15 Tips Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Versi Dewailmu

15 Tips Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Versi Dewailmu – Bagi sebagian orang, menjalankan gaya hidup sehat dirasa sulit. Alasannya, hidup sehat itu mahal, banyak godaan, kesibukan yang padat, hingga niat yang kurang kuat. Salah satu contohnya pada orang yang terus merokok meski sudah mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan serta dampak merokok bagi kesehatan orang-orang di sekelilingnya.

Tak bis adimungkiri dampak dari menjalani pola hidup yang kurang sehat sangatberat. Anda bisa terkena penyakit, baik yang ringan maupun yang berat, hingga harus mengeluarkan biaya besar untuk membayar pengobatannya. Untuk Itu, perlu adanya investasi kesehatan seperti asuransi pfimegalife

Bagi orang yang tidak memiliki jaring pengaman atau perlindungan khusus, masalah kesehatan dapat menimbulkan dampak yang signifikan terhadap kondisi keuangannya. Anda tentu tidak ingin itu terjadi.

Faktanya, menjalani pola hidup sehat tidak sulit. Kunci utama keberhasilan menjalani tips hidup sehat adalah konsisten dan disiplin karena hasilnya tidak akan langsung terasa, melainkan dalam jangka panjang. Cobalah praktikkan 15 tips hidup sehat yang mudah dilakukan, ini demi mendapatkan tubuh sehat secara menyeluruh.

Tips Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Versi Dewailmu

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi merupakan bahan bakar bagi tubuh yang sehat. Oleh karenaitu, mempraktikkan pola makan sehat dengan cara memperbanyak asupan bergizi dan mengurangi asupan yang tidak dibutuhkan tubuh sangatlah penting. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan asupan gizi dari makanan sehari-hari.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur Dan Buah-buahan

Sayur dan buah memiliki kadungan kalori rendah, tetapi kaya vitamin, mineral, dan serat. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap hari sebanyak 59 porsi per hari. Perbanyak asupan sayuran non tepung, seperti sayuran hijau, wortel, brokoli, dan kembang. Sayuran non tepung memiliki kandungan kalori rendah, tetapi kaya akan zat gizi, serat, dan air.

Sayuran bertepung, seperti kentang dan jagung memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menaikkan kadar gula darah secara cepat. Kadar gula darah tinggi membuat Anda berisiko terkena diabetes.

3. Praktikkan Mindful Eating

Mindful eating adalah makan secara perlahan, menyadari pilihan makanan yang dikonsumsi, serta berhenti makan sebelum kenyang. Dengan mempraktekkan mindful eating, Anda tidak akan makan secara terburu-buru, dan lebih peka terhadap rasa lapar dan rasa kenyang. Anda pun akan terlatih untuk makan sesuai kebutuhan alih-alih mengikuti selera lidah. Menjalankan pola makan yang lebih teratur, Anda dapat menekan risiko kegemukan serta berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkannya.

4. Kurangi Makanan Bergula

Konsumsi gula secara berlebih dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan. Masalahnya, hampir semua makanan yang dikonsumsi mengandung gula, mulai dari nasi, buah, kue, hingga es kopi favorit. Mulai sekarang, perhatikan pilihan makanan Anda dan kurangi asupan yang mengandung gula.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara memperbanyak asupan air putih adalah dengan membawa botol minuman sendiri saat bepergian. Langkah ini baik untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, serta mendukung upaya mengurangi sampah plastik.

Dengan membawa botol minum berisi air putih ke mana pun Anda pergi, Anda mengurangi kebiasaan membeli minuman berwarna atau yang mengandung gula. Selain itu, dengan memperbanyak asupan air putih, Anda menjauhkan diri dari risiko meningkatnya kadar gula darah, serta membuat Anda lebih berhemat karena jadi jarang membeli minuman bergula.

pfi megalife

6. Berolahraga Yang Asyik

Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan kepadatan tulang. Olahraga juga dapat membangun suasana hati menjadi positif, menjaga berat badan tetap normal, dan menurunkan risiko penyakit. Cobalah sejumlah tips berolahraga yang asyik demi mendapatkan tubuh sehat berikut.

  • Lakukan Olahraga Yang Anda Sukai

    • Cari tahu olahraga apa yang paling Anda sukai, lalu buatlah jadwal untuk melakukannya secara rutin. Sebaiknya hindari melakukan olahraga tertentu karena mengikuti tren atau teman. Misalnya, saat ini sedang tren lari maraton, lalu Anda memaksakan diri untuk mengikuti event maraton meski tidak terlalu suka lari.
    • Bila Anda menyukai kegiatan olahraga yang low impact seperti yoga atau berenang, lakukanlah olahraga tersebut ketimbang mengikuti teman atau tren. Bila Anda tidak menikmati kegiatan olahraga yang Anda lakukan, akan sulit untuk terus melakukan kegiatan tersebut secara rutin.
  • Berlari Atau Bersepeda Saat Akhir Pekan

    • Jadikan kegiatan olahraga sebagai aktivitas menyenangkan alih-alih menyusahkan. Bila Anda kesulitan menyediakan waktu untuk berolahraga pada hari kerja, sempatkanlahberolahraga pada akhir pekan.
    • Anda bisa berlari atau bersepeda di taman kota atau area car free day. Bila Anda senang melakukan olahraga individual, Anda bisa berlari atau bersepeda sendiri. Namun, bila Anda termasuk orang yang senang melakukan kegiatan berkelompok, ikuti kegiatan klub olahraga di sekitar rumahatau di pusat kebugaran. Bagi sebagian orang, suasana yang ramai dapatmeningkatkan semangat untuk berolahraga.

7. Mengelola Stres Agar Mental Juga Sehat

  • Miliki hobi

    • Hobi adalah kegiatan yang membuat seseorang merasa senang saat melakukannya. Memiliki hobi dapat membantu Anda dalam mengelola stres dan menjagakesehatan mental. Kesehatan mental yang baik dapat menunjang daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Karena itu, pastikan Anda memiliki hobi agar kehidupan profesional dan pribadi Anda seimbang, serta untuk menjauhkan Anda dari risiko penyakit.
  • Lakukan Kegiatan Relaksasi

    • Salah satu cara menetralkan kepenatan sehari-hari adalah dengan melakukan relaksasi. Kegiatan yang bisa membuat diri rileks tentu berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain.
    • Beberapa contoh kegiatan yang bisa membuat pikiran rileks dan membangun suasana positif adalah bermeditasi, mendengarkan musik favorit, berkumpul bersama sahabat, melakukan perawatan diri di salon, menonton film, mengikuti kegiatan kreatif, dan berlibur. Pastikan Anda menyediakan waktu khusus untuk melakukan kegiatan relaksasi secara rutin demi menjaga kesehatan mental.
  • Tidur Cukup

    • Tidur cukup setiap hari sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Bisa dibilang, tidur cukup, yaitu 7-9 jam pada malam hari, sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.
    • Tidur cukup akan membuat suasana hati lebih positif, daya ingat lebih tajam, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan produktivitas. Orang yang kurang tidur cenderung menderita kegemukan. Ini dapat meningkatkan risiko mereka terhadap diabetes dan penyakit jantung. Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan bekerja hingga larut malam serta begadang.
  • Bijak Dalam Menggunakan Gadget

    • Sehari-hari, kita memang tidak bisa lepas dari gadget. Nyaris segala urusan kita sehari-hari dilakukan menggunakan gadget. Ternyata, penggunaan gadget secara berlebihan ini juga menyimpan dampak negatif bagi kesehatan, seperti kecanduan, membuat mata kering, kram pada jari, pergelangan tangan, nyeri otot dan lengan, serta mempengaruhi kualitas tidur. Karena itu, milikilah aturan khusus dalam menggunakan gadget, seperti tidak menggunakannya menjelang tidur, atau menyisihkan waktu khusus selama beberapa jam untuk melakukan aktivitas yang tidak melibatkan gadget.hidup sehat

8. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merugikan kesehatan si perokok maupun orang-orang di sekitarnya. Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya dan sekitar 60 di antaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Contoh bahaya merokok bagi kesehatan adalah meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan kanker paru-paru. Bila Anda termasuk perokok aktif, segera hentikan kebiasaan buruk ini demi melindungi Anda dan keluarga dari dampak merokok. Berikut tips berhenti merokok yang dapat Anda coba, dikutip dari situs Tirto.

  • Tentukan Waktunya

    • Tentukan kapan Anda ingin mulai berhenti merokok. Sebaiknya tanggal yang dipilih tidak terlalu jauh dari waktu Anda menentukan tanggal tersebut. Sampaikan kepada keluarga atau orang-orang terdekat mengenai niat Anda berhenti merokok ini agar mereka dapat memberikan dukungan moral maupun menciptakan kondisi yang memudahkan upaya Anda berhenti merokok. Salah satu kunci keberhasilan berhenti merokok adalah dukungan dari orang-orang terdekat.
  • Antisipasi Godaan

    • Upaya berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi Anda yang sudah melakukan kebiasaan ini selama bertahun-tahun. Karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan tindakan antisipasi bila di tengah masa putusnikotin (withdrawal effect) Anda tergoda untuk kembali merokok.
    • Contoh wujud withdrawal effect adalah insomnia, emosi yang labil, dan nafsu makan meningkat. Persiapkan langkah yang akan Anda lakukan bila memasuki masa withdrawal effect. Misalnya, meminta bantuan orang terdekat, menyiapkan pengalihan perhatian, dan mempersulit akses mendapatkan rokok.

Baca Juga :

9. Memiliki Perlindungan Dari Risiko Sakit

Sambil mempraktikkan berbagai tips hidup sehat dalam keseharian, Anda juga perlu mempersiapkan diri terhadap risiko sakit. Caranya adalah memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan.

Anda perlu mempunyai asuransi kesehatan agar saat Anda sakit, kondisi keuangan Anda tidak terganggu karena harus mengeluarkan biaya untuk membayar pemeriksaan dan perawatan. Berikut tips penting dalam memilih asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan kesehatan maksimal :

  • Perusahaan Asuransi Dengan Reputasi Baik

    • Sebelum membeli produk asuransi kesehatan, pastikan Anda mencari informasi tentang reputasi perusahaan penjual asuransi tersebut. Perusahaan asuransi dengan reputasi dan kredibilitas baik memperhatikan dan melindungi kebutuhan nasabahnya. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan risiko yang tidak diinginkan. PFI Mega Life adalah perusahaan asuransi yang berdiri sejak 2011 dan telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.
  • Manfaat Sesuai Kebutuhan Anda

    • Salah satu manfaat yang ditawarkan asuransi kesehatan adalah santunan rawat inap. Saat Anda harus dirawat karena suatu penyakit, kondisi keuangan Anda tidak terganggu. Asuransi kesehatan dari PFI Mega Life memberikan manfaat santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, serta pengembalian premi (no claim bonus).
  • Dapat Menanggung Anda Dan Seluruh Anggota Keluarga

    • Asuransi kesehatan dari PFI Mega Life dapat menanggung anak mulai usia 6 bulan hingga orang dewasa berusia maksimal 59 tahun. Selain Anda dan anggota keluarga inti, asuransi kesehatan PFI Mega Life juga dapat menanggung saudara kandung yang belum menikah dan orang tua kandung. Masa perlindungan diberikan sampai tertanggung berusia 60 tahun.

 

Sumber:

  • cermati.com/artikel/45-cara-hidup-sehat
  • alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh
  • healthline.com/nutrition/22-ways-to-get-healthy#section3
  • health.detik.com/diet/d-2452161/untuk-diet-mana-yang-lebih-baik-karbohidrat-sederhana-atau-kompleks
  • healthline.com/nutrition/10-reasons-why-good-sleep-is-important#9.-Poor-sleep-is-linked-to-increased-inflammation
  • self.com/story/small-lifestyle-changes-to-get-healthier
  • lifestyle.okezone.com/read/2019/11/01/481/2124749/7-penyakit-baru-yang-muncul-akibat-penggunaan-gadget-berlebih
  • tirto.id/mengapa-orang-sulit-berhenti-merokok-dan-tips-untuk-mengatasinya-ek7d
  • cermati.com/artikel/9-strategi-memilih-asuransi-kesehatan-yang-tepat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *