oleh

Ponsel Cepat Panas?, Jangan Panik, Ini 5 Tips Mencegah & Mengatasinya

Ponsel Cepat Panas?, Jangan Panik, Ini 5 Tips Mencegah & Mengatasinya – Menggunakan ponsel setiap waktu sudah menjadi kebutuhan. Tak heran jika ini berakibat pada pemakaian yang berlebihan. Pada akhirnya ponsel menjadi cepat panas atau Overheat. Dan akibatnya bisa menimbulkan kerusakan bahkan ledakan. Jika sudah terjadi Anda harus siap-siap service atau beli baru untuk harga yang tak sedikit.

Walaupun tidak bisa dipungkiri jika produsen ponsel sudah memberikan kualitas terbaik untuk setiap produk besutannya. Meningkatkan sistem pendingin agar tidak terjadi ledakan pada ponsel. Namun jika para penggunanaya tidak bisa mengontrol pemakaian maka hal seperti ini bukan tidak mungkin terjadi begitu saja.

Jika Ponsel Cepat Panas, Berikut Beberapa Tips Mencegah & Mengatasinya

1. Pastikan Aplikasi Dalam Ponsel Tidak Berlebihan

Banyak orang yang mencari ponsel baru melihat seberapa besar kapasitas RAM nya. Ini karena keinginan untuk menyimpan banyak aplikasi di dalamnya. Seperti halnya aplikasi untuk bermain game online. Dimanjakan dengan banyaknya aplikasi yang Anda donwload justru akan membuat ponsel cepat panas.

Kebanyakan yang terjadi ketika beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan. Bahkan bisa jadi proses ini berjalan ketika Anda memulai menghidupkan ponsel. Ini membuat baterai harus ekstra digunakan sehingga menjadi panas. Jadi pastikan jika aplikasi di ponsel Anda hanya untuk hal-hal penting saja.

2. Mencegah Ponsel Cepat Panas Dengan Jangan Charging Ponsel Terlalu Lama

cas ponsel terlalu lama

Ketika baterai ponsel habis Anda pasti akan menchargingnya lalu meninggalkan begitu saja. Bahkan Anda tetap mendiamkannya walaupun baterai sudah terisi penuh sampai 100%. Walaupun ini bentuk ketidaksengajaan tapi jika terjadi berulang-ulang maka ponsel bisa cepat panas.

Juga ketika proses charging ini berlangsung dan ponsel sudah terasa panas maka saatnya anda mengganti kabelnya dengan yang baru. Karena ini berasal dari kabel yang telah usang dan penggunaannya sudah sangat lama.

Baca Juga : Kenapa Hp Anda Mati Sendiri?. Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya.

3. Stop Penggunaan Ponsel Saat Charging

Hal ini sepertinya sudah banyak dilakukan orang-orang. Rasanya tidak ingin meninggalkan ponsel walaupun sedang dicharging. Entah ada sesuatu yang penting atau hal-hal yang menyenangkan. Tahukah Anda jika pemakaian seperti ini membuat ponsel cepat panas?.

Daya baterai akan menjadi lebih lambat untuk penuh. Sedangkan di sisi lain ponsel tetap dapat aliran listrik. Jika tetap dilakukan maka bukan tidak mungkin jika ponsel mengalami overheat. Dan akan cepat mengalami kerusakan. Jadi lebih baik matikan ponsel selama charging.

4. Lepaskan Hardcase

hardcase ponsel

Sebagian orang ada yang menggunakan hardcase sebagai pelindung ponsel atau juga untuk menambah keindahan. Tapi ternyata pemakaian ini bisa menimbulkan panas. Jika Anda memilih hardcase yang tebal akan menghalangi masuknya udara.

Dan ketika ponsel sedang dicharging dan masih menggunakan hardcase maka yang terjadi yaitu bagian dalam menjadi panas sedangkan bagian luar tetap dingin. Sehingga Anda tidak mengetahui kerusakan di dalam sebelum semuanya menjadi overload. Jika ingin tetap menggunakan hardcase pilih yang tepat untuk melindungi ponsel dari dalam dan luarnya.

5. Hentikan Bermain Game Berlebihan

Memang tidak ada yang baik jika melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Termasuk ketika bermain game seharian penuh. Ini banyak dilakukan oleh orang-orang apalagi jika ada game baru yang membuat penasaran jika tidak dimainkan.

Bermain game tanpa memperdulikan penggunaan ponsel akan membuatnya cepat rusak. Karena saat bermain tiga perangkat utama akan memproses ektra besar. Dari mulai CPU, GPU sampai RAM akan mengalami proses secara bersamaan. Dan itulah penyebab ponsel menjadi panas dengan cepat.

Jadi mulailah untuk tetap menjaga penggunaan ponsel Anda dengan baik. Buatlah berbandingan yang sama antara pemakaian dengan waktu istirahatnya. Ini untuk tetap menjaga semua proses di dalamnya berjalan secara teratur. Karena jika di luar batas pemakaian bisa menyebabkan ponsel cepat panas.

Oke, itulah beberapa tips mencegah dan mengatasi ponsel cepat panas dengan mudah. Jika ada tips lainnya yang ingin anda masukkan, anda bisa menempatkannya di kolom komentar. Sekian artikel ini, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *