6 Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Belajar, Ayo Lakukan!

6 Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Belajar, Ayo Lakukan! – Memang terkadang ketika kita belajar terlalu lama ataupun dengan durasi yang lama, maka lama-lama rasa malas pun akan keluar. Bisa dibilang itu merupakan hal yang wajar-wajar saja untuk semua orang, namun mungkin anda ada yang berbeda. Dimana ingin belajar terus tanpa stop dikarenakan akan ujian ataupun mau ujian. Sedangkan anda sendiri belum membaca semua materi, pasti gawat banget kan apabila ada ujian kita tidak tahu materi. Bisa bisa nilai jadi anjlok dan turun drastis.

Maka dari itu banyak yang memaksa untuk belajar seharian nonstop demi mengejar materi yang belum sempat terbaca. Bisa dibilang untuk mengejar materi seharian ini atau biasa disebut dengan SKS (SISTEM KEBUT SEMALAM). Sudah 12 tahun admin menjadi siswa, memang sistem seperti itu diterapkan mulai dari sd klas 6 hingga SMA. Memang menjadi tantangan tersendiri apabila menggunakan metode seperti itu.

Akan tetapi jangan ditiru ya, kan setiap orang memiliki karakter masing-masing dan cara tersendiri. Untuk admin sendiri menggunakan sistem sks tersebut alhamdulilah malah bisa semua dalam menjawab soal. Jadi kemungkinan besar admin memang memiliki gaya belajar seperti itu. Nah untuk kalian yang sekira tidak seperti itu gaya belajarnya jangan ditiru ya.

Memang musuh yang paling berat ketika untuk belajar seharian nonstop yakni malas. Eits namun mimin memiliki sebuah tips untuk mengatasi malas saat belajar dengan ampuh. Dan bakal bikin kamu semangat belajar walaupun seharian full nonstop. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi malas saat belajar?, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Belajar

1. Perbanyak Motivasi

motivasi belajar

Cara pertama untuk hilangkan rasa malas yang seketika muncul ketika proses belajar yaitu silahkan perbanyak motivasi. Motivasi itu sendiri bisa anda dapatkan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Misalnya saja anda bisa mendapatkan motivasi dari orang lain lewat youtube ataupun motivasi teman anda, dan masih banyak lainnya. Tanamkan motivasi tersebut hingga anda benar-benar hilang rasa malasnya.

Memang untuk sebuah motivasi harus ditanamkan setiap hari, karena memang motivasi itu dapat membuat semangat hanya sesaat, setelah itu hilang lagi. Jadi harus rajin-rajin memperbanyak motivasi diri.

2. Buat Sebuah Target

Untuk sebagian orang menganggap bahwa sebuah cita-cita itu datang dengan sendirinya dan bilang kaya gini “mengalir aja”. Eits padahal salah besar, anda bisa saja tidak sesuai harapan, pasti kalian punyalah sebuah harapan ataupun cita-cita.

Jika hanya mengalir terus, maka mungkin anda akan semakin bermalas-malasan dan tidak tahu arah tujuan hidup. Maka disinilah pentingnya membuat sebuah target, agar nantinya anda tidak bermalas-malasan lagi ketika belajar.

3. Olahraga Teratur dan Makan Makanan Sehat

olahraga teratur

Tips berikutnya mengenai cara mengatasi malas saat belajar yakni olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat. Kebanyakan murid-murid ataupun siswa malas ataupun mengantuk ketika pelajaran dikarenakan malam bergadang serta kurang olahraga.

Bahkan asupan nutrisi juga perlu digaris bawahi. Maka dari itu anda harus jaga olahraga teratur serta makan makanan yang sehat juga agar nantinya rasa malas pun hilang begitu saja.

4. Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Belajar – Jauhkan Ponsel

Ponsel memang terkadang bermanfaat juga untuk membantu proses belajar mengajar. Namun perlu kalian ketahui ponsel juga merupakan pengganggu nomor 1 ketika proses belajar. Apabila ponsel sendiri sudah nyala ataupun ada notifikasi terkadang kita sering kali ingin membuka dan mengetahui apa sih isi notifikasi tadi.

Dan pada akhirnya kita ngecek hp lalu main hp pada akhirnya mau belajar malah malas banget. Maka dari itu silahkan jauhkan ponsel anda terlebih dahulu.

Baca Juga :

5. Atau Gunakan Ponsel Untuk Belajar, Misalnya Mencari Solusi

menjawab soal matematika

Anda juga bisa menggunakan ponsel anda tersebut untuk mencari jawaban dari pertanyaan anda. Misalnya mencari rumus matematika, atau fisika di google. Hal ini bisa sangat bermanfaat dan membuat anda nyaman untuk belajar.

6. Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Belajar Dengan Menghadiahi Diri Sendiri

Cara mengatasi malas saat belajar yang terakhir yakni ada hadiahi diri sendiri. Misalnya saja apabila anda sedang belajar mengerjakan soal matematika 5 soal. Apabila sudah selesai mengerjakan maka anda buat hadiah sendiri misalnya beli makan bakso ataupun mie ayam. Nah terkadang untuk hal sekecil itu dapat membuat power ataupun semangat untuk belajar kembali.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi bosan ataupun malas saat belajar. Bagaimana, sudah kalian coba mengenai cara-cara ini?. Pasti agar sukses, doa orang tua sangat perlu dan wajib, dan jangan lupa doa dan berusaha. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *