5 Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka – Google form sekarang ini merupakan salah satu tools paling populer yang berfungsi untuk membuat survey, jajak pendapat, dan hal lainnya seputar kuesioner.

Tools ini bisa kita gunakan secara gratis baik di PC/Laptop maupun Ponsel. Banyak fitur yang ada pada tools ini, seperti menambahkan pilihan ganda, dropdown, checkbox, dan masih banyak lagi.

Semua orang bisa membuat kuesioner di google form, namun tidak semua orang bisa membuka google form orang lain. Ada fitur pembatasan yang mungkin hanya beberapa orang yang bisa membukanya.

Selain itu ada masalah lain yang mengakibatkan tidak semua orang bisa membuka form yang telah dibuat. Untuk mengatasi hal tersebut, pada artikel ini akan saya jelaskan cara mengatasinya. Simak baik-baik ya!.

Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

1. Menghapus Cache, History Browser, dan Cookie

Pertama, anda bisa mengatasinya dengan menghapus cache dan history pada browser. Jika anda menggunakan google chrome, berikut cara menghapus cache dan historynya :

  • Buka Google Chrome di PC/Laptop anda.
  • Klik ikon titik tiga yang ada di bagian atas, kemudian pilih Setelan.
  • Pilih Privasi dan Keamanan > klik Hapus Data Penjelajahan.
  • Klik tab Lanjutan dan Rentang Waktu, pilih Semua.
  • Klik Hapus Data untuk menghapus keseluruhan data history, cache dan cookies.hapus data chrome
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai.
  • Tutup browser dan buka kembali. Selesai.
  • Setelah itu coba buka link google form yang tidak bisa anda buka sebelumnya.

Jika anda menggunakan browser selain Chrome, cara penghapusan datanya hampir sama dengan di atas, tidak perlu khawatir. Meskipun berbeda, perbedaannya tidak terlalu jauh.

2. Pastikan Anda Memiliki Akses ke Google Form

Anda juga harus memastikan bahwa anda memiliki akses ke form tersebut, karena biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya.

Contohnya, Anda mendapatkan tugas dari kantor, kemudian pihak kantor menambahkan akun Gmail Anda agar bisa mengakses form tersebut. Dapat disimpulkan bahwa hanya akun yang sudah mendapatkan akses saja yang bisa membuka file tersebut.

Jika Anda login dengan akun Google yang benar, anda pasti bisa membuka form tersebut. Dan jika anda login dengan akun yang salah, maka anda tidak bisa mengakses link google form tersebut.

Baca Juga :

3. Update Browser

Anda juga harus mengupdate browser ke versi terbaru agar bisa membuka link google form yang error sebelumnya. Karena bisa saja error tersebut terjadi akibat browser anda tidak diperbarui.

Untuk PC, biasanya browser akan diperbarui secara otomatis, namun untuk versi android, anda bisa memperbaruinya di play store.

4. Pastikan Link Tidak Expired

link expired

Link google form juga memiliki masa expired, yang tidak bisa dibuka dalam rentan waktu tertentu. Untuk mengatasi hal ini, anda yang ingin membuka form tersebut harus meminta link baru kepada pembuat kuesioner google form.

5. Hapus Aplikasi yang Sekiranya Berhubungan

Ada sebagian kasus, yakni ketika membuka link Google Form melalui aplikasi WhatsApp. Bukannya langsung menuju browser Chrome, namun justru membuka WPS Office.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kembali aplikasi mana yang Anda hubungkan untuk membuka link Google Form. Hapus aplikasi yang sekiranya menjadi masalah dalam membuka link Google Form, caranya :

  • Buka Pengaturan > Aplikasi & Notifikasi > Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang menjadi masalah.
  • Hapus instalasi untuk menghapus aplikasi.
  • Selesai.

Setelah membaca cara mengatasi link google form yang tidak bisa dibuka di atas, saya berharap anda tidak lagi kesulitan menghadapi permasalahan ini. Jika ada poin lainnya yang anda tau bisa mengatasi masalah ini, informasikan ke saya ya!, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *