oleh

6 Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Wajib Anda Tahu!

6 Tips Membeli Smartphone Bekas Yang Wajib Anda Tahu! – Smartphone merupakan salah satu kebutuhan kebanyakan orang pada masa kini. Untuk memebuhi kebutuhan para penggunanya, beragam spesifikasi dan teknologi digunakan.

Semakin tinggi teknologi yang digunakan maka semakin tinggi pula harganya. Kenyataan ini terkadang menjadi penghambat bagi seseorang yang ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi namun hanya memiliki budget pas-pasan. Meskipun begitu, masih ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membeli smartphone bekas.

Membeli handphone bekas tidak selamanya akan mendapatkan barang yang kualitasnya buruk. Tentu saja Anda harus mengenali beberapa tips sebelum membeli smartphone bekas. Apa saja tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli Android bekas? Berikut ulasannya.

Tips Membeli Smartphone Bekas

1. Lihat Ketahanan Smartphone

Dalam membeli smartphone apalagi smartphone bekas hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketahanan smartphone tersebut. Apakah smartphone yang akan Anda beli bisa bertahan lama atau tidak. Anda bisa memilih smartphone dengan RAM minimal 3 GB agar performa tetap seperti baru meskipun Anda membeli bekas. Selain itu Anda juga harus memperhatikan chipset dan sistem operasi yang digunakan.

2. Belilah Barang BNOB

barang bnob

Untuk urusan barang bekas terutama smartphone membeli barang BNOB juga penting sebagai pertimbangan. Barang BNOB atau Brand New Open Box merupakan barang baru tapi sudah dibuka segel kotak dusnya. Biasanya barang BNOB ini dijual karena alasan salah beli lalu dijual kembali dengan harga yang lebih murah.

Barang BNOB bisa Anda cari pada iklan baris online ataupun bisa langsung cari BNOB dengan kategori smartphone. Meskipun barang jenis ini sudah dibuka segelnya namun Anda juga harus memastikan bahwa smartphone yang akan Anda beli memiliki garansi resmi.

3. Cari Barang Old Stock

Anda pasti tahu istilah ini, ya barang old stock merupakan barang stok lama. Barang-barang ini biasanya dijual murah karena memang “sudah bukan jamannya lagi”. Kelebihan membeli smartphone old stock memang bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun kekurangannya yaitu selain barang yang Anda beli sudah ketinggalan jaman, barang old stock juga biasanya tidak bergaransi.

Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jika Anda berniat membeli jenis barang old stock maka sebaiknya transaksi yang Anda pilih menggunakan sistem COD atau Cash on Delivery. Dengan sistem transaksi ini Anda bisa mengecek kondisi smartphone dan memastikanya dalam keadaan normal.

4. Pilih Harga Yang Wajar

harga hp diskon

Meskipun orientasi Anda adalah membeli smartphone bekas, namun jangan terkecoh dengan harga yang ditawarkan. Biasanya orang membeli barang bekas sering tergoda dengan harga yang murah, apalagi budget yang disiapkan memang pas-pasan. Barang bekas yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah terkadang justru menjerumuskan.

Spesifikasinya biasanya dibawah standar atau ada bagian yang rusak parah. Untuk itu sebelum membeli smartphone bekas ada baiknya Anda melakukan survey harga di internet atau bertanya pada pihak konter. Hindari membeli smartphone yang ditawarkan dengan harga jauh di bawah rata-rata. Sebab biasanya smartphone seperti ini adalah KW alias barang palsu atau bahkan sudah rusak parah.

5. Tips Membeli Smartphone Bekas Dengan Mengecek Kondisi Fisik

Tips membeli smartphone bekas selanjutnya yaitu mengecek kondisi fisik. Tentu saja hal ini tidak bisa dilewatkan karena tampilan adalah hal utama yang penting diperhatikan. Pastikan bodi smartphone terlihat mulus sesuai deskripsi. Perhatikan secara detail setiap bagian agar Anda tidak menyesal setelah melakukan pembayaran.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Untuk Semua Kalangan.

6. Tips Membeli Smartphone Bekas Dengan Mengecek Kelengkapan Semua Fungsi

Setelah mengecek kondisi fisik, hal yang dilakukan selanjutnya yaitu mengecek kelengkapan fugsi. Beberapa yang perlu Anda perhatikan seperti menyesuaikan IMEI di smartphone dengan yang ada di kotak. Selain itu berbagai kelengkapan seperti tombol Home, Power, dan Volume pastikan dengan baik apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Kelengkapan lain seperti earphone, adapter charger dan speaker juga harus dicek dengan benar. Dalam mengecek kelengkapan ini Anda harus benar-benar detail karena banyak kasus pembeli merasa ditipu karena kondisi smartphone yang akan dibeli tidak sesuai dengan deskripsi yang ditulis.

Membeli barang bekas memang menjadi solusi yang banyak dipilih para pengguna yang ingin memiliki ponsel bagus dengan budget pas-pasan. Namun tentu saja harus disertai dengan ekstra kehati-hatian agar tidak tertipu atau salah beli. Semoga tips membeli smartphone bekas di atas dapat bermanfat dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *