3 Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul Di Laptop

Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul Di Laptop – Hayo disini siapa sih yang gak suka nonton film?, pasti kebanyakan dari kalian suka sekali nonton film. Memang seperti kita ketahui dari tahun ke tahun terjadi perkembangan media perfilman yang sangat luar biasa. Bahkan bisa dibilang perkembangannya pun sangat cepat. Dari yang tadinya cuma sederhana, kini mulai berkembang dengan menggunakan efek-efek CGI.

Apalagi film-film luar negeri yang berani menggelontorkan dana yang tidak sedikit sehingga mampu menghasilkan film yang sangat bagus. Tak hanya itu, drama korea yang terkadang editannya tidak sebanyak film hollywood nyatanya juga sukses menggait para konsumennya. Namun sayangnya semua itu bahasa asing yang digunakan, tentu saja jika tanpa subtitle kita akan sangat kesulitan memahami apa yang dimaksud dalam video.

Namun untuk yang ahli dalam berbagai macam bahasa mungkin tidak akan masalah. Akan tetapi yang tidak mahir dalam bahasa manapun, cuma bisa bahasa Indonesia sama bahasa daerah, pastinya ketika menonton akan kesulitan.

Karena disini sering terjadi masalah dimana subtitle video tidak mau muncul. Tentu saja jika sudah begitu akan menjengkelkan sekali, karena disini kita tidak tahu apa yang dikatakan dan apa yang dimaksudkan. Mending gak nonton film aja jika sudah seperti ini. Namun anda semua tidak perlu khawatir, karena di bawah ini dijelaskan caranya dengan cepat dan mudah.

Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul

1. Masukkan Subtitle Secara Manual

Langkah pertama untuk mengatasi subtitle video yang tidak ada dan tidak mau muncul yakni silahkan coba masukkan substitlenya secara manual. Seperti kita ketahui terkadang untuk beberapa video yang ditemui tidak ada subtitle langsung, jadi antara video dan subtitle file terpisah. Maka dari itu silahkan masukkan secara manual saja. Nah, untuk caranya disini saya akan mencontohkan dengan menggunakan Media Player Classic Home Cinema :

  • Buka videonya, dengan cara Klik Kanan pada video lalu Open With, pilih MPCmedia player classic home cinema
  • Klik File > Subtiles > Load Subtitlesopen subtitle in mpc hc
  • Cari file subtitle SRT yang sesuai dengan video tersebut
  • Klik Open
  • Secara otomatis subtitle akan masuk

Catatan : Dalam beberapa media player pun ada yang support tinggal tarik dan seret ke dalam video. Jadi pertama misalnya anda buka video jumanji, nah silahkan cari saja SRT nya. Jika sudah ketemu maka tinggal klik kiri tahan, lalu seret ke media playernya. Ingat akan tetapi videonya sudah diputar ya, maka secara otomatis akan masuk sendiri subtitlenya.

Baca Juga :

2. Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul Dengan Mengganti Media Playernya

Cara yang kedua yakni silahkan anda ganti media player yang anda gunakan tersebut. Perlu anda ketahui memang terdapat media player yang belum support terhadap subtitle. Maka dari itu silahkan coba satu persatu media player yang anda miliki.

Misalnya jika subtitle tidak bisa digunakan pada media player A, anda bisa menggunakan media player B. Contoh media player video yang support subtitle adalah GOM Player, VLC Player, KM Player, Windows Media Player. Jika masih tidak bisa muncul subtitle nya silahkan coba cara di bawah ini.

3. Repair Video Bermasalah

repair video

Seharusnya menggunakan cara pertama tadi sudah bisa menambahkan subtitle yang ada di video anda tersebut. Akan tetapi beberapa video error dikarenakan berbagai macam penyebab, seperti error, crash, corrupt download, corrupt transfer dan masih banyak lagi. Disini anda bisa download ulang apabila memang terdapat kesalahan saat download. Serta anda juga bisa memperbaiki video secara manual dengan memanfaatkan software di bawah ini :

  • Stellar Video Repair
  • Yodot AVI Repair
  • Video Repair Tool
  • Digital Video Repair

Jadi pokoknya anda manfaatkan software tersebut untuk mengatasi permasalahan substitle yang gak mau muncul. Sekian tutorial ini, semoga dengan menggunakan cara ini anda berhasil menampilkan subtitle yang tidak mau tampil. Semoga bermanfaat untuk anda, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *