3 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Android Tanpa Aplikasi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi – Memiliki koneksi internet yang cepat memang sebuah kebutuhan yang sangat penting, hal ini berfungsi untuk mendukung segala kegiatan entah itu pekerjaan sekolah, kantor maupun rumah. Namun tak jarang koneksi internet yang kita miliki memiliki kecepatan yang kurang maksimal, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor.

Salah satu dari faktor melambatnya kecepatan koneksi internet adalah sinyal. Sinyal akan sangat mempengaruhi kecepatan dari suatu koneksi, jadi sinyal dalam hal koneksi internet begitu penting. Data internet tidak selalu digunakan untuk perangkat itu sendiri, namun seringkali juga digunakan untuk hotspot sehingga koneksi internet bisa digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus.

Terutama untuk sinyal wifi yang cenderung digunakan banyak orang. Hal ini pasti sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi wifi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara mempercepat jaringan wifi android dengan mudah.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Android Dengan Mudah

Hostspot atau juga koneksi wifi android ini memang bisa digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Namun, tak jarang ini bisa membuat koneksi WiFi pada android menjadi lambat. Untuk masalah koneksi WiFi android yang lambat, bisa disebabkan oleh hal-hal seperti kuat atau lemahnya sinyal perangkat hotspot, jumlah pemakai WiFi, Paket Internet dan lainnya.

Kalau sudah lambat, ada cara mempercepat koneksi wifi yang bisa anda gunakan. Pada dasarnya cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi. Langsung saja berikut ini bagaimana cara mempercepat jaringan wifi android tanpa aplikasi.

1. Gunakan Wifi Saat Sepi Pengguna

spot wifi id

Jumlah pemakai WiFi bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kecepatan koneksi WiFi menjadi lambat. Bagaimana tidak melambat?, ketika ada perangkat WiFi dengan pemakai 7 orang, secara otomatis kecepatan koneksi akan dibagi dengan 7 orang pemakai.

Untuk cara pertama ini anda bisa mensiasati dengan menggunakan wifi ketika kosong atau sepi pemakai. Dengan memakai wifi ketika sepi anda akan mendapatkan kecepatan koneksi yang bagus, karena tidak terbagi-bagi. Bahkan, perbedaan ketika kosong dengan ketika ramai berkisar 80% tentu hal ini menjadi faktor penting.

2. Sinyal WiFi yang Bagus

sinyal wifi yang bagus

Ketika anda menggunakan WiFi, sinyal smartphone tidak perlu diperhatikan, namun yang perlu diperhatikan adalah sinyal WiFi itu sendiri. Dalam hal ini kuat lemahnya sebuah sinyal WiFi sangat mempengaruhi kecepatan sebuah koneksi internet nantinya. Bahkan, bila sinyal koneksi terlalu kecil bisa-bisa membuka web atau laman pun membutuhkan waktu yang lama.

Kejadian seperti ini bisa terjadi ketika jarak perangkat dengan WiFi begitu jauh. Jadi untuk cara kedua ini anda bisa mendekat ke sumber WiFi. Dengan begitu anda akan mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Bila ingin mendapatkan koneksi yang cepat, anda juga bisa memakai kabel LAN.

3. Gunakan Penguat Sinyal (Repeater)

penguat sinyal wifi

Ketika anda memiliki masalah mengenai koneksi wifi yang lambat, menggunakan Repeater (penguat sinyal) bisa menjadi solusinya. Repeater ini bisa membantu anda menguatkan sinyal wifi yang ada, dengan begini koneksi wifi bisa menjadi cepat. Karena sinyal yang di dapat besar, pasti koneksi internet akan lebih kencang.

Bentuk repeater atau penguat sinyal memiliki bentuk sederhana hanya berupa box kecil. Walaupun kecil namun fungsinya sangat bagus. Untuk harga yang bisa anda keluarkan untuk membeli perangkat ini sekitar 100-500 ribu. Ini cukup terjangkau dengan fungsinya yang sangat penting untuk menguatkan sinyal wifi.

Baca juga : Cara Internetan Gratis Di Handphone Android Dengan HTTP Injector.

Sekian cara mempercepat jaringan wifi android, sebenarnya cara ini bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi yang telah bertebaran di luar sana. Dengan menggunakan beberapa tips di atas anda bisa mempercepat kecepatan sinyal wifi yang ada hingga 80%. Jadi ketika memiliki masalah koneksi kecepatan wifi, anda bisa lakukan cara di atas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *