Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Online

Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Online – Sebelum membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai bitcoin, alangkah baiknya kita juga mengetahui apa itu bitcoin. Bitcoin merupakan sebuah uang elektronik yang dimana dibuat pada tahun 2009 lalu oleh seorang berinisial satoshi nakamoto. Kini bitcoin sudah berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, saat ini banyak investor bitcoin yang dimana mereka bermain trading maupun mining. Maraknya bitcoin di Indonesia sendiri terbukti dengan adanya situs-situs besar resmi jual beli bitcoin dan banyak orang Indonesia yang berkumpul di situs tersebut untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Kembali ke topik utama, apa kelebihan dan kelemahan bitcoin?. Setiap orang pasti menilai bitcoin berbeda-beda satu dengan lainnya, ada kekurangan dan kelebihannya. Namun, ada beberapa garis besar kelebihan dan kekurangannya yang wajib anda ketahui agar anda bisa memikirkan kembali ingin menggunakan bitcoin atau tidak.

Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin

A. Kelebihan

1. Keamanan

Jika kita lihat ke mata uang konvesional, seringkali terjadi pemalsuan uang yang di mana mencapai jumlah yang cukup besar, mengenai aturan kriptografi yang diterapkan pada bitcoin membuat para pemiliknya terhindar dari hal tersebut atau dari pemalsuan, karena memang bitcoin sangat sulit untuk dipalsukan.

2. Bisa Menyembunyikan Identitas Pengirim Dan Penerima

anonim

Berbeda sistem jika kita mengirim uang dalam bentuk rupiah, yang di mana pengirim dan penerima bisa diketahui dengan mudah dan setiap rekening terdapat nama pemilik. Namun, dalam bitcoin, nama pengirim dan penerima tidak bisa diketahui/anonim.

Bagi anda yang ingin mengirimkan uang dan tidak diketahui oleh orang lain, anda bisa menggunakan sistem pembayaran melalui bitcoin ini.

3. Mampu Bersaing Sebagai Mata Uang Global

Walaupun kita ketahui bahwa setiap negara memiliki mata uang masing-masing, dimana ketika terjadi masalah pemerintahan atau ekonomi di suatu negara pasti akan ada naik turunnya, akan tetapi bitcoin ini terpaku pada satu negara saja. Jadi bitcoin itu tidak mengenal sama sekali mengenai batas negara

4. Sebagai Pelindung Dari Inflasi

Seperti kita ketahui betapa bahayanya inflasi itu, yakni berkurangnya nilai mata uang karena terlalu banyaknya uang yang beredar di masyarakat. Nah, bitcoin sebenarnya hampir sama seperti emas di mana dapat melindungi investor dari inflasi, dan bahkan dapat menekan laju inflasi yang terkadang cukup berlebihan.

Seperti saat ini, pandemi covid-19 yang merebak membuat harga bitcoin naik drastis. Jadi, para investor lebih memilih berinvestasi di cryptocurrency untuk menekan laju inflasi.

5. Tabungan

Bitcoin bisa juga dijadikan sebuah tabungan, dan menurut saya ini tidak terlalu ribet daripada tabungan di bank yang terkadang ribet dengan berbagai masalah, fee transaksi, dan lainnya. Dengan menabung di cryptocurrency, khususnya bitcoin, anda bisa melipatgandakan uang anda ketika adanya kejadian, wabah, gempa, dan hal lainnya.

Ini dikarenakan jika ada sebuah tragei, gempa, atau wabah, harga cryptocurrency cenderung naik, hampir sana seperti emas.

Baca Juga :

B. Kekurangannya

1. Tidak Stabil

tidak stabil

Bitcoin sebenarnya mata uang yang bersifat spekulatif, jadi kadang naik dan kadang turun. Maka dari itu saat ini banyak perusahaan yang belum berani menjual produk-produk dengan pembayaran menggunakan bitcoin. Karena harga tidak stabil dan tidak dapat dipastikan.

2. Berisiko Dicuri Oleh Hacker

Walaupun tadi diatas bahwa bitcoin itu tidak bisa dipalsukan, yang paling berbahaya lagi bisa dicuri dan hilang. Karena untuk menyimpan file digital atau dengan kata lain uang digital itu dibutuhkan wallet. Nah, apabila dompet tersebut hilang terkena virus ataupun dicuri orang maka akan sangat susah melacaknya. Dan sangat susah untuk menelusuri kehilangan apabila ada pencurian.

3. Alat Pencucian Uang

Tentu saja bitcoin tidak ada pengawasan dari badan keuangan ataupun pemerintah, maka bitcoin sangat rawan disalahgunakan, contohnya sebagai sarana pencucian uang dan penghindaran pajak. Berbeda dengan mata uang resmi yang digunakan sehari hari, untuk bitcoin sendiri tidak ada pemantauan khusus.

4. Tidak Sepenuhnya Legal

Hal ini disebabkan karena beberapa negara melarang penggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran, termasuk Indonesia. Kenyataan bahwa berinvestasi di Bitcoin sangat menggiurkan tidak menjadikan bitcoin ini legal untuk semua pihak.

Jadi itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mata uang bitcoin yang wajib anda ketahui. Apabila ada pertanyaan silahkan langsung tanyakan saja, sekali lagi semoga bermanfaat untuk anda semuanya khususnya yang ingin tahu lebih mengenai bitcoin. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *