8 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dengan Mudah, Ampuh!

Kayeols

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dengan Mudah – Seiring berhalannya waktu, penggunaan laptop semakin banyak. Hal tersebut dikarenakan tingkat mobilitas pada laptop sangatlah tinggi. Dikarenakan praktis dan bisa di bawa kemana-mana, maka banyak yang menjadikan laptop sebagai perangkat idaman. Jika diperhatikan saat ini banyak sekali jenis-jenis laptop serta merk-merk laptop berbagai spesifikasi yang ditawarkan.

Ada harga, dan pastinya ada juga kualitas. Pada umumnya jaman sekarang laptop digunakan untuk ngantor, ngerjain tugas, dan bahkan ada juga hanya untuk bermain game saja. Laptop sendiri disetting sedemikian rupa hingga sesuai dengan perangkat komputer akan tetapi ukurannya lebih kecil dan simple. Namun dibalik ukurannya yang begitu kecil, ternyata minim juga dalam hal pemasangan kipas.

Kipas pada laptop ini memiliki peran penting sekali mendinginkan perangkat laptop ataupun hardware yang bekerja pada laptop. Misalnya saja ketika selesai bermain game di laptop ataupun desain bahkan edit film di laptop, maka secara otomatis biasanya laptop akan panas. Setelah itu kipaslah yang mendinginkan lapop panas tersebut.

Perlu kalian tahu bahwa jumlah kipas yang terdapat di laptop juga sangatlah sedikit, maka hal itu membuat laptop jadi cepat panas. Tentu saja jika laptop cepat panas ataupun sering panas dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. Kerusakan ini bisa terjadi pada bagian perangkat keras yang terdapat di dalam laptop tersebut.

Yang namanya barang elektronik pasti tidak lepas dari kerusakan, maka dari itu apalagi jika sampai terkena panas pasti akan cepat rusak. Masalah mengenai laptop cepat panas dan sering panas ini sebenarnya bisa dihindari. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi laptop sering panas?, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Sebenarnya wajar-wajar saja apabila penggunaan berat, seperti editing, bermain game dan masih banyak lainnya. Namun untuk beberapa kasus hanya membuka laptop dan mengoperasikan aplikasi ringan kok cepat panas?.

Baca Juga:  2 Cara Mengubah Smartphone Menjadi Mouse Laptop & Komputer

Nah pastinya laptop tersebut kemungkinan sudah terlalu sering panas dan mungkin ada beberapa problem di laptop yang cepat panas tersebut. Agar gak cepat panas lagi, berikut simak saja cara mengatasinya.

1. Atur Jadwal Pemakaian Laptop

Langkah pertama untuk mengatasi laptop yang sering banget panas yaitu silahkan atur saja jadwal pemakaian laptop anda. Misalnya saja sebelum laptop sering panas anda terlalu sering menyalakan laptop hingga berpuluh-puluh jam?, maka hal inilah yang menjadi penyebab utama kenapa laptop anda sering panas.

Memang sih biasanya hal tersebut dikarenakan pekerjaan yang begitu banyak dan tugas yang begitu banyak juga. Namun untuk hal itu anda bisa minimalisir dengan mengatur jadwal pemakaian laptop.

Misalnya saja silahkan anda gunakan laptop dengan durasi 4 jam saja. Atau jika sudah agak panas banget, silahkan matikan laptop anda. Tunggu hingga dingin, setelah itu coba nyalakan kembali. Pokoknya lakukan cara ini selalu agar tidak cepat rusak laptop anda.

2. Menggunakan Cooling Pad Eksternal

cooling pad laptop

Langkah kedua untuk mengatasi laptop yang sering panas yaitu silahkan gunakan cooling pad eksternal. Coolingpad eksternal sendiri merupakan alat pendingin eksternal yang bisa anda pasang di bawah laptop anda atau dengan kata lain di bawah keyboard laptop anda. Dimana akan mendinginkan perangkat yang bekerja keras.

Baca Juga:  2 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Chrome Android dan PC

Hal ini tentu saja untuk membantu kipas yang terdapat di laptop agar tidak begitu panas kondisinya. Karena seperti kita ketahui jika sampai overheat maka sangat berbahaya dan laptop bakal cepat rusak. Anda bisa membeli cooling pad di toko peralatan komputer dengan harga yang terjangkau, namun kalau ingin yang bagus, beli yang bagus sekalian biar mantep.

Baca Juga :

3. Perhatikan Alas Laptop

Langkah berikutnya terdapat hal penting yang perlu kalian perhatikan yakni pada alas laptop. Sebenarnya ini adalah faktor utama ataupun penyebab utama kenapa laptop anda jadi sering panas banget.

Banyak yang menggunakan laptop tanpa alas apapun ataupun benda apapun. Jadi dibiarkan laptop langsung alas di kasur, lantai, meja dan sebagainya.

Hal tersebut tentu saja tidak memberikan ruang nafas untuk udara panas yang keluar. Maka dari itu silahkan berikan alas buku atau apa, agar panas tidak balik dan berdiam, akan tetapi diberikan space agar panas yang dihasilkan laptop keluar.

4. Bersihkan Debu Yang Menempel Pada Ventilasi Udara

ventilasi laptop kotor

Salah satu penyebab laptop anda panas adalah ventilasi udara laptop tersumbat kotoran, dan ini fatal banget sih. Jika udara panas di dalam laptop tidak keluar, maka ini bisa menyebabkan panas yang berkepanjangan, dan laptop anda akan cepat rusak.

Untuk mengatasinya, anda bisa membersihkan ventilasi udara dengan penyedot debu, atau kuas kecil agar bisa menyentuh setiap detail ventilasi.

Baca Juga:  6 Cara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik/Miring

5. Periksa Komponen Yang Di Overclock

Komponen laptop memang jarang yang mendukung fitur overclock, namun bukan berarti fitur ini tidak ada. Untuk memeriksa Komponen yang di overclock, silahkan periksa konfigurasi di BIOS apakah ada komponen yang diatur melebihi clock bawaannya.

Agar amannya, terapkan pengaturan bawaan atau default configuration pada BIOS.

6. Hapus Software Yang Terlalu Berat Untuk Laptop

software ukuran besar

Untuk yang satu ini, mungkin software berat kebanyakan Game ya, apalagi game dengan grafik tinggi. Pasti membutuhkan baterai dengan daya yang besar.

Hal ini bisa menyebabkan baterai cepat panas, apalagi jika laptop spesifikasi rendah, digunakan untuk bermain game berkualitas tinggi, ini sudah parah banget sih. Bisa-bisa laptop anda meledak karena suhu panasnya.

Untuk mengatasinya, anda bisa menghapus software software tersebut. Anda bisa menggantinya dengan software atau game yang lebih kecil ukurannya.

7. Jangan Digunakan Sambil Di Charge

Zaman sekarang, kebanyakan orang orang menggunakan laptop sambil dicas, sebenarnya ini salah ya. Dengan begini, baterai laptop anda akan cepat panas, dan ini juga bisa menyebabkan semua komponen bekerja ekstra tanpa henti.

Contohnya saja seperti Manusia yang disuruh makan terus sambil bekerja, lama kelamaan maka juga akan lelah. Jadi ada waktunya makan, ada waktunya bekerja, tidak semua dilakukan bersamaan.

Maka dari itu, jika ingin mengecas, lakukan setelah semua pekerjaan selesai, dan laptop dalam keadaan mati.

8. Gunakan Software Utility

utility software

Cara terakhir silahkan gunakan perangkat lunak utility. Mungkin diantara anda bertanya-tanya apa sih fungsinya perangkat lunak utility ini?, jadi ini berfungsi sebagai pemantau suhu yang dihasilkan oleh perangkat keras tersebut.

Beberapa program perangkat lunak utility menawarkan fitur pemantau tersebut agar laptop anda tidak cepat panas. Apabila sudah agak mulai panas, maka anda tinggal mematikan laptop.

Nah, setelah membaca cara mengatasi laptop cepat panas, semoga anda bisa lebih bijak menggunakan laptop. Dan semoga permasalahan panas di laptop anda bisa teratasi, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar