5 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Ketika Beraktivitas 100% Ampuh

Kayeols

5 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Ketika Beraktivitas 100% Ampuh – Kantuk atau mengantuk memang salah satu respon alami tubuh yang dirasakan semua orang, dimana kondisi ini membuat seseorang merasa ingin tidur. Hal ini karena rasa kantuk itu merupakan akibat dari tubuh yang kurang tidur. Rasa kantuk bisa timbul kapan saja termasuk ketika belajar, di kantor, saat berkendara, di tempat umum dan lain-lain. Cara mengatasi rasa ngantuk menjadi salah satu hal yang harus diketahui agar Anda dapat mencegah ataupun mengatasinya.

Sebab rasa kantuk yang timbul ketika beraktifitas sangatlah mengganggu. Hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kurangnya produktifitas kerja, kesulitan untuk fokus, mempengaruhi emosi, bahkan yang paling fatal yaitu bisa menyebabkan kecelakaan ketika kantuk timbul saat Anda berkendara. Oleh sebab itu pada artikel ini akan kami berikan cara mengatasi rasa ngantuk beserta bagaimana mencegahnya.

A. Cara Mengatasi Rasa Ngantuk

1. Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Dengan Mendengarkan Musik

Ketika Anda di kantor atau sedang mengerjakan suatu hal dan datang rasa ngantuk maka Anda bisa mendengarkan musik agar suasana tidak membosankan dan membuat kantuk. Selain itu mendengarkan musik juga mampu meningkatkan konsentrasi seseorang.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti Dengan Cepat & Ampuh

Ini dibuktikan dengan sebuah penelitian di Taiwan yang menyatakan bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum ujian lebih memiliki level  konsentrasi yang tinggi. Mendengarkan musik favorite juga akan meningkatkan mood seseorang, sehingga rasa bosan, jenus dan kantuk akan hilang dengan sendiri.

2. Sarapan Pagi

Ketika akan melakukan aktifitas di luar rumah seperti bekerja atau sekolah maka sangat dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan selain baik untuk kesehatan ternyata juga bisa menjadi cara mengatasi rasa ngantuk.

Ketika beraktifitas maka tubuh memerlukan banyak energi, jika Anda sarapan maka kebutuhan energi dalam tubuh dapat terpenuhi. Dengan begitu tubuh bisa melakukan metabolisme dengan maksimal sehingga tidak akan menimbulkan rasa ngantuk.

3. Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Dengan Banyak Bergerak

olahraga

Kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak memang lebih mudah merasa kantuk. Maka tak heran rasa kantuk sering timbul pada mereka yang banyak beraktifitas di depan computer atau di meja receptionist. Maka salah satu cara untuk mengatasi rasa kantuk ini Anda bisa memberikan ruang gerak bagi tubuh Anda sendiri.

Baca Juga:  2 Cara Burning File Ke CD/DVD Dengan Mudah & Cepat

Anda bisa berjalan-jalan sebentar di lingkungan kantor atau sekedar melakukan beberapa gerakan ringan agar dapat melancarkan peredaran darah dan mendapat udara segar sehingga rasa kantuk akan hilang.

4. Banyak Minum Air Putih

Kantuk tidak hanya disebabkan karena kurangnya tidur, namun juga kurangnya oksigen di dalam otak. Untuk mengatasi masalah ini maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk banyak minum air putih. Tubuh yang cukup terpenuhi air putih maka aliran darah juga menjadi lancar sehingga oksigen dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Kebutuhan air putih setiap orang berbeda. Namun pada umumnya 8 gelas atau 2 liter per hari. Agar tidak merasa ngantuk ketika bekerja maka Anda bisa membawa air putih sendiri untuk diminum secara teratur agar terhindar dari rasa kantuk.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Mudah & Cepat.

5. Konsumsi Kafein

ngopi

Bagi sebagian orang cara-cara di atas mungkin kurang ampuh dalam mengatasi rasa kantuk. Maka cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk yaitu dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Anda bisa meminum kopi, the atau minuman lain yang mengandung kafeein yang aman dikonsumsi. Kafein dapat berfungsi meningkatkan produksi adrenalin serta menghambat zat kimia yang dapat menyebabkan kantuk.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Merk Printer Terbaik Kualitasnya & Paling Bagus 2021

B. Cara Mencegah Rasa Kantuk

Mengantuk memang tidak dapat diprediksi. Kondisi ini sering datang disaat yang tidak tepat. Oleh karenanya agar rasa kantuk tidak mengganggu aktifitas Anda maka sebaiknya cegah rasa kantuk dengan beberapa hal berikut ini.

1. Menjaga Pola Tidur

pola tidur

Pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8 jam per hari. Namun bisa juga tergantung dengan kebiasaan atau pola tidur Anda. Usahakan agar tetap menjaga waktu tidur Anda, sebab bisasanya saat jam tidur Anda berkurang maka akan mengganggu pola tidur Anda yang dapat menyebabkan kantuk ketika beraktivitas.

2. Menambah Jam Tidur

Jika Anda begadang dan kurang tidur maka ada baiknya Anda mengganti waktu tidur ketika memiliki waktu luang atau saat libur. Menambah jam tidur pada lain waktu dapat dilakukan sebagai ganti jam tidur yang kurang.

3. Mengurangi Kebiasaan Begadang

Begadang memang keadaan yang menyebalkan bagi sebagian besar orang. Sebab aktifitas ini mengganggu jam tidur dan waktu istirahat Anda. maka sebaiknya usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan siang hari sehingga waktu tidur Anda tidak terganggu.

Itulah cara mengatasi rasa kantuk dan bagaimana mencegahnya. Lima cara di atas bisa dilakukan ketika rasa kantuk datang ditengah aktifitas sehari-hari. Jika lima cara-cara di atas tidak dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Sebab rasa kantuk yang muncul setip saat meskipun tidak sedang melakukan aktivitas yang menguras waktu tidur bisa menjadi gangguan kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar