Cara Penggunaan Peta Pikiran Untuk Ide-ide, Simak!

Cara Penggunaan Peta Pikiran Untuk Ide-ide, Simak! – Sekarang ini ada banyak sekali ide yang bermunculan, baik itu dalam bisnis ataupun juga dalam berbagai kegiatan yang lainnya.

Akan tetapi memang tidak banyak ide yang bisa dikembangkan dan juga bisa dieksekusi dengan baik oleh pemilik ide tersebut. Salah satu alat yang sebenarnya dibutuhkan agar eksekusi ide bisa lebih baik dan berhasil itu adalah dengan menggunakan peta pikiran.

Namun banyak orang yang menyepelekan peta pikiran, dan hanya dibuat pada pikiran mereka saja dan tidak tercatat. Padahal sebenarnya peta pikiran ini sangatlah penting agar Anda itu bisa mendapatkan gambaran secara visual setiap informasi dan juga data.

Dan berikut ini kami akan jelaskan mengenai cara mempergunakan peta pikiran untuk mengembangkan ide-ide tersebut.

Cara Penggunaan Peta Pikiran

A. Inti Dari Peta Pikiran

Dalam sebuah peta pikiran itu ada inti yang sebenarnya sangat penting, yakni adalah penjabaran sebuah pokok pikiran atau ide.

Penjabaran ini sebenarnya dilakukan untuk anda agar bisa mendapatkan informasi dan data yang lebih visual, jadi bisa dipakai untuk berpikir. Karena membuat peta pikiran itu berarti menuliskan semua data dan informasi yang berhubungan dengan ide.

Jadi ide pokok itu akan kita tulis dan kemudian akan kita jabarkan dalam beberapa poin yang kemudian juga dituliskan secara bercabang.

Dengan begitu semua informasi akan ditampilkan secara visual, sehingga Anda bisa membaca informasi dengan lebih luas dan detail. Dan itulah inti dari pembuatan peta pikiran tersebut yang membuat peta pikiran ini sangat berguna untuk ide.

B. Penggunaan Peta Pikiran Untuk Ide

berpikir

Peta pikiran sebenarnya bisa dipakai untuk beberapa kegunaan apabila kita hubungkan dengan sebuah ide ataupun juga gagasan. Karena peta pikiran itu sebenarnya sangat fleksibel dan bisa dipergunakan dengan cara seperti apa pun pada satu ide.

Dan berikut ini pilihan penggunaan peta pikiran bila berhubungan dengan sebuah ide ataupun gagasan baik itu bisnis atau yang lainnya.

  • Anda bisa mempergunakan peta pikiran ini untuk bisa melakukan eksekusi pada sebuah ide ataupun juga gagasan yang Anda miliki. Karena dari peta pikiran inilah Anda akan tahu beberapa poin yang harus diwujudkan untuk bisa mewujudkan ide atau gagasan tersebut. Dari situ juga akan terlihat langkah spesifik yang bisa anda jalankan untuk bisa mewujudkannya.
  • Selain itu Anda juga bisa membuat peta pikiran untuk mengembangkan ide tersebut menjadi satu hal yang mungkin lebih besar. Misalnya dari ide pikiran tersebut bisa dikembangkan menjadi beberapa poin di luar ide akan tetapi berhubungan dengan ide tersebut. Jadi ide tersebut akan berkembang jadi lebih besar dan juga lebih luas.

Baca Juga :

C. Langkah Membuat Peta Pikiran untuk Mewujudkan Satu Ide

Untuk melakukan eksekusi pada sebuah ide, peta pikiran itu perlu dibuat agar bisa berjalan dengan lancar dalam melakukan eksekusi.

Selain itu untuk bisa menjadikan tim lebih solid, memang diperlukan sebuah peta pikiran yang sama dalam menjalankan sebuah ide. Dan berikut ini kami jelaskan langkahnya seperti apa.

  • Tuliskan dulu idenya seperti apa, dan jadikan itu sebagai sebuah tujuan yang utama
  • Jabarkan ide pokok tersebut menjadi beberapa tujuan kecil yang nantinya akan bisa mencapai kepada tujuan tersebut
  • Menjabarkan lagi setiap tujuan kecil tadi menjadi beberapa poin yang harus diwujudkan dan kemudian langkah yang spesifik.
  • Memeriksa untuk memastikan peta pikiran sudah tepat dan bisa dipakai dalam segala kondisi

D. Langkah Mengembangkan Ide dengan Peta Pikiran

Untuk mengembangkan ide tentunya ada langkah yang berbeda dalam membuat peta pikiran, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tuliskan ide yang Anda miliki, buat simpel dan sederhana
  • Jabarkan ide tersebut dengan beberapa hal yang berkaitan dan kemungkinan untuk ide yang lebih besar.
  • Anda bisa buat ini dalam poin-poin tambahan untuk ide tersebut
  • Setelah itu akan menjadi cabang yang lebih besar dengan poin-poin detail dari pengembangan ide tersebut.
  • Selesai.

Sudah paham kan?, jadi itulah pembahasan tentang cara penggunaan peta pikiran untuk ide-ide yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua!, jika ada pertanyaan terkait artikel ini, tulis di kolom komentar ya teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.