Hati-Hati! Invalid Activity Adsense Bukan Hanya Klik Iklan Sendiri

Hati-Hati! Invalid Activity Adsense Bukan Hanya Klik Iklan Sendiri – Semua publisher adsense pasti tidak ingin akun mereka mendapatkan suspend hingga berujung banned terutama mereka yang menggantungkan hidupnya dari adsense (blogger dan youtuber full time).

Memang dibalik keistimewaan adsense sebagai media pengiklan terbaik serta primadona bagi sebagian blogger dan youtuber, ada sisi buruk juga dari adsense ini. Bisa dibilang ada banyak sisi buruk dari adsense ini yakni selain kita sulit diterima oleh adsense, pihak adsense sering melakukan banned jika kita melakukan kesalahan sekecil apapun.

Contoh banned yang sering diberikan oleh pihak adsense yakni banned karena Invalid Click Activity Adsense. Perlu diketahui bahwa aktifitas klik yang tidak valid sering dihubungkan dengan pelanggaran karena mengklik iklan kita sendiri. Contoh, kita mendaftarkan adsense dengan email [email protected] dot com pada laptop dell tipe A, lalu setelah diterima kita melakukan klik iklan sendiri entah disengaja maupun tidak melalui email tersebut dan melalui laptop tersebut. Setelah beberapa lama kita mendapatkan peringatan melalui email bahwa terjadi aktifitas klik yang tidak valid.

Sebenarnya aktiiftas klik yang tidak valid bukan hanya dikarenakan klik iklan sendiri, banyak hal lain yang mengakibatkan terjadinya pelanggaran dengan alasan seperti ini.

Pengertian Invalid Activity Adsense Secara Garis Besar

Dilansir dari situs resmi google bahwa yang termasuk dalam kategori aktifitas tidak valid yakni adanya klik atau tayangan yang mungkin meningkatkan biaya pengiklan atau penghasilan penayang dengan cara yang tidak semestinya. Traffic tidak valid mencakup traffic yang menipu yang dilakukan secara sengaja serta klik yang tidak disengaja.

Lantas Bagaimana Cara Google Mengetahui Adanya Invalid Click Activity Adsense?

Google merupakan raksasa internet terbesar di dunia dengan fasilitas internet super canggih, untuk mengetahui keberadaan seseorang saja google mampu apalagi hanya untuk mengetahui adanya kecurangan pada akun adsense anda, tentu sudah tidak perlu ditanya lagi. Berikut cara google mengetahui adanya aktifitas klik tidak valid :

1. Menggunakan IP Address

Ini merupakan cara utama google mengetahui adanya kecurangan pada akun adsense, perlu diperhatikan bahwa ip addres tiap gadget (smartphone, tablet, komputer, laptop) di seluruh dunia berbeda beda dan jika anda mempunyai akun adsense dengan contoh ip addres A.B.C.D lalu anda mengklik iklan anda sendiri, lihat saja tanggal mainnya. Lambat laun akun adsense anda akan mendapatkan peringatan rendah (Suspend) hingga berat (Banned).

Jika ada cara atau trik rahasia di internet untuk mengubah IP Address dengan menggunakan handphone yang sama demi melakukan klik pada iklan adsense, saya sarankan agar anda jangan melakukannya. Secanggih canggihnya cara yang akan anda gunakan pasti suatu saat akan ketahuan karena tidak hanya melalui IP Addres google melacak adanya kecurangan, masih banyak cara lain yang google gunakan.

2. Menggunakan Fitur Geo Location

Nah cara ini yang menurut saya paling efektif mengatasi terjadinya kecurangan karena sehebat hebatnya anda melakukan penggantian ip addres demi mengelabui google namun jika lokasi anda tetap berada disitu dan tidak beranjak maka mudah saja bagi google untuk membanned anda.

Jika anda pernah mengetahui gambar seperti dibawah ini, maka bisa saja google mengetahui lokasi anda dengan cara seperti ini. ijinkan lokasi google

Selain 2 cara tersebut masih ada banyak cara google mengetahui kecurangan pada akun adsense anda.

Setelah mengetahui defisini invalid activity adsense dan cara google melacak kita, ada hal yang harus kita waspadai sebagai publisher adsense agar terhindar dari hal yang sangat tidak diinginkan. Untuk menghindari dan mencegah hal ini maka anda harus mengetahui hal-hal yang termasuk bisa membahayakan akun adsense anda.

Hal-Hal Yang Termasuk Dapat Membahayakan Akun Adsense Yakni

1. Refresh Blog Secara Berulang-Ulang

Bentuk invalid click activity adsense selain melakukan klik iklan sendiri yakni melakukan refresh berulang-ulang untuk mendapatkan pageviews yang tinggi. Perlu diingat bahwa google juga membayar kita para publisher adsense untuk tampilan halaman yang ditayangkan.

Untuk pembayaran pageviews disini kita akan mendapatkan komisi tiap 1000 impresi/tampilan. Dengan merefresh tampilan halaman kita akan mendapatkan pageviews yang banyak namun ini juga memicu adanya aktifitas tidak valid.

2. Auto Visitor

Jika anda hari ini mendapatkan 100 pageviews sedangkan hari selanjutnya mendapatkan 1000 impresi maka ada kemungkinan blog anda di jingling auto visitor oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain jingling auto visitor, ada beberapa hal lain yang mencakup invalid activity.

Trafik yang tidak valid mencakup beberapa hal berikut namun tidak hanya terbatas pada :

  • Klik/tayangan yang dihasilkan dari publisher sendiri, seperti halnya anda membuka blog anda sendiri yang sudah anda pasang iklan adsense aktif.
  • Tayangan/klik yang dilakukakn berulang ulang oleh seorang pengguna atau lebih. Dalam arti bom klik.
  • Menyuruh teman agar mengklik iklan dengan kata-kata yang mendorong untuk melakukan klik, seperti “Donasi klik iklan satu kali untuk biaya perawatan blog”.
  • Robot auto klik/auto visitor yang berusaha menipu.
  • Dan masih banyak hal curang lainnya.

“Mas, saya tidak melakukan salah satu hal melanggar namun saya tetap mendapatkan email dari adsense bahwa akun  saya melakukan pelanggaran, lantas apa penyebabnya?”. Bisa saja ini dikarekanan pihak lain yang tidak senang dengan kita dan melakukan pelanggaran pada situs website/channel youtube kita.

Lalu Bagaimana Cara Melaporkannya Pada Pihak Adsense Jika Invalid Activity Dilakukan Orang Lain?

Memang jika anda mendapatkan akun adsense, anda bisa dipastikan 68% sudah menjadi calon orang kaya, hehehe. Karena tidak sembarang orang mendapatkan akun adsense. Hanya situs website dan channel youtube yang berkualitas saja yang cenderung diterima google adsense.

Dengan ini banyak pihak merasa iri dan ingin menghancurkan reputasi dan kerja keras kita, nah demi mencegah dan mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa anda gunakan yakni :

Melakukan Pelaporan Melalui Formulir Banding Akun Adsense

Anda bisa melakukan pelaporan melalui link diatas jika anda merasa adanya invalid activity adsense. Saya wajibkan anda untuk mengikut sertakan data apa pun dari blog atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran youtube anda seperti menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid.

ip manager

Pada wordpress, melalui cpanel anda bisa mengaktifkan fitur pemblokir ip. Ini dimaksudkan agar anda bisa mencekal berbagai ip yang mencurigakan.

Jika Suatu Saat Nanti Akun Adsense Saya Tidak Dapat Dibuka Apakah Hal Tersebut Akan Berlangsung Selamanya Atau Hanya Beberapa Waktu Saja?

Untuk ini tergantung pelanggaran yang anda lakukan, jika anda melakukan pelanggaran ringan bisa saja hukuman anda berbentuk suspend (pelanggaran sementara) yang berlangsung sekitar 30 hari. Dan jika pelanggaran anda berat maka bisa saja akun anda ditangguhkan secara permanen (Banned).

Selain dengan suspend dan banned, ada cara lain google memberikan sanksi kepada anda yakni dengan cara melakukan smart pricing. Apa itu smart pricing?, berikut penjelasannya.

Untuk mengatasi banned ini sangat sulit sekali, walaupun anda mengajukan banding, peluangnya sangat sedikit untuk akun anda dikembalikan oleh kembali. Kebanyakan permintaan akan ditolak dan akun adsense anda akan hilang untuk selamanya.

Nah, untuk itulah rawat baik-baik akun adsense anda sebelum terjadi hal terburuk. Itulah artikel sekilas mengenai invalid activity adsense. Semoga bermanfaat untuk anda semua para publisher adsense. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 komentar

    1. Lama menunggu persetujuan sebagai penayang Adsense, belum tentu diterima pula. Setelah diterima, merawatnya juga tidak gampang yak…

  1. wahh nice info mas, ternyata punya akun adsense itu ribet juga yaa, harus kita jaga
    kalo ga ya kebaned.

  2. Maaf mas mau tanya….
    Apakah kalo adsense terkena Invalid Activity, akan ada pemberitahuan dari google adsense melalui email, ?..
    Terimakasih

  3. wah ane sering tuh refresh halaman sendiri buat ngecek klo lgi edit tampilan blog, ternyata ngeri jga y krna pengaruh ke adsense

  4. Wah, bahaya juga tuh… Informasi yang sangat berguna sebelum saya mendaftar adsense.

  5. Punya saya susah kena banned permanen,entah kenapa saya sendiri kurang paham,sudah daftar susah2 penghasilan aj baru sedikit belum pernah dapet pin malah ke banned 2x dan langsung kena banned peemanen,,,cara banding dan ngatasinnya gimana sih?

  6. Gan…saya dapet invalid activity padahal gak ngapa2in….terus disuruh cek email, email-nya ga ada disabled adsense…spam/junk dll…. fenomena pilpres yah gan? Mohon pencerahannya ??

  7. Mau taya kalau main admob pke dua hp yg 1 khusus acount admob dan adsense yg hp 1 lagi untuk klik iklan itu aman g ea…????

    1. Intinya google gak bodoh mas. Suatu saat pasti ketahuan kalau curang, sepandai pandai apapun…