8 Tips Membuat Logo Yang Baik Untuk Merek Bisnis!

Tips Membuat Logo Yang Baik Untuk Merek Bisnis! – Logo dalam bisnis adalah salah satu hal yang wajib pebisnis miliki jika usaha mereka ingin dikenal banyak orang.

Mengapa butuh logo?, karena jika kita mencontoh dari perusahaan-perusahaan besar yang ada, mereka pasti memiliki logo yang membuat bisnis mereka selalu masyarakat kenal.

Untuk membuat logo sebenarnya bisa kita anggap mudah, dan bisa kita anggap susah. Mudahnya karena sekarang banyak media yang bisa membantu kita membuat logo, dan susahnya, sebuah logo akan selalu diingat sepanjang waktu, jadi ada perasaan takut disaat kita membuat logo yang jelek.

Namun, jangan khawatir, di bawah ini saya tuliskan beberapa cara membuat logo yang mengesankan untuk bisnis anda yang bisa dijadikan patokan pembuatan logo yang baik untuk bisnis anda kedepannya. Yuk langsung saja simak!.

Tips Membuat Logo Yang Baik Untuk Merek Bisnis

1. Sederhana

Logo yang baik bukanlah logo yang dibuat dengan tingkat ketelitian tinggi, atau sulit dalam proses pembuatannya.. Melainkan logo yang sederhana, karena yang sederhana lebih mudah untuk kita ingat.

Contohnya saja Google, Apple, Samsung, Nokia, Xiaomi, logo mereka simpel, namun banyak masyarakat kenal, bahkan oleh orang yang awam dengan teknologi.

Tidak perlu berlebihan, buatlah yang simpel saja, namun jangan sampai meniru logo miliki orang lain.

2. Berkesan Dalam Sekali Lihat

Poin kedua yakni logo yang anda buat wajib memiliki kesan, sehingga ketika seseorang pertama kali melihat logo tersebut, orang tersebut langsung ingat produknya.

Contohnya ketika seseorang melihat merk Samsung, yang ada di ingatan mereka pasti ponsel, mereka tidak tahu bahwa produk samsung tidak hanya ponsel semata.

3. Pemilihan Warna Yang Sesuai

Pemilihan warna yang tepat juga berpengaruh dalam baik tidaknya hasil logo yang dibuat. Warna yang anda pilih mengekspresikan perasaan, mengungkapkan maksud dari logo tersebut.

Cobalah dengan memilih warna yang sesuai dengan objek yang anda pilih, misalnya anda membuat kedai teh poci, dan membuat gambar teh poci, usahakan warna yang anda pilih juga warna teh, agar saat pertama orang melihatnya, mereka tau bahwa tempat tersebut adalah kedai teh.

Bayangkan jika anda kasih warna hijau atau orange misalnya, ketika orang sampai, mereka akan menyangka yang anda jual adalah jus, meskipun yang anda jual sebenarnya teh poci.

4. Relevan Dengan Usaha Yang Anda Geluti

Nah, ini adalah lanjutan dari poin nomor 3, dimana logo yang anda buat wajib mendeskripsikan usaha anda. Contoh, jika anda ingin membuka usaha reparasi ban untuk sepeda motor dan mobil, anda harus membuat logo yang erat kaitannya dengan reparasi ban, misalnya logo ban dan kunci, atau ban dan montir.

Jika anda bingung, anda bisa meminta pendapat dari orang lain, seperti keluarga, teman, istri, anak, atau anda bisa membayar jasa pemasaran digital untuk membuatkan anda logo.

Baca Juga :

5. Serbaguna

Serbaguna disini artinya logo yang anda buat nantinya dapat digunakan pada usaha lain, contohnya anak perusahaan. Contohnya saja Google, ada Google Mail/GMAIL, Google Drive, Google Maps, dan masih banyak lagi.

Jadi, anda tidak perlu membuat banyak logo untuk banyak bisnis, cukup gunakan 1 logo saja, namun dapat anda gunakan pada banyak bidang bisnis.

6. Wajib Bertahan Lama

Wajib bertahan lama artinya logo yang anda buat bisa bertahan lama dan tidak membuat orang bosan, minimal untuk waktu 10 tahun ke depan.

Seperti contoh perusahaan-perusahan besar, mereka tidak sering ganti logo, itu semua mereka lakukan agar konsumen tidak bingung dengan perubahan logo yang terlalu banyak.

Bayangkan saja jika suatu perusahaan ganti logo 1 tahun sekali, ini justru akan membuat pengguna bingung, itu perusahaan yang sama atau bukan.

7. Memiliki Ciri Khas Yang Berbeda

Ciri khas artinya, logo yang anda buat tidak boleh sama dengan logo perusahaan lain, karena jika sama, anda bisa jadi akan dituntut oleh perusahaan tersebut.

Jika memang ingin terlihat sama, sisipkan satu atau dua hal yang berbeda. Dan ketika ada orang yang menanyakannya, jawab saja aku terinspirasi oleh logo perusahaan A, namun aku tidak menirunya secara utuh.

8. Pemilihan Font Yang Tepat

Terakhir, font yang anda gunakan wajib tepat, artinya tepat dengan usaha yang anda miliki, tepat dengan passion anda, dan font tersebut memiliki kepopuleran yang tinggi.

Jangan asal menggunakan font dalam membuat logo, jika anda tidak memiliki banyak font, berikut beberapa situs penyedia font terbaik paling rekomended.

Itulah beberapa tips membuat logo yang baik untuk merk bisnis versi dewailmu. Tips mana yang cocok dengan anda?, atau anda memiliki pendapat lain?, tulis di kolom komentar ya!, semoga artikel ini dapat menambah referensi anda untuk membuat logo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *