Rata-rata Nilai Rapor SNBP ITK 2024, Lolos!

Johan Candra

Rata-rata nilai rapor SNBP ITK menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) adalah perguruan tinggi negeri yang berfokus pada bidang teknologi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Didirikan pada tahun 2014, ITK memiliki misi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan inovatif di bidang teknologi untuk mendukung pembangunan Kalimantan dan Indonesia.

Banyak sekali calon mahasiswa yang berjuang untuk mendapatkan tempat di ITK melalui berbagai jalur seleksi, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Pada artikel ini kami akan membahas secara mendalam mengenai rata-rata nilai rapor SNBP ITK 2024. Dengan membaca artikel ini kami mengharapkan kamu akan mendapatkan gambaran tentang persaingan ketat yang dihadapi para calon mahasiswa serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan peluang diterima di universitas ternama ini.

Rata-rata Nilai Rapor SNBP ITK 2024

Nilai rapor menjadi salah satu komponen penting dalam sistem penilaian Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ITK 2024. Bersama dengan nilai mata pelajaran minat dan bakat serta portofolio, nilai rapor akan menentukan kelulusan calon mahasiswa.

Baca Juga:  Rata-rata Nilai Rapor SNBP Unsulbar 2024, dan Tips Lolos!

SNBP ITK 2024 menggunakan skema penilaian 50:50, di mana:

  • 50% berasal dari nilai rapor yang mencerminkan prestasi akademik secara keseluruhan selama 3 tahun terakhir di SMA/SMK/MA.
  • 50% lainnya berasal dari nilai mata pelajaran minat dan bakat yang relevan dengan program studi pilihan. Mata pelajaran ini akan ditentukan berdasarkan jurusan yang dipilih.
    Peran Nilai Rapor.

Nilai rapor bukan hanya menunjukkan kemampuan akademis, tetapi juga menunjukkan dedikasi, kedisiplinan, dan etos kerja selama masa belajar di sekolah. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk menjaga nilai rapor yang baik di semua mata pelajaran.

Baca Juga:  Passing Grade ITS 2024 + Daya Tampung dan Peminat

Nah berikut ini adalah daftar rata-rata nilai rapor SNBP ITK 2024:

PROGRAM STUDIJENJANGRata Rata Nilai Raport
ARSITEKTURS185,90
BISNIS DIGITALS187,50
DESAIN KOMUNIKASI VISUALS185,50
FISIKAS185,17
ILMU AKTUARIAS185,63
INFORMATIKAS187,95
MATEMATIKAS185,18
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTAS187,44
REKAYASA KESELAMATANS187,88
SISTEM INFORMASIS187,54
STATISTIKAS185,48
TEKNIK ELEKTROS187,12
TEKNIK INDUSTRIS187,62
TEKNIK KELAUTANS185,47
TEKNIK KIMIAS186,24
TEKNIK LINGKUNGANS187,26
TEKNIK LOGISTIKS185,66
TEKNIK MATERIAL DAN METALURGIS186,76
TEKNIK MESINS187,13
TEKNIK PERKAPALANS185,57
TEKNIK SIPILS187,14
TEKNOLOGI PANGANS186,60

Tips Meningkatkan Peluang Lolos SNBP

Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan peluang lolos SNBP.

  • Mempertahankan nilai rapor yang tinggi di semua mata pelajaran.
  • Berfokus pada mata pelajaran minat dan bakat.
  • Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi yang relevan.
  • Mempersiapkan portofolio yang menarik dan sesuai dengan jurusan pilihan.
  • Memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan berlatih.
Baca Juga:  Passing Grade Polimdo 2024 + Daya Tampung dan Peminat

Demikianlah pembahasan dari dewailmu.id mengenai rata-rata nilai rapor SNBP ITK 2024. Kami berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami standar nilai raport yang diperlukan untuk mengikuti seleksi SNBP di Institut Teknologi Kalimantan.

Disclaimer:

Informasi yang tercantum dalam artikel ini berdasarkan data dan prediksi dari hasil survey dan perhitungan statistik, namun bukan merupakan informasi resmi dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan informatif bagi calon mahasiswa SNBP ITK 2024 dan tidak dapat dijadikan jaminan kelulusan.

Calon mahasiswa diimbau untuk selalu mengikuti informasi resmi dan terbaru dari ITK terkait SNBP 2024 melalui situs web resmi mereka: http://pmb.itk.ac.id/. Selain itu, penting untuk membaca dengan seksama pengumuman resmi dan panduan yang diterbitkan oleh pihak terkait.

Tim penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau konsekuensi yang timbul akibat penggunaan informasi yang terdapat dalam artikel ini.

Bagikan:

Johan Candra

Johan Candra adalah seorang penulis yang telah memiliki pengalaman lebih dari 2 tahun dalam menulis tentang human resources, hukum, teknologi, dan pendidikan.