Cara Mengatasi PPSSPP Keluar Sendiri

Kayeols

Hai, kalian suka main game PSP? Kalau iya, pasti kalian pengen banget bisa main game PSP di smartphone Android kalian, kan?

Tapi, gimana caranya? Apa perlu beli konsol PSP yang mahal? Tentu saja tidak! Kalian bisa memainkan game PSP di Android dengan menggunakan emulator PPSSPP. Emulator PPSSPP adalah aplikasi yang bisa menjalankan game PSP di Android dengan kualitas grafis yang bagus dan lancar.

Tapi, sayangnya, PPSSPP tidak selalu berjalan mulus. Kadang-kadang, PPSSPP bisa keluar sendiri atau force close saat kalian sedang asyik main game.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat kalian kesal, kan? Apalagi kalau kalian belum sempat menyimpan game kalian. Kalian bisa kehilangan progres game kalian yang sudah susah payah kalian capai.

Mengatasi PPSSPP Keluar Sendiri

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kalian harus tahu cara mengatasi PPSSPP keluar sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah beberapa cara yang saya rangkum dari hasil pencarian web.

1. Uninstall Android System WebView

Android System WebView adalah komponen sistem Android yang memungkinkan aplikasi untuk menampilkan konten web di dalam aplikasi. Android System WebView biasanya terupdate secara otomatis melalui Google Play Store. Namun, terkadang update ini bisa menyebabkan masalah kompatibilitas dengan aplikasi lain, termasuk PPSSPP.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba untuk uninstall Android System WebView dari smartphone kalian.

Uninstall di sini bukan berarti menghapus Android System WebView sampai hilang dari smartphone. Yang dimaksud adalah hanya menghapus update yang sudah dilakukan supaya aplikasi kembali ke awal seperti saat pertama kalian membeli smartphone tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan Android.
  • Lalu pilih dan klik Manajer aplikasi.
  • Kemudian pilih Android System WebView.
  • Setelah itu klik tombol Hapus Pembaruan.
  • Selesai.
Baca Juga:  Game PPSSPP Spider Man 3 file Iso

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara ini bertujuan untuk mereset kembali pengaturan dan menghapus data yang sudah tersimpan di PPSSPP.

Dengan demikian, akan berdampak semua pengaturan akan kembali ke awal dan data game pun akan terhapus.

Untuk cara yang satu ini, yang paling penting adalah pastikan backup data dari setiap game PSP yang sudah terpasang agar mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan juga tidak rugi jika data di game sudah banyak namun akan terhapus sia-sia jika tidak di backup.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Lalu pilih dan klik Manajer aplikasi.
  • Pilih PPSSPP.
  • Selanjutnya pilih dan klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Update Aplikasi PPSSPP

Update atau memperbarui difungsikan untuk menaikkan versi juga pengembang biasanya akan menambah fitur dan melakukan pengembangan fitur supaya lebih baik sehingga para pengguna akan merasa puas.

Setiap kali merilis versi terbaru, pastinya soal bug fixing dan keamanan akan menjadi lebih baik. Dengan memperbarui PPSSPP ke versi terbaru, maka diharapkan dapat mengatasi masalah force close ini karena pembaruan tersebut biasanya menuju ke versi yang terbaru dan diharapkan bisa melakukan perbaikan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Play Store.
  • Lalu pilih dan klik Menu yang ada di pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih dan klik Aplikasi & Game Saya.
  • Selanjutnya pilih dan klik Perbarui Semua.
  • Tunggu sampai proses update selesai.

4. Downgrade Aplikasi PPSSPP

Downgrade atau menurunkan versi difungsikan untuk kembali ke versi sebelumnya yang dianggap lebih stabil dan tidak bermasalah. Jika update tidak membantu, kalian bisa mencoba untuk downgrade PPSSPP ke versi sebelumnya yang sudah terbukti bekerja dengan baik. Namun, untuk melakukan downgrade, kalian harus menghapus aplikasi PPSSPP yang sudah terpasang dan menginstal ulang aplikasi PPSSPP versi lama yang kalian inginkan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Lalu pilih dan klik Manajer aplikasi.
  • Pilih PPSSPP.
  • Selanjutnya pilih dan klik Uninstall.
  • Setelah itu, buka browser dan cari file APK PPSSPP versi lama yang kalian inginkan. Kalian bisa mencari file APK PPSSPP.
  • Setelah kalian menemukan file APK PPSSPP yang kalian inginkan, kalian bisa mengunduh dan menginstalnya dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar.

5 Cara Memasang Game PPSSPP dengan ZArchiver

5. Sesuaikan Pengaturan

Cara ini bertujuan untuk menyesuaikan pengaturan PPSSPP sesuai dengan spesifikasi smartphone dan game yang kalian mainkan. Pengaturan PPSSPP yang terlalu tinggi atau tidak sesuai bisa menyebabkan PPSSPP menjadi berat dan keluar sendiri. Kalian harus mengetahui spesifikasi smartphone kalian dan game yang kalian mainkan agar bisa menentukan pengaturan PPSSPP yang optimal.

Baca Juga:  Download OBB BUSSID 3.7.1 Terbaru

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi PPSSPP.
  • Lalu pilih dan klik Pengaturan.
  • Kemudian pilih dan klik Grafis.
  • Selanjutnya, sesuaikan pengaturan grafis sesuai dengan kebutuhan kalian. Beberapa pengaturan grafis yang bisa kalian ubah adalah:
Table

PengaturanFungsiRekomendasi
Mode RenderingMenentukan cara PPSSPP menampilkan grafis game.Pilih Buffered Rendering untuk kualitas grafis yang baik, atau pilih Non-Buffered Rendering untuk performa yang cepat.
Simpan Auto FrameMenentukan apakah PPSSPP akan menyesuaikan frame rate game secara otomatis.Pilih On untuk mengurangi lag, atau pilih Off untuk kualitas grafis yang lebih baik.
Resolusi LayarMenentukan resolusi layar yang digunakan PPSSPP.Pilih 1x PSP untuk resolusi standar, atau pilih 2x PSP atau lebih untuk resolusi yang lebih tinggi.
Skala TeksturMenentukan kualitas tekstur yang digunakan PPSSPP.Pilih Off untuk kualitas tekstur standar, atau pilih 2

Setelah kalian memilih opsi ekstraksi yang kalian inginkan, kalian akan melihat proses ekstraksi yang berlangsung di aplikasi ZArchiver.

Proses ekstraksi bisa memakan waktu beberapa menit atau bahkan jam, tergantung pada ukuran file game PSP yang kalian ekstrak. Kalian harus bersabar dan tidak menutup aplikasi ZArchiver selama proses ekstraksi berlangsung.

6. Buka Emulator PPSSPP dan Temukan File Game PSP (ISO/CSO)

Saatnya memulai aksi seru di emulator PPSSPP! Caranya simpel banget, kok. Kamu tinggal pencet ikon PPSSPP di layar utama Android kamu.

Baca Juga:  7 Aplikasi Pendukung Gaming Untuk Meningkatkan Performa Ngegame

Nanti, muncul deh tampilan keren dari emulator PPSSPP dengan daftar game PSP yang udah pernah kamu mainin sebelumnya. Oiya, kalo kamu mau balik ke layar utama, tinggal pencet tombol “Home” di emulator PPSSPP, ya.

Selanjutnya, biar makin seru, kamu cari file game PSP yang udah kamu ekstrak. Caranya, pencet tombol “Game” yang ada di layar utama emulator PPSSPP. Di situ, kamu bakal lihat daftar folder dan file di Android kamu. Jangan khawatir, tinggal pakai tombol navigasi di emulator PPSSPP, kamu udah bisa nyari folder tempat kamu ekstrak file game PSP tadi.

Kalau udah ketemu, buka folder tersebut dengan mengetuk namanya. Nah, sekarang kamu bisa melihat daftar file di dalam folder itu. Cari file game PSP yang udah kamu ekstrak, ya. Biasanya, nama file tersebut sesuai dengan judul game dan berformat ISO atau CSO.

Setelah ketemu, tekan file game tersebut untuk memulai petualangan seru di emulator PPSSPP. Tunggu sebentar, ya, sampai muncul layar loading dengan logo PPSSPP dan nama game-nya. Setelah itu, selamat! Kamu sudah masuk ke dalam menu utama game. Kamu bisa atur segala pengaturan sesuai selera, mulai dari grafis, suara, kontrol, dan sebagainya. Oh iya, jangan lupa pakai fitur save state dan load state untuk menyimpan dan melanjutkan permainan kapan pun kamu mau.

Dinosaur game dan Cara mainnya online maupun memakai Aplikasi

Penutup

Selamat, kalian sudah berhasil memasang game PPSSPP dengan ZArchiver! Kalian bisa menikmati game PSP di smartphone Android kalian dengan mudah dan nyaman. Kalian juga bisa memasang game PSP lainnya dengan mengulangi langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Kalian bisa mencoba game PSP yang berbeda-beda untuk menambah koleksi dan pengalaman kalian.

Sekian artikel yang saya buat tentang cara memasang game PPSSPP dengan ZArchiver. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu ketika memainkan game PSP di Android. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka main game PSP. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.