5 Penyebab Ponsel Meledak Dan 4 Cara Mengecas Hp Yang Benar

Kayeols

5 Penyebab Ponsel Meledak Dan 4 Cara Mengecas Hp Yang Benar – Kasus smartphone meledak memang bukanlah hal baru yang terjadi. Kejadian ini sempat menghebohkan masyarakat. Bahkan pada beberapa kasus smartphone yang meledak menjadi peyebab kebakaran yang merugikan bahkan mengancam nyawa. Penyebab smartphone meledak itu sendiri dapat berasal dari kecerobohan pemakaian dan bisa juga disebabkan karena perangkat atau komponen smartphone itu sendiri.

Penyebab smartphone meledak ini sudah seharusnya diketahui agar kita semua bisa terhindar dari kasus smartphone meledak yang membahayakan.Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini dewailmu akan berbagi mengenai penyebab smartphone meledak serta cara mengecas hp yang benar. Lebih lanjut akan dibahas berikut ini.

Penyebab Smartphone Meledak

1. Menggunakan Smartphone Saat Sedang Digunakan

Salah satu penyebab smartphone meledak yaitu smartphone tetap digunakan saat sedang dicas. Smartphone yang meledak ketika dicas ini biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas berat misalnya bermain game. Oleh sebab itu untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda sebaiknya matikan smartphone ketika dicas.

Baca Juga:  Cara Menggabungkan Video di Capcut untuk Pemula

2. Overheat

hp overheat

Penyebab selanjutnya yaitu overheat atau keadaan smartphone terlalu panas. Keadaan smartphone yang terlalu panas dapat menyebabkan komponen menjadi rentan dan mudah terbakar. Hal ini terjadi jika perangkat tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Hindari meletakkan smartphone di dalam jok motor dan dibawa saat tidur. Smartphone yang tertindih saat tidur juga akan menyebabkan smartphone kekurangan sirkulasi udara.

3. Overcharge

Overcharge atau terlalu berlebihan mengisi baterai merupakan salah satu penyebab smartphone meledak yang sering terjadi. Ini disebabkan karena aliran listrik yang terisi ke baterai terlalu banyak sehingga daya listrik yang terisi terlalu berlebihan. Pada kasus yang lebih parah overcharge juga bisa menyebabkan smartphone terbakar.

4. Meletakkan Smartphone Didekat Sumber Panas

sumber panas

Masih ingat dengan kasus Smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang meledak?. Ya, penyebabnya adalah smartphone ini diletakkan di dekat sumber panas. Di dalam smartphone tentu terdapat komponen-komponen seperti elektroda pada baterai. Komponen ini memiliki sifat mudah terbakar. Apabila smartphone diletakkan di dekat sumber panas maka bisa menyebabkan arus pendek dan menyebabkan smartphone meledak.

Baca Juga:  2 Cara Mematikan Auto Correct Keyboard Android & iPhone

5. Kerusakan Pada Baterai

Kerusakan pada baterai juga bisa menyebabkan smartphone meledak. Biasanya umur baterai yang sudah terlalu tua atau keadaan baterai yang sudah bocor dapat menyebabkan baterai menggembung. Keadaan baterai yang seperti ini juga bisa memicu kerusakan pada smartphone bahkan dapat membuat smartphone meledak saat dicharge.

Penyebab smartphone meledak di atas merupakan penyebab yang sering dialami masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut maka sudah semestinya kita lebih memperhatikan dalam menggunakan smartphone. Berikut ini kami berikan beberapa tips mengecas smartphone yang benar agar terhindar dari kerusakan dan smartphone yang meledak.

Baca Juga : Jangan Cepat Panik Jika Ponsel Anda Panas. Lakukan Saja Hal Berikut Ini!.

Cara Mengecas Hp Yang Benar

1. Cara Mengecas Hp Yang Benar Dengan Mematikan Smartphone

hp dicas

Mematikan smartphone ketika sedang mengecas menguntungkan bagi kita. Pasalnya smartphone yang dicas pada kondisi mati maka daya batreai yang masuk lebih cepat, sehingga daya akan cepat penuh. Selain itu mematikan smartphone juga berarti kita memberikan waktu bagi smartphone untuk beristirahat.

Baca Juga:  Spesifikasi Vivo V15 Pro, Review Lengkap

2. Cara Mengecas Hp Yang Benar Dengan Mencabut Ketika Baterai Sudah 100%

Apabila baterai smartphone yang dicas telah mencapai 100% maka segera cabut. Upayakan jangan mengecas terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan kelebihan daya pada baterai dan dapat menyebabkan kerusakan hingga menyebabkan smartphone meledak.

3. Cara Mengecas Hp Yang Benar Dengan Menggunakan Charge Original

original samsung charger

Menggunakan charge smartphone original merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada smartphone. Charge original telah dibuat sedemikian khusus sesuai dengan kebutuhan daya baterai smartphone. Sehingga menggunakan charge original akan lebih aman dan terjamin.

4. Letakkan Smartphone Di Tempat Yang Memiliki Sirkulasi Udara Cukup Saat Dicas

Tujuan meletakkan smartphone di tempat yang cukup memiliki sirkulasi udara saat dicas adalah agar smartphone tidak overheat. Beberapa smartphone ada yang menjadi panas ketika dicas. Untuk mengurangi panas pada body smartphone maka sebaiknya letakkan smartphone di tempat yang keras dan terhindar dari sumber panas, misalnya di lantai. Selain menghindari overheat cara ini dilakukan agar daya smartphone yang terisi cepat penuh.

Itulah beberapa tips mengecas smartphone yang benar dan penyebab smartphone meledak yang paling umum. Informasi ini diberikan agar Anda terhindar dari kejadian smartphone meledak. Sebab smartphone meledak selain merugikan kita juga merugikan orang lain jika terjadi kebakaran yang lebih parah. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar