Mau Lancar Berkomunikasi? Ini 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi!

Mau Lancar Berkomunikasi? Ini 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi! – Seperti yang kita ketahui, bahwasanya berkomunikasi merupakan salah satu cara yang dilakukan agar ketika dua orang atau lebih bertemu akan menimbulkan saling tanya jawab.

Nah, apa jadi nya ketika kita masih kesulitan dalam merangkai kata, membuat orang tersebut enjoy ketika kita mengajaknya berkomunikasi, dan lainnya. Pasti orang tersebut tidak betah dengan konsep komunikasi kalian.

Berkomunikasi memang sebenarnya gampang, tergantung bagaimana kita merangkai kata itu sesuai prosedur yang sering dipakai untuk meningkatkan skill komunikasi kita. Lantas apa saja tips meningkatkan skill komunikasi?.

Berikut Dewa ilmu menjabarkan beberapa tips yang pasti dan pasti akan berguna. Namun semua tergantung bagaimana kita mempelajari cara merangkai kata.

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

1. Perjelas Huruf Vokal

huruf vokal

Untuk tips meningkatkan skill komunikasi yang pertama adalah kita harus lebih memperjelas pengucapan huruf vokal yang kita ucapkan. Mengapa harus diperjelas?, karena seperti yang kita ketahui bahwasanya huruf vokal merupakan huruf yang paling penting peran nya diantara huruf lainnya.

Jadi, kita harus lebih jelas lagi ketika mengucapkan huruf vokal, kalau kita tidak jelas mengucapkan maka orang yang kita ajak berkomunikasi akan kesulitan dalam memahami kata atau kalimat yang kita keluarkan.

2. Beri Kesempatan Orang Lain Berbicara

Cara meningkatkan skill komunikasi selanjutnya adalah kita diharuskan untuk memberikan kesempatan kepada orang yang kita ajak berbicara untuk membalas ataupun mengawali sebuah topik. Jadi jangan hanya kalian saja yang berbicara panjang, namun berilah mereka kesempatan untuk berbicara juga dalam beberapa momen.

Resiko jika kalian lebih mementingkan ego kalian dengan tidak memberikannya kesempatan berbicara, mereka pasti akan mengeluarkan gesture tidak nyaman ketika sedang berkomunikasi dengan kalian. Maka dari itu, betapa penting nya memberi kesempatan yang lain untuk berbicara.

3. Jangan Potong Pembicaraan

jangan memotong pembicaraan

Cara meningkatkan skill komunikasi yang ketiga adalah kita tidak boleh memotong pembicaraan orang yang sedang berbicara dengan kita, apalagi kita ikut berbicara seakan akan kita menentang atau sok mengerti tentang topik tersebut.

Kalaupun ada beberapa momen ketika sang pembicara salah dengan topik tersebut kalian bisa menunggu sampai dibagian nada rendah. Karena pada posisi itu juga sudah pasti sang pembicara telah mengerem pembicaraannya.

Apa jadinya jika kalian mengabaikan cara ini?, yang sudah pasti, komunikasi kalian dengan mereka tidak akan berjalan mulus. Selanjutnya yang terjadi adalah orang yang kalian ajak berkomunikasi akan sama seperti tips kedua, akan mengeluarkan gesture tidak nyaman. Maka dari itu, jangan mengabaikan tips ini.

Baca Juga : Cara Agar Tidak Gugup Saat Berbicara Di Depan Banyak Orang.

4. Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Dengan Pandai Mengatur Gesture

Nah, untuk cara selanjutnya ini tidak kalah penting juga. Kalian harus pandai dalam mengatur ekspresi gaya tubuh kalian. Misalnya saja dalam posisi ketika diskusi atau berbicara biasa kalian sebisa mungkin harus melihat kearah lawan bisara tersebut.

Karena kalau lawan bicara kalian bisa membaca gesture kalian, itu artinya kalian tidak terlalu percaya diri ketika berbicara. Dan akhirnya lawan bicara kalian bisa saja tidak percaya dengan apa yang kalian jelaskan

5. Tetap Tenang Disaat Sedang Berbicara

keep calm

Cara selanjutnya adalah kalian harus tenang ketika kalian sedang berbicara. Memang cara ini sudah sering, bahkan banyak sekali saran yang sama dengan cara ini. Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya cara ini menentukan kelangsungan anda dalam berkomunikasi. Bisa saja dengan gugup nya kalian ketika berbicara, akan menimbulkan bahan tertawaan. Maka dari itu, usahakan untuk tetap tenang ketika berbicara.

Mungkin cara di atas menurut beberapa sumber misalnya di Google itu sudah banyak yang beredar, namun biasanya para pembaca tidak mengerti betul dengan penggunaan bahasa pada web lain. Oleh karena itu, dewailmu memberikan kalimat yang memang gampang dipahami. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *