5 Cara Mengganti Font Android dengan atau tanpa Root

Kayeols

Cara Mengganti Font Android dengan atau tanpa Root – Handphone android memiliki banyak fitur yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun kita berada. Salah satu fitur terbaik handphone android yakni tampilannya yang bisa diubah-ubah.

Misalnya saja kita dapat mengubah rom handphone merk samsung ke custom rom handphone lainnya dengan sesuka hati. Selain itu, kita dapat menambahkan efek animasi dan menu yang berbeda-beda secara manual maupun dengan bantuan aplikasi yang bisa kita dapatkan melalui playstore.

Untuk tampilan, salah satu tampilan yang tidak luput yakni Huruf/Font. Dengan menggunakan aplikasi ataupun secara manual kita dapat merubah jenis huruf yang ada di handphone android. Tetapi untuk merubah font tersebut ada kalanya handphone kita harus mendapatkan akses root.

Namun, untuk handphone merk ternama seperti samsung dan HTC biasanya tidak memerlukan akses root agar handphone bisa diganti font. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, saya akan memberikan panduan cara ganti font android dengan/tanpa root lengkap, ikuti panduannya ya guys!.

Cara Mengganti Font Android dengan Mudah

A. Tanpa Root

1. Menggunakan Setting/Pengaturan Tampilan

Salah satu solusi bagi anda yang ingin mengganti font di handphone android tetapi tidak ingin melakukan root pada handphone kesayangannya karena takut terjadi apa-apa,saya sarankan dengan mengatur font di settingan tampilan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke Setting/Pengaturan handphone android anda masing-masing.
  • Klik lagi Tampilan/Display kemudia gulir ke bawah sampai anda menemukan menu Fonts.
  • Klik menu fonts, kemudian pilih dan atur font sesuka anda.
Baca Juga:  3 Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup Whatsapp Dengan Mudah

2. Dengan Settingan Font Bawaan (Khusus Samsung Phone)

font samsung

  • Masuk ke Setting pada handphone android anda.
  • Gulir ke bawah sampai anda menemukan Device, klik menu tersebut.
  • Pada menu Device gulir ke bawah sampai anda menemukan Fonts, tinggal cari fonts yang ingin anda pakai untuk handphone samsung anda.
  • Pada handphone merk lain memang tidak menyediakan fitur fonts seperti samsung ini, maka dari itu anda bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk mengubah font di handphone android anda masing-masing.

B. Cara Mengganti Font Android dengan Root

Persyaratan

Baca Juga:  10 Aplikasi Untuk Pelajar di Android yang Sangat Penting

1. Menggunakan Aplikasi Fontfix

  • Download aplikasi fontfix di playstore handphone android anda.
  • Jika sudah terinstal kemudian buka aplikasinya.
  • Pada halaman aplikasinya, nanti anda akan menemui banyak font yang bisa anda pilih sesuka hati. Disini banyak sekali kategori font yang disediakan.
  • Anda bisa mengganti kategori font dengan mengklik pada bagian gambar yang sudah saya tunjuk dengan tanda panah kemudian pilih Label, nanti akan keluar beberapa kategori seperti di bawah ini.
  • Jika anda sudah menentukan font mana yang ingin di ganti, klik font tersebut, kemudian klik tanda panah ke bawah/download, ikuti proses selanjutnya untuk menginstal font. fontfix apps
  • Selesai, itulah cara mengganti font android root dengan menggunakan aplikasi fontfix.

2. Menggunakan Aplikasi HiFont

Mengganti font dengan menggunakan aplikasi hifont ini tergantung pada merk handphone. Jika handphone anda merk samsung ataupun HTC, maka tidak perlu melakukan root. Namun jika handphone anda mempunyai merk selain samsung atau HTC, maka perlu melakukan root. Oke, berikut tutorialnya :

  • Download aplikasi hifont di playstore handphone anda.
  • Pilih font yang anda inginkan, unduh filenya kemudian terapkan font tersebut pada handphone anda.
  • Selesai.
Baca Juga:  Takut Hantu, Coba 7 Aplikasi Pendeteksi Hantu Terbaik Di Android Ini!

3. Menggunakan Launcher

Kebanyakan menggunakan launcher harus dengan akses root. Meskipun tidak selengkap custom rom, namun launcher ini cukup bisa membantu anda yang ingin gonta ganti font dengan mudah dan cepat. Gunakan launcher yang mendukung banyak font dan yang pasti gunakan launcher yang support dengan handphone.

Khusus font, gunakan aplikasi go launcher font yang memang merupakan launcher khusus yang menyediakan banyak font di handphone android anda. Namun, ya itu tadi sebisa mungkin anda harus melakukan root di handphone android anda agar tidak terjadi kesalahan sistem.

Pilih Mana, Ganti Font tanpa Root atau dengan Root?

Menurut saya, lebih baik mengganti font dengan menggunakan akses root, karena jika kita mengganti font tanpa menggunakan akses root, biasanya setelah berjalan beberapa waktu akan ada kendala yang ditemui seperti font error dan kembali ke font awal bawaan handphone.

Selain itu, kinerja bisa berjalan lebih maksimal, kita tidak akan menemui hambatan, kerusakan, dan masalah lainnya di kemudian hari. Tapi kembali ke anda lagi ingin memilih cara yang mana.

Pilihlah cara yang menurut anda paling mudah, jika handphone android anda tidak membutuhkan akses root untuk mengganti font, lebih baik jangan diroot. Tetapi jika handphone android anda membutuhkan akses root, maka wajib hukumnya bagi anda melakukan root.

Oke, itulah beberapa cara mengganti font android tanpa root ataupun dengan root. Semoga tutorial ini berhasil anda terapkan pada handphone android dan semoga bermanfaat untuk anda semua. Sekian, terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa berkunjung kembali.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar