17 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone, Ampuh!

Kayeols

Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone, Ampuh! – Semakin banyaknya pengguna perangkat komunikasi seperti smartphone mengakibatkan adanya kemajuan lain, seperti Internet.

Internet ini adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk mengakses informasi, chatting, dan melakukan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, banyak orang ingin kuota internet yang besar agar mampu digunakan berlama-lama untuk internetan. Namun, kuota internet pasti ada batasnya, kecuali wifi.

Ketika internetan, waktu serasa lebih cepat, dan kita tidak menyadari bahwa kuota kita habis. Lalu bagaimana ketika sudah habis?, pastinya kita akan beli lagi, dan ini termasuk pemborosan.

Lalu bagaimana solusinya?. Kita bisa menghemat kuota tersebut sebelum habis. Bicara tentang menghemat kuota internet, berikut daftarnya!.

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone

1. Batasi Penggunaan Data

Hal ini penting sekali, maka dari itu saya meletakkannya pada poin pertama. Mengapa demikian?, jika tidak dibatasi maka aplikasi tersebut akan memakan banyak data internet anda yang menyebabkan pemborosan. Dengan membatasi penggunaan data maka kuota bisa lebih terkontrol.

2. Batasi Penggunaan Data Pada Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Jika kita menyalakan kuota internet, pasti ada aplikasi yang berjalan otomatis seperti adanya notifikasi dari facebook, bbm, instagram, dan sebagainya. Itu adalah background app atau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini merupakan salah satu faktor utama anda kehabisan kuota internet.

Baca Juga:  3 Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi Dengan Mudah Dan Cepat

Untuk mengatasi hal tersebut anda wajib mematikan data latar belakang setiap aplikasi yang memakan kuota paling tinggi. Caranya yakni :

  • Masuk ke Setting.
  • Kemudian pilih menu Data Usage/Penggunaan Data.
  • Cari aplikasi yang memakan banyak kuota kemudian klik pada aplikasi tersebut.
  • Gulir ke bawah dan cari tulisan Batasi penggunaan data di latar belakang kemudian aktifkan. batasi data layar belakang

Dengan demikian aplikasi tersebut tidak akan berjalan di belakang layar dan kuota internet anda tidak akan cepat habis.

3. Kenali Aplikasi Apa Sajakah yang Menyedot Banyak Data

Hal ini wajib anda lakukan jika tidak ingin boros kuota, jika anda bingung aplikasi mana sajakah yang menghabiskan banyak kuota anda bisa menelitinya satu persatu di Data Usage/Penggunaan Data kemudian lihat satu persatu penggunaan data tiap aplikasi. Lakukan penelitian seperti ini sekiranya 1 minggu sekali.

4. Hapus Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota

Setelah melakukan penelitian mengenai aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak kuota, anda bisa uninstal aplikasi tersebut.

Tentu saja ini adalah pilihan anda sendiri, jika aplikasi tersebut memang penting saran saya lebih baik jangan dihapus, namun jika aplikasi tersebut tidak begitu penting maka hapus saja.

5. Hilangkan Update Otomatis Pada Playstore

Tentu saja anda pernah mengalami ponsel android tiba-tiba mengupdate aplikasi secara otomatis ketika menyalakan kuota internet. Hal ini bisa menyedot banyak kuota.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menghentikan update aplikasi secara otomatis tersebut, atau anda bisa setting download aplikasi otomatis menggunakan wifi, caranya yakni :

  • Masuk ke Playstore. 
  • Kemudian klik pada menu Option.
  • Pada menu option, gulir ke bawah dan temukan dan klik Setelan. 
  • Pada setelan klik pada Update aplikasi secara otomatis.
  • Nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini update playstore
  • Jangan update aplikasi secara otomatis atau Update aplikasi secara otomatis hanya melalui wifi.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Filter Instagram Yang Tidak Muncul

6. Pakai Browser yang Efisien

Untuk tips ke 6 ini mungkin selera tiap orang beda ya, saya sendiri senang menggunakan chrome browser, dikarenakan gambar yang dimuat bisa lebih cepat dan ada fitur menghemat kuota. Mungkin anda juga bisa menggunakan chrome untuk tips yang satu ini

7. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Fungsi dari sinkronisasi otomatis yakni untuk mensinkronkan atau mencocokkan data suatu akun sesaat akun tersebut dimasukkan ke smartphone. Kita bisa mencocokkan akun tersebut secara manual dan otomatis, namun jika tidak ingin repot-repot, kita bisa menggunakan sinkronisasi otomatis.

Ada kelebihan dan kekurangan dari sinkronisasi otomatis, untuk kelebihannya kita tidak perlu mencocokkan akun secara manual, untuk kekurangannya memang memakan banyak kuota. Nah, untuk menghemat kuota internet anda wajib mematikan fitur auto sinkronisasi, caranya yakni :

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan cari Akun/Account, jika sudah ketemu kemudian klik.
  • Klik pada Account Option, disitu ada tulisan Sinkronisasi Otomatis Data.
  • Hilangkan centang pada pilihan tersebut. auto sinkron android
  • Selesai.

8. Gunakan Facebook Lite

Nah, yang suka main facebook wajib pakai aplikasi facebook ini. Facebook Lite ini merupakan aplikasi andalan yang bisa anda gunakan untuk main facebook tanpa menguras banyak data. Memang tidak se kompleks facebook versi asli, namun facebook lite tidak kalah bagusnya dengan yang asli.

9. Kurangi Penggunaan Data Untuk Hotspot

Jika anda suka main hotspot atau membagikan data anda ke handphone lain saya rasa kebiasaan tersebut merupakan salah satu pemborosan.

Baca Juga:  Tutorial Download Video Tik Tok Tanpa Watermark Gratis!

Saran saya kurangi kebiasaan tersebut agar kuota internet anda tidak terlalu boros, apalagi jika membagikan kuota ke lebih dari 1 handphone.

10. Kurangi Main Game Online

Memang main game mengasyikkan, apalagi game online. Sensasi melawan seluruh pemain di dunia memang sangat mendebarkan, namun jika melihat efek samping  penggunaan kuota internet saya jamin akan banyak terkuras.

Jika anda main game online seperti clash of clans mungkin tidak memakan banyak kuota, namun jika anda memainkan game sekelas mobile legends pasti memakan banyak kuota. Kurangi kebiasaan tersebut, jika frekuensi anda bermain sehari bisa sampai 10 kali, kurangi frekuensinya hingga menjadi 7 kali sehari.

11. Aktifkan Fitur Data Saver Pada Browser Ketika Browsing

Jika anda menggunakan browser google chrome, pastinya anda mengetahui fitur data saver yang satu ini. Fitur ini dapat menghemat penggunaan data anda hingga 50%. Untuk menggunakan fitur ini caranya sangat mudah, cukup ikuti tutorial berikut :

  • Buka aplikasi google chrome di smartphone anda.
  • Klik icon titik tiga/option, kemudian klik Setting/Setelan.
  • Selanjutnya klik menu Advance > Reduce Data Usage. cara menghemat kuota internet chrome data saver
  • Anda akan dimasukkan ke Data Saver, centang data saver untuk mengaktifkan fiturnya.

Selain beberapa tips di atas, masih ada banyak lagi cara menghemat kuota internet yang tidak kalah penting. Berikut beberapa tips tersebut :

  1. Blokir iklan yang mengganggu.
  2. Gunakan SSH dan http injector untuk internetan gratis, berikut cara menggunakan ssh dan http injector untuk internetan gratis.
  3. Menggunakan aplikasi penghemat kuota.
  4. Gunakan aplikasi mailbox untuk email.
  5. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi.
  6. Jangan sering streaming di youtube.

Itulah beberapa cara menghemat kuota internet yang bisa kita coba pada smartphone. Mungkin masih ada banyak cara yang bisa kita temukan, anda juga dapat mengakses internet gratis melalui tutorial yang beredar di internet.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita, hematlah kuota internet karena jika hemat maka uang anda dapat digunakan untuk kepentingan lain yang lebih penting. Sekian, terima kasih atas kunjungannya. Jika ada bagian yang kurang jelas anda dapat memasukkan komentar di akhir postingan ini.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar