7 Cara Mengatasi Facebook Telah Berhenti, Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Facebook Telah Berhenti, Terbukti Ampuh – Hampir kebanyakan pengguna facebook menggunakan aplikasi untuk mengakses facebook. Karena jika menggunakan browser terbilang sangat ribet, terkadang harus login terlebih dahulu. Sedangkan jika menggunakan aplikasi maka kita akan secara otomatis login dengan sendirinya. Facebook pun juga memiliki dua aplikasi resminya.

Ada facebook dan facebook lite, akan tetapi jika diperhatikan banyak sekali yang menggunakan facebook lite, dikarenakan ukurannya lebih kecil, dengan kuota sedikit, kita bisa menggunakannya. Namun ada kekurangannya apabila kita menggunakan aplikasi tersebut, maka kita akan menambah kapasitas penyimpanan handphone, yang berpotensi membuat hp ngelag, jika itu hp kentang.

Seperti salah satunya yang akhir akhir ini banyak dikeluhkan tiba-tiba aplikasi facebook berhenti. Entah mengapa aplikasi facebook entah itu facebook yang biasa dan lite kadang-kadang berhenti sendiri. Tentu saja jika kita sedang asik browsing dan lihat-lihat postingan facebook orang lain dan tiba tiba malah force close.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini saya jelaskan cara mengatasinya, terbukti ampuh dan wajib anda lakukan sedari sekarang.

Cara Mengatasi Facebook Telah Berhenti

Mulai dari beberapa jenis merk smartphone entah itu xiaomi, oppo, lenovo, samsung, nokia, lg, vivo, realme, dan masih banyak lainnya bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki masalah facebook force close.

1. Bersihkan RAM

Langkah pertama untuk mengatasi aplikasi facebook yang bermasalah yang pertama silahkan bersihkan RAM kalian. Penyebab utama biasanya dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sedangkan RAM anda hanya limit misalnya saja 1 GB.

Tentu saja itu dapat mempengaruhi kinerja smartphone kalian dan membuat aplikasi menutup dengan sendirinya. Atau istilah lain yang disebut force close. Maka dari itu silahkan untuk bersihkan RAM, cara membersihkannya yakni dengan cara menutup semua aplikasi yang sekira tidak anda gunakan.

2. Restart Smartphone

restart handphone

Cara berikutnya ini sebenarnya lanjutan cara pertama, apabila sudah membersihkan RAM, anda hanya perlu restart smartphone. Pasti kalian sudah tahu bukan?, cara restart smartphone kalian?, pokoknya tunggu hingga proses restart selesai selanjutnya coba buka kembali aplikasi facebooknya. Lalu tunggu beberapa saat kira kira masih keluar notif error atau tidak, jika masih silahkan ikuti cara berikutnya.

3. Hapus Cache & Paksa Berhenti

Sudah berulang kali dijelaskan bahwa file cache merupakan file sampah yang dapat membuat aplikasi menjadi crash ataupun bug. Maka dari itu silahkan hapus saja file cache yang terdapat pada aplikasi facebook. Caranya seperti di bawah ini :

  • Pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan
  • Berikutnya tinggal masuk  ke Aplikasi
  • Lalu cari saja aplikasi Facebook, baik Facebook biasa maupun Facebook Lite.
  • Setelah itu silahkan scroll down lalu anda akan menemukan Hapus Cache dan Paksa Berhenti
  • Klik keduanya.

Terakhir kalian tinggal membuka kembali aplikasi facebook, dan menunggu kira kira masih error atau tidak.

4.  Mengatasi Facebook Telah Berhenti Dengan Update Facebook

update facebook

Berikutnya silahkan untuk mengupdate aplikasi facebook. Karena bisa saja yang menjadikan apk facebook tiba tiba berhenti sendiri dan tidak berfungsi dikarenakan apk fb anda jarang diupdate. Maka dari itu silahkan kalian untuk mengupdate aplikasi facebook. Jangan sampai gunakan apk facebook yang sudah usang, karena ini sangat berpengaruh besar. Selain error, biasanya menggunakan apk yang lawas membuat kinerja fb semakin lemot.

Baca Juga :

5. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Anda juga bisa memindahkan aplikasi facebook ke memori eksternal jika saat itu anda memakai memori eksternal. Ini untuk meringankan kinerja aplikasi di memori internal. Apalagi jika memori handphone anda sedikit dan RAM anda kecil, saya sarankan anda menggunakan cara ini.

6. Reset Handphone

factory reset android

Jika memang saat itu yang force close aplikasi facebook saja, harusnya jika membuat aplikasi lain maka baik-baik saja. Namun jika anda membuka aplikasi lain juga error, ini juga tanda tanya besar. Mungkin sistem handphone sedang error. Dan jika sudah begini, jalan satu satunya adalah melakukan hard reset pada handphone.

7. Login Lewat Browser Saja

Sekira sudah semua cara dicoba akan tetapi tetap tiba tiba berhenti terus, silahkan login facebook seperti biasa menggunakan browser seperti google chrome ataupun mozile firefox. Walaupun agak repot sedikit sih, tapi mau bagaimana lagi jika tetap tidak bisa dan terus error.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi facebook telah berhenti, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya yang mengalami masalah ini. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *