satu facebook versi biasa dan yang satunya versi kecil atau biasa disebut dengan facebook lite. Kebanyakan orang menggunakan facebook lite karena ukurannya yang begitu kecil serta tidak mengganggu penyimpanan yang terdapat di hp. Bahkan di facebook lite terkadang kita bisa menggunakan serta mengakses secara gratis.

Namun walaupun begitu terdapat kekurangannya juga, dimana muncul masalah tiba tiba facebook lite lemot banget. Siapa sih yang gak jengkel apabila aplikasi facebook lite tersebut lemot banget?, pasti kebanyakan akan emosi ketika mengalami fb lite lemot. Dengan begitu mau tidak mau anda harus bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Mengenai masalah ini, kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini dijelaskan mengenai cara mengatasi fb lite yang lemot. Ingin tahu cara memperbaiki agar tidak lag kembali? silahkan baca saja cara-cara di bawah ini.

Cara Mengatasi FB Lite Lemot

1. Ganti Sinyal

ganti sinyal

Cara pertama untuk yakni silahkan kalian mengganti sinyal yang ada. Karena banyak nih yang biasanya make mode gratis, maka memang wajar apabila fb lite lemotnya minta ampun. Maka dari itu silahkan anda ganti sinyal atau anda bisa menggunakan wifi. Ganti sinyalnya yang disini yakni misalnya tadinya menggunkan kuota data silahkan gunakan saja wifi saja.

2. Bersihkan Memori Internal

Sudah menjadi hal yang wajar apabila memori penuh dan tidak memiliki space lagi, biasanya memang akan membuat aplikasi jadi lemotnya minta ampun. Maka dari itu silahkan kalian kosongkan beberapa penyimpanan ataupun data yang sekiranya tidak dipakai. Intinya hapus aplikasi, foto, data, video yang tidak berguna dan tidak terpakai agar aplikasi anda tersebut memiliki ruang untuk bernafas.

3. Cara Mengatasi FB Lite lemot Dengan Membersihkan RAM

bersihkan ram android

Banyak yang berpendapat bahwa RAM itu tidak ada hubungannya dengan aplikasi, menurut saya itu adalah salah besar. Karena setiap aplikasi yang berjalan, maka itu akan memakan RAM yang terdapat di HP android kalian. Jadi ketika RAM anda ada 2 GB misalnya, nah ketika membuka aplikasi maka akan berkurang sesuai takaran aplikasi tersebut. Jadi sebisa mungkin kalian kosongkan RAM kalian dan bersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

4. Membuka Facebook Melalui Browser

Jika memang aplikasi fb lite anda error, coba buka lewat browser. Gunakan google chrome atau uc browser untuk membukanya. Jika melalui aplikasi fb lite lemot, dan dari browsernya tidak, biasanya itu memang yang error aplikasinya.

Baca Juga :

5. Cara Mengatasi FB Lite Lemot Dengan Paksa Berhenti & Hapus Cache

Aplikasi facebook lite bisa juga error dikarenakan file sampah/cache yang ada di dalamnya, atau terdapat error lainnya. Untuk mengatasinya, anda bisa menghapus cache dan paksa berhenti aplikasi, caranya :

  • Masuk ke Setting/Pengaturan
  • Kemudian klik menu Aplikasi
  • Berikutnya gulir ke bawah dan cari aplikasi Facebook Lite
  • Setelah ketemu kemudian klik aplikasinya.
  • Klik Hapus Cache, jika selesai kemudian klik Paksa Berhentihapus cache dan paksa berhenti fb lite

6. Mengganti Server Lainnya/Gunakan VPN

Seperti pada beberapa waktu lalu facebook error tidak dapat memuat gambar dan lag, dan pada saat itu banyak orang menggunakan VPN untuk mengatasinya. Ya, vpn ini digunakan untuk mengganti server, dan biasanya menggunakan server luar negeri. Anda bisa menggunakan aplikasi vpn sepert TurboVPN, SuperVPN, ThunderVPN, Psiphon, atau aplikasi vpn lainnya.

7. Menunggu Pemulihan Server Facebook

Cara terakhir untuk mengatasi fb lite yang lemot yakni menunggu fb sampai pulih sendiri. Karena biasanya ada waktunya juga dimana fb ngelag dikarenakan sedang down server, maka dari itu solusinya hanya menunggu pemulihan dari fb.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi fb lite yang lemot, semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan bisa mengatasi permasalahan yang anda alami. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *