5 Cara Mengatasi Windows Failed To Start Dengan Mudah

Cara Mengatasi Windows Failed To Start Dengan Mudah – Mungkin diantara banyak tugas, entah itu tugas sekolah, kampus, atau kantor, baru nyalain komputer atau laptop malah error. Tiba tiba ketika pada saat proses booting windows memberikan sebuah pesan yang berbunyi seperti ini “Windows Failed To Star“.

Apabila sudah muncul pesan seperti itu tentu saja kita akan mengalami sedikit kesulitan untuk masuk ke windowsnya langsung. Secara otomatis kita juga tidak bisa mengerjakan tugas tugas kita, padahal mungkin saja deadlinenya sebentar lagi.

Jika sudah seperti ini maka anda bisa panic dan mungkin pinjam laptop teman, ya kalau data ada di flashdisk, coba kalau gak ada?, Maka mau gak mau anda harus benahi masalah tersebut. Biasanya orang-orang mencoba untuk mengatasinya dengan cara pencet tombol restart ataupun matikan laptop dan nyalakan kembali. Padahal nanti akan muncul halaman itu saja dan stuck di situ terus.

Maka dari itu silahkan anda simak saja cara di bawah ini, dimana cara di bawah ini sangat rekomended untuk dicoba, dan yang paling penting anda tidak perlu membayar untuk hal ini. Silahkan langsung cekidot saja.

Cara Mengatasi Windows Failed To Start

Sebelum dijelaskan cara mengatasinya disini akan diberitahu kenapa kok bisa seperti itu, jadinya kemungkinan terdapat data yang rusak ataup corrupt pada sistem yang terdapat di laptop atau anda. Jadi itu kurang lebih penyebabnya, untuk lebih jelasnya karena bisa juga disebabkan oleh virus.

1. Gunakan Opsi Last Known Good Configuration (Advanced)

Last Known Good Configuration

Cara pertama untuk mengatasi windows failed to star, anda bisa menggunakan opsi last known good configuration. Bagi pemula pastinya sangat bingung dengan fitur ini. Sebenarnya ini bukan fitur sih cuma lebih ke kata kata yang muncul pada halamann error windows failed to star.

Jadi silahkan anda bisa mengarahkan dengan menggunakan keyboard anda setelah itu jika sudah pas silahkan klik enter. Seperti anda ketahui bahwa dari bahasa inggrisnya saja intinya memiliki arti kembalikan settingan ke awal pengaturan. Jadi kembali ke settingan pertama, maka biasanya akan normal kembali.

2. Cara Mengatasi Windows Failed To Start Dengan Memanfaatkan System Restore

Cara yang kedua yakni anda bisa memanfaatkan system restore. Bagi anda yang belum tahu apa itu restore, jadi intinya untuk mengembalikan keadaan seperti semula sebelum error. Misalnya saja digambarkan seperti ini, kemarin kondisi masih normal dan besok malah rusak, maka dari itu kembalikan settingan seperti kemarin yang dimana kondisinya masih normal.

Untuk caranya sendiri yakni ketika pada saat anda menyalakan setelah itu sebelum windows failed to start muncul, maka silahkan disitu anda memencet tombol f7 dan f8 pada keyboard hingga muncul pilihan repair your computer.

Berikutnya silahkan anda tinggal mencari saja restore pointnya yang sudah tersedia. Maka dari itu silahkan anda coba terlebih dahulu saja karena tidak semua merk laptop memiliki menu repair computer.

Baca Juga :

3. Perbaiki File Boot Dengan DVD Instalasi Original

Jika windows anda error pada saat booting, mungkin yang rusak adalah file boot yang anda di sistem windows anda. Untuk mengatasinya juga sangat mudah, anda bisa menggunakan DVD instalasi saat anda menginstal windows/dvd bawaan beli laptop. Untuk caranya :

  • Pertama anda setting ke menu Setting Boot, Ubah Boot Priority ke DVD/CD-ROMboot priority
  • Masukkan DVD instalasi kemudian klik Save Changes & Restart Computer.
  • Nanti ada Click Any Button To Instal With CD, klik terserah.
  • Di jendela instalasi ada banyak pilihan, pilih yang Repair Your Computerrepair your computer
  • Maka akan ada CMD/Command Prompt, buka kemudian masukkan :
    • bootrec /FixMbr > Tekan Enter
    • bootrec /FixBoot > Tekan Enter
    • bootrec /ScanOs > Tekan Enter
    • bootrec /rebuildBcd > Tekan Enter
  • Jika sudah kemudian tutup jendela instalasi dan matikan komputer. Ambil DVD instalasi kemudian nyalakan laptop anda kembali.

4. Install Ulang Windows

Cara berikutnya jika cara ketiga tidak bisa, silahkan anda install ulang sistem operasinya. Dengan catatan, data-data anda pastinya tidak terdapat di file localdisk c ya, karena kalau di sistem pasti akan hilang. Disini anda harus menyediakan flashdisk ataupun dvd yang terdapat file windows ataupun file yang terdapat software installan windows.

Setelah itu silahkan install seperti biasanya. Maka secara otomatis akan normal kembali dan tidak mengalami masalah windows failed to start.

5. Terakhir, Bawa Ke Servis

Jika keempat cara di atas masih tidak bisa, bawa ke servis komputer saja, jangan diutak atik jika anda memang tidak bisa, karea mungkin saja ada kerusakan pada hardwarenya, mungkin ya. Untuk mencegah kerusakan lebih parah lagi.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi windows failed to start. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, dan semoga permasalahan yang anda alami teratasi. Sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar