Pengertian Bandwidth Dan 6 Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Kayeols

Pengertian Bandwidth Dan 6 Cara Menstabilkan Koneksi Internet – Hallo sobat dewa ilmu, kali ini saya ingin mengajak anda memahami apa itu bandwitdh agar anda paham cara memperbaiki dan menstabilkan koneksi internet Anda.

Faktanya, internet telah mengubah cara dunia terhubung. Saat ini, koneksi internet yang diandalkan sama pentingnya dengan utilitas umum seperti air dan listrik. Tapi, sebagian besar orang memiliki sedikit pemahaman tentang penggunaan internet aktual atau persyaratan bandwidth mereka.

Sebenarnya untuk menentukan kecepatan internet lambat atau cepat memanglah rumit, namun bandwidth bisa dibilang salah satu faktornya. Yuk, pahami dasar-dasar apa itu bandwidth, berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan, dan apa hubungannya dengan bandwidth ketika jaringan internet berjalan lambat?.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat dibawa dari satu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu. Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam byte/detik atau yang biasanya disebut dengan byte per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu.

Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet

Atau dengan kata lain pengertian bandwidth yaitu lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jumlah bandwidth yang Anda miliki juga dikenal sebagai kecepatan internet, diukur dalam megabyte per detik (Mbps). Secara teoritis, jika Anda memiliki koneksi 1 Mbps, diperlukan waktu 8 detik untuk mentransfer file 1 MB (megabyte).

Streaming media seperti video YouTube dan layanan musik, penggunaan alat berbasis cloud, upload/unduh file grafis besar, dan berbagi bandwidth dengan sistem telepon VoIP juga memerlukan koneksi internet yang lebih cepat. Semua komunikasi antar jaringan di jaringan anda disebut traffic dan traffic padat atau terlalu banyak dapat menghasilkan jaringan “lambat” dan disebut saturasi bandwidth.

Alasan lainnya mungkin berupa unduhan secara bersamaan, sumber daya peer to peer, atau bahkan mungkin virus. Nah, terlepas dari penyebabnya, memiliki wawasan tentang penggunaan dan kebutuhan bandwidth sangat membantu menghindari downtime atau server down karena kelebihan bandwidth.

Baca Juga:  8 Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Yang Wajib Kita Ketahui!

Cara Menstabilkan Koneksi Internet Wifi

1. Perbarui Browser Anda

update browser

Ada pembaruan yang dilakukan sepanjang waktu ke browser, jadi menggunakan versi terbaru harusnya mengurangi waktu yang diperlukan untuk menjelajahi dan mengunduh halaman web. Jika browser Anda semakin lambat sestelah pembaruan, pertimbangkan untuk mengganti perangkat lunak. Misalnya, pengguna Internet Explorer mungkin mendapatkan dorongan instan dengan beralih ke Mozilla Firefox atau Google Chrome.

2. Ubah Posisi Router Anda

Posisi route memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas koneksi nirkabel Anda. Tempatkan router di area di mana sinyal tidak terpengaruh oleh beberapa penghalang dan gangguan. Misalnya, jauh dari peralatan yang memancarkan sinyal nirkabel (misalnya telepon tanpa kabel) dan menghindari penghalang (seperti dinding dan pintu) antara router dan komputer Anda. Idealnya, itu harus diletakkan di tempat yang tinggi.

3. Periksa Pengaturan Wi-Fi Anda

telkom setting modem

Router anda memiliki banyak pengaturan berbeda yang dapat mempengaruhi sinyal broadband nirkabel, ubah dan sesuaikan pengaturan wifi untuk mendapatkan kecepatan terbaik. Periksalah secara manual untuk instruksi tentang cara menyesuaikan pengaturan ini.

Baca Juga:  √ Cara Membuka Toko Di Tokopedia Dengan Benar Untuk Pemula

4. Amankan Jaringan Anda

Jika Anda memiliki broadband nirkabel, hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengamankan jaringan nirkabel Anda. Jika tanpa sadar berbagi koneksi dengan pengguna lain maka mereka akan menggunakan bandwidth yang sama dalam jaringan tersebut. Ini berarti kecepatan koneksi dan pengunduhan Anda jadi down, belum lagi ancaman keamanan yang ditimbulkan.

5. Gunakanlah Lebih Sedikit Bandwidth

jaringan nirkabel

Ada banyak aplikasi (seperti Pembaruan Windows atau Skype) yang mungkin berjalan otomatis ketika Anda menghidupkan komputer. Tanpa anda sadari, hal ini dapat mengurangi kecepatan internet. Atur sistem yang berjalan saat startup. Cari tahu apa yang sedang berjalan di PC dengan task manager.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan 3 Langkah Mudah.

6. Perbanyak Jaringan Nirkabel Anda

Jika Anda mengalami masalah dengan nirkabel, Anda dapat berinvestasi dengan membeli repeater nirkabel. Ini meningkatkan dapat memperluas jangkauan wifi nirkabel anda, memantulkan sinyal ke area yang lebih luas. Ini adalah opsi yang jauh lebih mahal, tetapi seringkali jauh lebih efektif.

Demikianlah artikel tentang pengertian bandwidth dan cara menstabilkan koneksi internet wifi. Yang terakhir, waktu di mana anda online dapat sangat mempengaruhi kecepatan koneksi. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar