Cara Menggunakan Google Maps Offline Android Untuk Navigasi

Cara Menggunakan Google Maps Offline Android Untuk Navigasi – Di era teknologi seperti sekarang ini, semua aktivitas tidak luput dari teknologi itu sendiri. Salah satu teknologi yang memiliki dampak besar kepada kehidupan kita adalah google maps.

Ya, google maps adalah sebuah layanan aplikasi peta milik google yang menyediakan gambaran area di seluruh dunia. Jadi, dengan layanan ini kita bisa dengan mudah mengetahui seluruh lokasi di dunia dengan cepat dan praktis. Selain itu, layanan ini bisa digunakan jika kita bepergian.

Misalnya saja kita ingin berlibur ke tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi dan kita bingung karena tidak tahu arah dan tempat-tempat umum. Nah, kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk pemandu dan navigasi. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara online maupun offline.

Namun jika dalam mode online, layanan ini cukup banyak memakan paket data internet. Lantas bagaimana untuk mengatasi hal tersebut. Ya, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara offline, tetapi dengan beberapa trik. Berikut triknya yang sudah saya tuliskan secara lengkap.

Cara Menggunakan Google Maps Offline Android

  • Buka aplikasi google maps di handphone android anda terlebih dahulu. Jika belum punya anda bisa mendownloadnya di google play store.
  • Pada aplikasinya, klik menu 3 Garis di pojok kiri atas, lalu pilih lagi menu Offline Areas. offline area google maps
  • Nanti akan ada notifikasi bahwa anda diharuskan mendownload file terlebih dahulu untuk menggunakan navigasi secara offline seperti pada gambar di bawah ini.
  • Klik tombol + (Tambah) di pojok bawah.download area google maps
  • Pilih area yang ingin anda download dan ingin digunakan secara offline. Ingat, semakin besar area yang ingin anda jelajahi secara offline, maka semakin besar pula ukurannya. Jadi, memori anda harus benar-benar kosong atau masih memiliki banyak penyimpanan.
  • Setelah menentukan lokasi yang ingin digunakan, kemudian download. Tunggu proses download hingga selesai. Jika anda tidak memiliki paket data untuk mendownload file maps, anda bisa menggunakan sambungan wifi. download area in google maps
  • Jika sudah selesai, anda bisa menggunakan navigasi google maps secara offline, menggunakan navigasi google maps ini memiliki banyak keuntungan diantaranya anda bisa menghemat paket data dan baterai. Karena jika menggunakan google maps secara online akan mengkonsumsi daya baterai berlebihan.
  • Selamat mencoba!!.

Catatan

  • Jika anda menggunakan google maps secara offline maka hanya daerah yang anda download tadi yang bisa anda gunakan.
  • Fitur seperti info lalu lintas, jalur alternatif, area transit publik dan masih banyak lagi tidak bisa diaktifkan pada mode offline.
  • Area yang anda download otomatis akan terhapus secara otomatis selama 30 hari. Jadi, jika sudah habis masanya selama 30 hari, anda wajib mendownloadnya kembali.
  • Pada beberapa handphone android, file maps akan terdownload dan masuk ke penyimpanan telepon. Jadi, memori telepon anda harus memiliki penyimpanan yang besar.

Baca juga cara menggunakan kuota videomax di handphone android sebagai kuota utama.

Cara ini sangat cocok sekali bagi anda yang hemat kuota. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, meskipun dalam keadaan mode pesawat dan sinyal yang lemah anda bisa menggunakan fitur google maps secara offline. Semua handphone android mendukung fitur ini mulai handphone android spesifikasi rendah hingga tinggi.

Oke, itulah artikel singkat mengenai cara menggunakan google maps offline di handphone android untuk tujuan navigasi dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa berkunjung kembali.

Related Posts

About The Author

4 Comments

  1. Khairunnisa
    Juni 26, 2018
    • Wawan Agusti
      Juni 26, 2018
  2. Dyah Yasmina
    Juni 26, 2018
    • Wawan Agusti
      Juni 26, 2018

Add Comment

error: Content is protected !!