oleh

2 Cara Mengirim Folder Lewat Email Gmail Dengan Mudah & Cepat

2 Cara Mengirim Folder Lewat Email Gmail Dengan Mudah & Cepat – Email, siapa yang tidak mengenal email. Email merupakan sebuah layanan yang memiliki fungsi untuk chat atau berbagi file. Ada banyak sekali jenis email di dunia ini, dan yang paling sering digunakan sekarang ini adalah email Gmail dan Yahoo. Terlihat dari namanya, kedua email ini merupakan produk dari perusahaan besar yaitu Google dan Yahoo.

Kedua produk email ini memiliki fungsi yang sama yaitu bisa digunakan untuk chat atau berbagi file. Orang-orang kantor biasanya akan menggunakan email sebagai salah satu alat untuk mengirim file. Ada banyak faktor mengapa banyak orang lebih memilih mengirim file atau folder mengunakan email. Salah satu sebabnya adalah praktis, dengan menggunakan email anda sudah bisa mengirim file dengan cepat tanpa perlu bertatap muka.

Hanya bermodalkan internet, anda sudah bisa mengakses email. Cara penggunaannya sangat mudah baik pc maupun aplikasi android, cukup masuk ke web email atau aplikasinya, kemudian pilih file atau folder yang ingin anda kirim. Selain itu, beberapa waktu yang lalu google, melakukan pembaruan di produk gmailnya. Dalam pembaruan tersebut terdapat fitur tambahan serta memperbaiki tampilan yang ada.

Cara Mengirim Folder Lewat Email Gmail

Mengirim folder lewat email sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa tahap untuk melakukan pengiriman file. Namun sebelum itu, anda wajib memiliki email untuk digunakan. Anda bisa menggunakan email google/gmail atau ymail dari yahoo. Untuk saat ini, penggunaan email gmail yang memiliki banyak peminatnya. Sebab gmail sangat praktis dan nyaman digunakan.

Keterampilan dalam dunia it sangat diperlukan, seperti cara mengirim folder lewat gmail perlu anda ketahui. Apabila anda belum mengetahui bagaimana tahapan – tahapan yang perlu dilakukan untuk mengirim folder melalui, berikut ini penjelasan mengenai cara mengirim file melalui email.

Cara mengirim Folder Melalui Email Di Laptop :

  1. Buka situs Gmail dan masuk dengan akun google anda.
  2. Setelah terbuka, klik Compose untuk membuat pesan baru.compose gmail
  3. Apabila sudah, akan ada sebuah kolom di kanan bawah untuk mengirim pesan.
  4. Klik kirim pesan, kemudian klik Attachment Files untuk memilih file yang akan dikirim.attachment file gmail
  5. Silakan pilih file folder yang akan anda kirim dan klik open.
  6. Tunggu hingga selesai upload file.
  7. Setelah selesai, isi alamat email penerima dan kirim pesan tersebut.
  8. Terakhir kirim email.

Di atas merupakan beberapa tahapan mengirim folder lewat gmail di laptop. Anda hanya perlu melakukan 8 langkah saja untuk bisa mengirim folder. Dan langkah awal yang perlu dilakukan adalah anda harus masuk pada akun di layanan yang anda gunakan. Setelah mengetahui cara mengirim folder melalui email pada perangkat laptop, selanjutnya pada perangkat android. Berikut ini beberapa tahapannya dalam mengirim folder.

Cara Mengirim Folder Lewat Email Di Android :

  1. Silakan anda buka aplikasi Gmail, jika belum punya, download terlebih dahulu melalui play store.
  2. Klik tombol Pensil di pojok kanan bawah untuk mengirim pesan.send message gmail android
  3. Anda akan dialihkan dan dihadapkan dengan kolom kosong.
  4. Silakan anda klik menu di pojok kanan atas, dan pilih Lampirankan File.gmail attachment file android
  5. Kemudian pilih file folder yang ingin ingin anda kirim.
  6. Setelah memilih file, tunggu upload file selesai.
  7. Jika sudah, isikan alamat email penerima dan subjek sesuai keperluan anda.
  8. Terakhir kirim email.

Baca juga : Cara Menggunakan Shareit Untuk Mengirim File Pada PC Dan Android.

Itulah langkah-langkah mengirim folder melalui email di android. Mudah bukan?, ada beberapa saran untuk anda, ketika ingin mengirim file dengan ukuran yang cukup besar, sebaiknya anda merangkumnya menjadi satu file (rar atau zip). Ini bisa membantu proses upload, sebab ukuran file bisa menjadi lebih kecil.

Demikianlah beberapa cara mengirim folder lewat email. Anda bisa mengirim hampir semua file entah itu dokumen, folder, gambar, video, musik dan lainnya. Untuk melakukan transfer file melalui email, hal penting yang perlu anda siapkan adalah internet. Sebab, nantinya akan ada proses upload yang membutuhkan kuota. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *